Berita Nasional Terpercaya

Nazaruddin Siap Bantu KPK Beri Keterangan Soal Setya Novanto

0

JAKARTA, Bernas.id – Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mengaku siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) apabila keterangannya diperlukan dalam penyidikan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto.

Nazaruddin akan menceritakan apa yang ia ketahui tentang keterlibatan Ketua DPR RI tersebut dalam proyek e-KTP.

“Saya siap untuk bantu KPK dalam semua kasus yang saya tahu dan saya tidak mau tambah-tambahkan, tidak mau kurangi. Semuanya sudah saya ceritakan sama KPK. Saya selalu komitmen membantu KPK,” terang Nazaruddin di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/11/17).

Baca Juga Nasib Setya Novanto, Komisi III: Bukan Wilayahnya Melakukan Perlindungan

Menurutnya, nama Setya Novanto dan anggota DPR lain yang ikut menerima aliran uang proyek e-KTP sudah disampaikan kepada KPK. Nazar menyebutkan semua keterangan itu sudah disampaikan dalam berita acara pemeriksaan (BAP) sejak 2013.

Dalam BAP, Nazaruddin menyebut ada pemberian uang sebesar 500.000 dollar AS kepada Setya Novanto di ruang kerja Novanto di Lantai 12 Gedung DPR RI Senayan, Jakarta.

Kini Setya Novanto ditahan KPK secara resmi pada 17 November 2017. Dalam kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto disebut-sebut berperan dalam mengarahkan dan memenangkan Konsorsium PNRI menjadi pelaksana proyek pengadaan e-KTP.

Setya Novanto juga diduga mengatur agar anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun disetujui oleh anggota DPR.  Selain itu, Novanto diduga mengondisikan pemenang lelang dalam proyek e-KTP sewaktu menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR.

Leave A Reply

Your email address will not be published.