Berita Nasional Terpercaya

Tidak Usah Khawatir, Inilah 7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Meskipun Kita Sudah Dikubur

0

Bernas.id – Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ?anhu, bahwa Nabi Shallalllahu ?alaihi wasallam bersabda, “Tujuh amalan yang pahalanya mengalir bagi seorang hamba meski dia telah dimakamkan di kuburan. 1. Mengajarkan ilmu; 2. Mengalirkan sungai; 3. Menggali sumur; 4. Menanam pohon kurma; 5. Membangun masjid; 6. Mewariskan (mewakafkan mushhaf al Qur?an); 7. Meninggalkan anak yang memohonkan ampunan untuknya setelah ia wafat.” (HR. Al Bazzar dalam musnadnya dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami? no: 3596).

Apabila dijabarkan, tujuh amalan yang pahalanya mengalir meski ia sudah berada di kubur adalah sebagai berikut:

1. Orang yang mengajarkan ilmu; 

Ilmu yang kita kenal, sangatlah luas. Ada ilmu matematis, agama, keahlian memasak, menjahit, semua itu termasuk ilmu. Bayangkan, apabila orang yang kita ajarkan ilmu itu menerapkannya setiap hari, maka pahala amalan itu akan terus mengalir ke kita. Tak usah takut meski sesuatu yang disampaikan cuma sedikit. Rasulullah SAW bersabda, ?Sampaikanlah (ilmu) dariku walau cuma satu ayat.?

2. Orang yang mengalirkan sungai;

Sejak dulu, air sungai bisa dimanfaatkan dalam segala hal. Air untuk mencuci, air untuk mandi, air untuk memasak, dan sebagainya. Memudahkan aliran sungai demi kepentingan orang banyak juga termasuk amalan yang berpahala tiada henti.

3. Orang yang menggali sumur;

Ini juga mirip dengan yang kedua. Intinya, semua kebaikan yang kita lakukan, sekecil apapun, akan berpahala. Apalagi, jika kebaikan tersebut dinikmati oleh orang banyak, maka pahalanya akan berlipat-lipat sejumlah orang yang mengamalkan.

4. Orang yang menanam kurma;

?Siapa yang menanam, akan menuai ,? pepatah ini mewakili amalan keempat. Tidak hanya kebaikan atau keburukan yang akan kita petik, tetapi hasil dari apa yang kita tanam di dunia ternyata juga menambah pundi-pundi pahala.

Beberapa ulama mengatakan bahwa tanaman yang disebutkan di sini bukan hanya tanaman kurma. Dari Jabir bin Abdillah, Rasulallah bersabda,?Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan (oleh apa saja) darinya maka itu baginya adalah shadaqah, dan apa yang dicuri darinya adalah shadaqah, dan yang berkurang (karena sebab apapun) adalah shadaqah.? (HR. Muslim 148).

5. Orang yg membangun masjid;

?Barangsiapa yang membangun masjid dalam rangka mencari wajah Allah maka Allah akan membangun rumah baginya di dalam surga.? Masya Allah ya, selain dibangunkan oleh Allah sebuah rumah di surga, muslim yang membangun masjid akan terus mendapatkan pahala bila di kubur nanti. Termasuk membangun sarana umum seperti jalan, jembatan, rumah yatim, dan lainnya. Selama sarana umum tersebut dipakai untuk kebaikan, in syaa Allah, pahala akan terus mengalir.

6. Orang yng mewariskan mushaf;

Ternyata, tidak hanya pemberi ilmu saja yang pahalanya terus mengalir. Orang yang mewariskan sarana ilmu, misalnya mushaf al-Qur?an, kemudian dibaca oleh penerima warisan berulang-ulang, secara terus menerus, akan dihitung pahala juga oleh pemilik al-Qur?an meski ia sudah meninggal.

7. Orang yang meninggalkan anak yang meminta ampunkan orangtuanya.

Poin ini juga termasuk salah satu dari tiga amalan jariyah yang akan terus mengalir meskipun pelaku sudah meninggal dunia. Sebuah investasi dunia seperti investasi perumahan, saham, dan lain-lain tidak mengalirkan pahala sebagaimana investasi anak yang saleh. Anak yang saleh akan memohon ampun dan meminta kasih sayang Allah agar orangtuanya mendapatkan ampunan dari-Nya.

Itu tadi tujuh amalan yang terus mengalir ketika berada di kubur. Setidaknya, mulai beramal dari yang bisa kita lakukan. Tinggal pilih poin mana dari ketujuh poin. Ilmu tanpa amal itu bohong, bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.