Berita Nasional Terpercaya

Cek Manfaat Menulis yang Berikut Ini!

0

Bernas.id – Menulis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi mereka yang telah terbiasa menuangkan gagasannya, terasa susah bagi yang belum terbiasa. Bagi yang sudah terbiasa, mereka dapat menuangkan apa-apa yang terpikirkan di benak ke dalam sebuah tulisan hanya dalam waktu yang singkat. Namun sebaliknya, bagi yang belum terbiasa, ada kesulitan-kesulitan yang muncul saat ingin mengungkapkan buah pemikirannya. Saat mulai menulis, kadang mendadak terhenti dan mood menulis hilang begitu saja. Tidak sedikit yang kemudian enggan menulis karena alasan tersebut.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Situasi enggan menulis sebenarnya merugikan. Sebab, banyak sekali manfaat menulis. Apa saja manfaat menulis?

Media belajar dan mencegah kepikunan

Menulis sangat erat kaitannya dengan kerja otak. Seperti tubuh yang membutuhkan olah raga dan hati membutuhkan ibadah, otak juga membutuhkan olah raga. Mengolahragakan otak dengan melakukan aktivitas menulis akan mendorong dan menuntut kita untuk menyerap, menggali dan mengumpulkan informasi. Saat mencari dan mengumpulkan informasi itulah kita sebenarnya sedang belajar. Maka, membiasakan menulis dan mengungkapkan apa yang terpikirkan adalah salah satu cara agar otak selalu terjaga kondisinya. Seperti otak yang diibaratkan pisau, semakin diasah semakin tajam. Begitu pula dengan otak, semakin sering digunakan dan dilatih, maka akan semakin peka dan tajam.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Sebagai instrumen perekam jejak sejarah

Kita mengenal berbagai kisah melalui sebuah tulisan. Sebagai contoh, kita mengenal kehidupan para nabi, ulama dan orang besar lainnya melalui tulisan. Melalui tulisan pula kita mengetahui tentang asal usul suatu daerah dan sebagainya. Tulisan-tulisan itulah rekam jejak semua perjalanan dari masa ke masa.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya 

Instrumen untuk menjaga ilmu, pendapat, pemikiran, opini dan argumen dari keraiban, serta untuk menyebarkannya secara lebih luas.

Mengandalkan hafalan dan ingatan dalam menebarkan ilmu akan terbatas pada usia. Saat usia berakhir, maka berakhir pula hafalan ilmu yang dimiliki. Sementara itu, ilmu yang diabadikan dalam bentuk tulisan akan terus hidup dan memberi manfaat meskipun penulisnya telah tiada.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

 

Menghasilkan ide-ide baru, membuat hidup semakin produktif dan usia tak terbuang sia-sia

Dengan menulis, kita akan terus berfikir dan terus berusaha mengembangkan pemahaman dan kemampuan diri. motivasi inilah yang mampu mendobrak untuk melahirkan ide-ide baru. Dengan menulis pula wawasan kita akan semakin bertambah. Kalaupun belum bisa menuliskan sesuatu yang besar dan dahsyat, kita harus percaya bahwa sesuatu yang besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Maka, Jangan malas untuk menuliskan apa saja yang terpikirkan, apa yang tersampaikan oleh orang lain, apa yang terlihat, apa yang terdengar, apa yang terasakan, apa yang terbaca. Dengan rajin menuliskannya, ide-ide baru akan berderet mengatre minta ditulis.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

 

Membentuk pribadi yang bijak dan santun

Hal yang tak bisa dipisahkan dari aktivitas tulis menulis adalah gaya bahasa, gaya penyampaian. Seorang penulis tentu saja ingin tulisannya dapat dinikmati pembaca dan dapat dipahami dengan mudah. Berdasarkan alasan inilah kita wajib untuk terus belajar dan mengasah kemampuan. Belajar gaya dan model penulisan dari penulis lain untuk kemudian mempraktekkannya dalam tulisannya sendiri. Namun, kita harus tetap bijak dan santun dalam menulis agar apa yang dituangkan dalam tulisannya bermanfaat bagi orang lain. Menulis juga melatih diri untuk siap dikritik dan dievaluasi oleh orang lain, serta melatih diri untuk terbiasa memecahkan sebuah permasalahan.

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.