Berita Nasional Terpercaya

Jangan Salah, Singkong Dapat Menjadikan Indonesia Kaya Dan Kuat Lho! Ini Penjelasannya

0

Bernas.id – Pernah dengar bait lagu “tongkat kayu dan batu jadi tanaman”? Apakah tongkat yang dimaksud? Negara kita terkenal dengan kekayaan alamnya. Apapun yang ditanam di bumi kita tercinta pasti akan menghasilkan sesuatu yang bisa mendatangkan berjuta manfaat. Singkong itulah tanaman tongkat yang dimaksud. Singkong, ubi kayu atau ketela pohon yang mempunyai nama latin manihot utilissima adalah tanaman yang bisa hidup tanpa perlu perawatan ekstra. Tanaman yang berasal dari negara Brazil dan Paraguay ini memang bisa tumbuh sumbur dimana saja bahkan lahan kritis sekalipun. 

Walau singkong lebih dikenal dengan makanan rakyat, namun jangan salah jika ternyata tanaman umbi berbentuk panjang, dengan batang yang berbentuk bulat panjang dan berbuku-buku serta berdaun tapak ini mempunyai segudang manfaat yang bisa menjadikan negara kita kaya dan kuat.

Berikut beberapa faktanya :

1. Makanan pokok

Selain nasi, sebagian penduduk Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokoknya. Sedangkan daunnya bisa digunakan untuk sayur dengan kandungan vitamin yang tinggi (A, B17, dan C), kalsium, protein, fosfor, lemak, hidrat arang dan zat besi.  

2. Sebagai bahan untuk papan partikel

Disaat pembatasan pengurangan tanaman kayu sebagai bahan bangunan atau perangkat rumah, batang singkong bisa digunakan untuk bahan papan partikel.

3. Bermanfaat untuk kesehatan

Tanaman ini bermanfaat dari buah, batang daun karena memiliki sumber vitamin dan zat lain yang tinggi salah satunya untuk kesehatan, seperti untuk kanker, jantung, tulang, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari komplikasi saat kehamilan.

4. Sebagai bahan bakar alternatif

Hasil penemuan terbaru singkong bisa digunakan sebagai energi alternatif (bioetanol) pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Jika pemanfaatan singkong sudah maksimal tentu tidak ada lagi alasan kita untuk menjadikan negara ini kaya dan kuat. Tentunya dengan meningkatkan kualitas SDM-nya agar dapat memanfaatkan anugerah tersebut.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.