Berita Nasional Terpercaya

Ini 4 Wisata Asyik yang Wajib Kamu Kunjungi di Kulon Progo

0

Bernas.id Istilah ngtrip tak asing lagi di telinga kita. Sekarang ini, istilah tersebut muncul seiring maraknya virus traveling di berbagai kalangan. Istilah ngetrip digunakan anak-anak muda untuk mengganti istilah piknik dan tamasya yang terdengar kurang kekinian. Ngetrip menjadi istilah yang lebih familiar dan terkesan asyik. Berbagai tempat wisata baru pun bermunculan semenjak munculnya fenomena ngetrip. Tak terkecuali di Kulon Progo, yang juga memiliki banyak destinasi menarik. Berikut ini, destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Kulon Progo.

Pule Payung

Pule Payung menjadi salah satu tempat wisata baru di Kulon Progo. Bernuansa lingkungan alam yang asri dan sejuk, Pule Payung memiliki beberapa spot foto, yaitu spot lolipop, spot sepeda langit, spot angkasa, spot jembatan surga, spot wolu, dan spot flying fox. Tentunya pengunjung bebas memilih berbagai spot untuk mengekspresikan gayanya.

Puncak Pule Payung berada di area kelompok tani Mantep Makaryo, Dusun Soropati, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Dengan melirik potensi wisata yang ada, kelompok tani sepakat untuk membangun obyek wisata yang diberi nama Pule Payung. Penamaan Pule Payung sendiri berasal dari nama pohon Pule besar yang menyerupai payung. Wisata alam ini resmi dibuka pada musim Lebaran 2017 lalu, tepatnya pada bulan Juni 2017. Sejak saat itu, pengunjung terus berdatangan. Yuk, cek sendiri ke lokasi untuk membuktikan keunikannya. Jangan lupa ajak temanmu untuk berfoto ria ya!

Waduk Sermo

Meski telah dibangun sejak 20 tahun yang lalu, Waduk Sermo masih menjadi pilihan favorit para wisatawan. Waduk Sermo merupakan salah satu objek wisata terbesar di Kulon Progo. Selain hamparan waduk yang luas, juga terdapat beberapa spot foto menarik, misalnya spot kano, spot akar liar, spot pring kuning, dan spot bambu air.

Namun, ada satu rahasia nih yang wajib kamu tahu! Cara yang paling pas untuk menikmati Waduk Sermo adalah dengan menaiki kapal dari dermaga waduk. Pengunjung akan diajak mengelilingi waduk selama hampir 30 menit. Nah, di situlah kamu akan melihat betapa indah dan sejuknya Waduk Sermo. Untuk menikmati wisata perahu, pengunjung cukup merogoh kocek Rp10000 saja. Murah kan, ayo dong cobain serunya mengelilingi Waduk Sermo!

Gunung Ijo

Untuk yang satu ini, pasti kalian belum tahu kan? Pasalnya, Gunung Ijo terkenal karena cerita-cerita mistisnya. Gunung Ijo merupakan puncak pegunungan Menoreh yang menjadi batas wilayah Propinsi DIY dan Jawa Tengah. Tepatnya di antara Kulon Progo dan Purworejo. Meski akses ke lokasi lumayan sulit, panorama yang dapat dinikmati saat sampai di puncak Gunung Ijo tak akan membuat pengunjung kecewa. Puncak Gunung Ijo menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati Kulon Progo dari ketinggian. Asyiknya lagi, pengunjung bisa ngecamp atau menikmati sunset yang maha indah dari puncak ini. Penasaran, ayo datang aja! Gunung Ijo dapat diakses melalui jalur Perbukitan Menoreh, sejalur dengan Waduk Sermo dan Tebing Gunung Gajah.

Alun-alun Wates (Alwa)

Setelah seharian berwisata di Kulon Progo, enaknya mampir ke Alwa dulu yuk! Alwa atau Alun-alun Wates merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke Kulon Progo. Bisa dibilang Alwa adalah Malioboronya Kulon Progo. Di sini kalian bisa menikmati aneka jajanan kaki lima yang lezat dan murah lho. Ada soto gobyos seharga Rp 2000, bakso kerikil, seblak, rujak es krim, dan berbagai jajanan lain yang bisa kalian dapatkan dengan harga sangat murah. Untuk citarasa, jangan ragukan lagi. Semua jajanan di Alwa enak bingits. Tempat dan suasananya juga bersih dan nyaman.

Di Alwa kalian juga bisa duduk-duduk santai menikmati keindahan malam. Taman-taman dan bangku yang indah tersedia untuk para pengunjung. Itu tadi empat tempat yang wajib kalian kunjungi di Kulon Progo. Menarik kan? Jadi tunggu apa lagi, yuk buruan wisata ke Kulon Progo. (sumber: eksotisjogja.com, pulepayung.blogspot.co.id, www.sewamobiljogja.net)

Leave A Reply

Your email address will not be published.