Berita Nasional Terpercaya

Tips Ampuh Demi Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Belajar di Kelas

0

Bernas.id – Bagi para pelajar, ruang kelas bisa dikatakan sebagai rumah kedua. Sebagian besar waktu mereka habiskan di ruang ini selama menimba ilmu di sekolah. Ruang kelas bisa jadi ruang yang sangat menyenangkan, ketika pelajaran yang diajarkan adalah pelajaran favorit atau yang mengajarnya guru favorit. Tapi, tentu saja ada saat pelajaran-pelajaran tertentu yang membosankan dan membuat kita bosan. Alih-alih membuat kita bersemangat untuk belajar, malah membuat mata kita ingin terpejam alias ngantuk. Namun, jangan coba-coba untuk tertidur di kelas ketika pelajaran berlangsung, selain hal tersebut tidak mencerminkan ciri sebagai pelajar yang baik, juga demi terhindarnya dari hukuman bapak dan ibu guru.

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan kantuk ketika belajar di kelas.

1. Mencatat dengan tinta warna warni

Menuliskan apa yang diterangkan guru dengan pulpen atau spidol warna warni, bisa memberikan efek segar pada mata. Pilihlah warna-warna cerah seperti merah, violet, hijau muda, biru toska dan kuning. Sehingga ketika melihat catatan di buku, mata akan terstimulus untuk tetap terbuka.

2. Menyanyi dalam hati

Bernyanyi dalam hati, bisa membuat otak ?ramai? hingga bisa membantu untuk menghilangkan kantuk. Nyanyikanlah lagu favorit berirama riang atau full-beat. Berusahalah untuk menyanyikannya hingga akhir. Jika satu lagu telah selesai, maka beralihlah pada lagu favorit lain.

3. Saling mencubit dengan teman sebangku

Jika rasa kantuk mulai menyerang dengan kuat, mintalah teman sebangku untuk mencubit tangan kita agak keras. Cubitan ini bisa menimbulkan efek kaget yang bisa menghilangkan ngantuk. Selain cubitan, hal ini juga bisa dicoba dengan gelitikan atau tepukan. 

4. Minum air putih

Salah satu penyebab munculnya kantuk karena kurangnya asupan oksigen ke otak. Minum air putih bisa ?menyiram? kembali otak, hingga otak menjadi segar. Minumlah sedikit sedikit, jika kantuk menyerang. Tapi sebelumnya minta izin terlebih dahulu pada guru, kecuali jika guru tersebut di awal pelajaran sudah membolehkan siswanya untuk minum selama belajar.

5. Membasuh muka

Jika rasa kantuk sudah tak tertahankan, maka minta izinlah pada guru untuk pergi ke kamar kecil. Basuhlah muka dan usap leher dengan air. Diamlah di kamar mandi selama 3-5 menit, tapi bukan untuk tidur tentunya, hanya untuk mengenyahkan rasa kantuk. 

Rasa kantuk yang muncul ketika belajar di kelas, bukan semata-mata karena pelajaran atau guru yang membosankan. Bisa jadi hal itu dikarenakan para siswa yang kurang tidur atau pola makan yang kurang tepat. Oleh karena itu, untuk para siswa, diharapkan untuk tidur sebelum jam 9 malam dengan durasi sekitar 6-7 jam. Dan jangan lupa sarapan sebelum berangkat ke sekolah, tentu saja sarapan secukupnya, jangan sampai terlalu kenyang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.