Berita Nasional Terpercaya

Bobby dan Kahiyang Ayu Tiba di Medan Langsung Lakukan Prosesi Ini

0

MEDAN, Bernas.id – Pasangan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution dijadwalkan tiba di Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/17). Pasangan pengantin yang menikah pada 8 November di Solo itu akan disambut dengan prosesi haroan boru oleh keluarga besar Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah Medan.

Haroan boru merupakan salah satu rangkaian dari upacara adat dalam pesta pernikahan Tapanuli Selatan. Paman Bobby, Erwan Nasution menyampaikan Bobby dan Kahiyang akan melalui prosesi perdana yaitu Manglaloalo Boru dan Manyantan Boru.

Sanak keluarga, pengetua-pengetua adat, dan ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, yang menyambut mereka.

?Salah satu ritualnya meletakkan tumbuh-tumbuhan seperti daun pisang di depan pintu rumah Bobby. Nanti mereka (Bobby-Kahiyang) akan melewati daun itu. Maknanya agar hubungan mereka selalu sejuk dan dingin,? terang Erwan, Sabtu (18/11/17).

Kemudian, putri Presiden Joko Widodo itu akan menerima marga Siregar yang berlangsung pada 21 November 2017.

?Kahiyang putri Jawa, Bobby putra Mandailing. Kami pihak marga Nasution ingin meminta keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunya Bobby,? ujarnya.

Selanjutnya, keluarga Bobby dan Kahiyang akan melakukan pesta adat pada 24 dan 25 November 2017. Ada berbagai rangkaian acara adat, yakni ada pemotongan kerbau, membunyikan gordang, manortor, dan sidang adat.

“Kemudian manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa. Besoknya, 26 November, baru resepsi umum,” imbuh Erwan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.