Berita Nasional Terpercaya

Kenali Penyebab Stres di Lingkungan Kerjamu. Nomor 5 Adalah Faktor yang Paling Tidak Terduga!

0

Bernas.id – Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Ya, itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Banyaknya segudang aktivitas dan rutinitas seringkali menjadi pemicu akan kebosanan, dan kebosanan yang terakumulasi bisa menyebabkan stres.

Stres dapat menyebabkan resiko pemicu timbulnya berbagi jenis penyakit, baik itu penyakit fisik maupun psikis seperti contohnya sakit kepala, penyakit jantung, insomnia, gangguan pada perut seperti halnya penyakit maag, sering mengalami lupa dan bahkan daya konsentrasi akan menurun.

Faktor pemicu terjadinya stres tidak hanya datang karena masalah yang terjadi pada keluarga ataupun pergaulan. Setidaknya timbulnya stres paling banyak dialami oleh para pekerja kantoran. Yuk coba kenali penyebab stres yang paling sering terjadi di lingkungan kerjamu.

1. Menumpuknya beban kerja

Beban kerja merupakan hal paling mendasar yang bisa menyebabkan seorang perkerja mengalami stres. Bayangkan saja, kamu bisa menempuh waktu lembur jika pekerjaan tidak mampu terselesaikan di jam kerja. Alasan yang seperti ini mebuat ruang gerakmu menjadi lebih sempit untuk merasakan kebebasan, seperti beristirahat tepat waktu, berkumpul bersama keluarga, dan lain ? lain sehingga stres menjangkit.

2. Dikejar target

Pekerjaan dengan deadline merupakan sebuah pressure tersendiri, apalagi sederet pekerjaan lain juga sudah menunggu. Saat seorang pekerja terasa sangat sulit untuk membagi waktu untuk memilah mana yang harus didahulukan dan manajemen waktu yang kurang baik akan membuat pekerjaan menjadi terbengkalai. Saat?saat inilah stres kerja mulai muncul, oleh sebab itu dengan manajemen waktu yang baik dan prioritas yang tepat akan membuatmu lebih terbantu untuk menyelesaikan setiap target yang ada.

3. Tekanan dari atasan

Ketika mendapatkan sebuah komplain dari atasan atas hasil pekerjaanmu, kamu kadang akan merasa down, berpikir seolah kamu tidak cukup kompeten akan tugas yang kamu emban. Tekanan seperti ini lambat laun jika terjadi berulang kali akan menjadi pemicu timbulnya stres dan akan membuat keadaan lebih memburuk. Oleh sebab itu menjadikan hal ini sebagai cambuk dan buktikan bahwa kamu adalah seseorang yang mampu dan berkompeten. Buatlah atasan merasa beruntung memilikimu di perusahaannya.

4. Tidak ada apresiasi atas kinerja

Apresiasi adalah sebuah hal yang penting dalam meningkatkan motivasi kerja. Apabila setiap karyawan yang sudah bekerja dengan baik tidak mendapatkan apresiasi tersebut, mungkin saja dalam bentuk insentif atau liburan. Maka motivasi kerja akan menurun, sementara kinerja harus dituntut untuk selalu meningkat. Saat inilah kamu sebagai karyawan bisa mengalami stres akan kondisi yang tidak menguntungkan bagimu.

5. Tekanan dari lingkungan

Selain dari pekerjaan itu sendiri, ternyata tekanan dari lingkungan kerjamu seperti persaingan antar rekan kerja, gaya hidup yang tidak baik, masalah yang terjadi dengan rekan sejawat, dan lain?lain adalah hal yang sering tidak terduga sebagai pemicu tertinggi timbulnya stres. Persaingan?persaingan tersebut kadang berlangsung secara tidak sehat. Hal?hal yang demikian sangat menganggu konsentrasi kerja. Bahkan tekanan yang sangat tinggi mampu menyebabkan seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Bukankah itu sangat mengerikan?

Stres yang kamu alami di lingkungan kerja memang tidak bisa terhindarkan, akan tetapi selalu ada cara untuk mengatasi agar stres level yang kamu alami tidak sampai mengganggu kesehatan dan kinerja, sebab kinerja yang tidak baik akan menjatuhkan jenjang karirmu, begitupun sebaliknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.