Berita Nasional Terpercaya

Sering Ditakuti, Yuk Mengenal Kolesterol Lebih Dekat

0

Bernas.id – Kolesterol adalah bagian dari sterol yang ada pada tubuh mamalia dan manusia. Manusia menghasilkan kolesterol sebanyak 700 gram per hari. Belum lagi kolesterol yang dikonsumsi dari daging-dagingan.

Kolesterol dalam jumlah yang normal sangat berguna bagi tubuh. Fungsi kolesterol adalah mempunyai peranan dalam sintesis vitamin D, mempertahankan membran sel, mempunyai peran dalam produksi asam empedu yang berfungsi menghidrolisis lemak dan mempunyai peran dalam produksi hormon seperti hormon estrogen dan progesteron kortisol dan Adrenalin.

Kolesterol bersifat tidak berbau, memiliki tekstur yang licin dan putih serta tidak larut air. Karena komposisi darah dominan air maka kolesterol tidak mungkin larut dalam darah. Oleh karena itu, dalam tubuh kolesterol akan terbentuk lipoprotein.

Berdasarkan berat jenisnya lipoprotein ada tiga jenis, yakni:

  • Very low density lipoprotein VLDL
  • Low density lipoprotein LDL
  • High density lipoprotein HDL

VLDL dan LDL berfungsi untuk membawa lemak dari hati ke seluruh sel. Sedangkan HDL berfungsi untuk mengembalikan lemak ke hati supaya bisa berubah menjadi energi atau dikeluarkan ke luar tubuh.

VLDL memiliki berat jenis yang sangat ringan. Karena terlalu ringannya ia bisa berenang dalam aliran darah dan bersembunyi di mana pun sampai mengendap di sela-sela dinding pembuluh darah.

Begitu juga LDL, jenis lemak-lemak tersebut dapat mengalami oksidasi sehingga timbul peradangan. Peradangan ini akan membuat sel endotel menjadi menebal keras dan menjadi plak yang menyumbat aliran darah. Lama-kelamaan terjadilah tekanan darah tinggi stroke dan penyakit jantung.

Lemak-lemak itu bisa teroksidasi karena peningkatan hormon insulin. Makanan yang membuat insulin dapat melonjak khususnya karbohidrat yang buruk. Insulin meningkat untuk menjaga agar gula darah stabil. Tetapi dampak lain adalah oksidasi VLDL dan LDL.

Selain itu hormon peradangan atau eikosanoid akan timbul sehingga pembuluh darah menyempit, darah mengental dan peradangan gampang terjadi. Akhirnya sel-sel berkembang tidak normal dan sering merasa nyeri.

HDL bisa menyeimbangkan keadaan karena memiliki kebaikan sifat dari VLDL dan LDL. HDL bisa mengikis dan mengangkat plak yang memenuhi pembuluh darah hasil dari sampah-sampah mineral timbunan sel darah putih dan LDL.

Untuk menaikkan HDL dan menurunkan LDL Anda bisa mengonsumsi asam lemak esensial omega 3 dan omega 6 dalam jumlah yang seimbang. Sebaiknya konsumsilah minyak ikan, mufa, sayuran hijau, dan oatmeal.

Untuk lebih jelasnya, inilah 4 makanan yang menghasilkan kolesterol baik yang dilansir dari hellosehat.com:

1. Telur

Walaupun dikenal mempunyai reputasi tinggi kolesterol, telur mmunyai lemak yang dapat mendukung tubuh menghasilkan HDL. Hal itu pun dapat menjadi bukti dalam sebuah penelitian yang memperlihatkan satu telur yang dikonsumsi setiap hari selama 3 bulan bisa meningkatkan kadar HDL lebih kurang 20 mg/dl.

2. Kacang-kacangan dan polong

Beberapa jenis kacang-kacangan dan polong layaknya kacang merah, kacang hitam, kacang navy dan lentil memiliki banyak lemak larut serta mempunyai kandungan asam folat yang sangat baik untuk pembuluh darah jantung.

3. Ikan dengan lemak tinggi

Ikan laut mempunyai tekstur daging yang kaya akan omega 3,  contohnya makarl, salmon, tuna dan sarden. Omega-3 merupakan komponen yang dapat menghasilkan LDL jika dikonsumsi 2 ikan setiap minggunya. Tetapi jika Anda mempunyai alergi terhada ikan, tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen omega-3 untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi.

4. Buah kaya serat

Buah yang kaya serat bisa meningkatkan kadar HDL serta mengurangi LDL. Beberapa di antaranya adalah apel, pir, dan prune.

Leave A Reply

Your email address will not be published.