Berita Nasional Terpercaya

Dijauhi Banyak Orang karena Hijrah? Jangan Sedih, Ini Solusinya

0

Bernas.id – Keputusan untuk berhijrah dari mengerikannya masa-masa yang pernah dilalui memang bukanlah hal yang mudah. Di mana jika sudah secara mantap memutuskannya, di situlah kita harus siap dihadapkan dengan kerumunan ujian demi ujian. Bahkan tak jarang, saat kita niat untuk berhijrah, banyak orang yang mulai menganggap kita aneh. Mereka hanya berfokus pada diri kita di masa yang lalu. Namun, satu yang perlu sama-sama kita jadikan mindset saat sudah mulai muncul niatan berhijrah adalah bahwa segala niat perbaikan diri yang kita ingin ikhtiarkan untuk-Nya, niscaya akan membawa serta kita dalam rasa yang luar biasa indah. Maka sebagai muslim yang sudi ikhtiar untuk terus menaatkan diri, kita tak perlu menggelisahkan hal-hal yang demikian.

Yuk, lakukan beberapa cara untuk membuatmu tak kecil hati ketika sebagian orang seolah tak menerima perubahanmu.

1. Niat

Niat adalah satu hal paling mendasar yang sangat perlu kita lakukan jika ingin mencapai sesuatu menurut pada jalan-Nya. Maka jika kita telah muncul niat hijrah dalam pikiran, maka lakukanlah seketika dan tak patut jika kita tunda.

 

2. Mari abaikan

Mari bergandengan bersama-sama dan hadapi apa yang menjadi bagian dari ujian yang semakin akan menguatkan niat hijrah kita. Di satu waktu pasti ada selentingan pedas menyayat hati, saat tiba-tiba kita memiliki satu niatan untuk memperbaiki diri. Akan ada saatnya tergema suara ?sok alim lu?, ?sok suci lu?, ?dia tuh bisa apa?, ?ilmunya sudah sejauh mana?. Bagi perempuan jelas celotehan seperti itu akan sangat menyakitkan, terlebih mengingat jika seorang muslimah pasti lebih banyak dikelilingi muslimah yang lainnya. Telah kita ketahui bahwa dosa seorang perempuan salah satunya tertempat di lisan. Maka tegarlah bersama, Allah Maha Mendengar. Maka jika kita telah terbiasa mengabaikan hal yang demikian dan mencoba terus bersabar, jelas sudah nikmat tentram yang sulit untuk dibayangkan akan terasa dalam hati.

 

3. Dijauhi? Allah menunjuk yang lebih sevisi

Jika kita para muslimah memutuskan untuk benar-benar berhijrah, lantas sekitar kita pun seolah terkejut, bukan?. Apa benar jika mereka seolah takut melihat penampilan baru kita yang berselimut gaun syar?i berjodoh dengan khimar syar?i nya? Pada kenyataannya, iya. Maka kita tak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang demikian. Mantaplah, dan jika kita merasa mulai dijauhi oleh beberapa teman sekitar yang pada masa lalu begitu asyik bermain dengan kita, maka usaplah kesedihan kita bersama, tengadahkan kedua telapak tangan kita padaNya. Maka setelahnya Allah akan melimpahkan gantinya, segera.

 

4. Ikut Kegiatan-kegiatan Positif yang Mendukung Niat Hijrah

Cobalah mulai rajin kan diri mendengarkan video-video tausiyah para ulama besar, mulailah isi waktu dengan memperbanyak membaca Alquran juga pemaknaannya. Juga hadiri majelis-majelis muslimah yang di situlah Allah tunjukkan gantinya. Jadi, bukan karena Allah tak sayang, Rabb tentu hanya ingin menjauhkanmu dari segerombolan umat yang hanya akan berusaha menolak perubahanmu, merendahkan bahkan mengucilkan hati kecilmu.

 

Selain itu, masih banyak cara yang lain yang jika kita terapkan dengan niat yang benar dan hujjah yang juga tepat. Niscaya kita akan segera dipertemukan dengan nikmat iman yang sesungguhnya. Jadi, masih juga takut di jauhi manusia karena niat berhijrah untuk Allah swt?

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.