Berita Nasional Terpercaya

9 Cara Ampuh Atasi Depresi. Nomor 7 Paling Mudah

0

Bernas.id – Depresi merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan penderitanya terus menerus merasakan kesedihan yang mendalam.  Berbeda dengan kesedihan biasa, perasaan sedih dalam depresi berlangsung lama. Selain mempengaruhi psikis, depresi juga menyebabkan permasalahan fisik seseorang.

Lantas apa saja dampak dari depresi terhadap kesehatan fisik?

1. Depresi dapat menjadi penyebab gangguan tidur sehingga badan menjadi lemah dan tidak bersemangat.

2. Depresi dianggap sebagai pemicu lambatnya seseorang dalam berpikir dan bertindak. Orang itu menjadi malas berbicara atau bergerak.

3. Depresi juga dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita.

4. Depresi juga menjadi pemicu turunnya libido hingga gejala sembelit.

5. Depresi berlebih merupakan naik turunya secara drastic nafsu makan seseorang.

6. Depresi dianggap sebagai pemicu rasa sakit atau nyeri tanpa sebab yang dialami seseorang.

Berikut adalah cara mengatasi depresi tanpa harus menggunakan obat.

1. Meditasi atau berzikir

Hal pertama yang dibutuhkan penderita depresi adalah ketenangan hati dan jiwa. Maka cara yang paling tepat untuk mendapatkan hal ini adalah berzikir atau bisa juga dengan meditasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, praktik ini harus dilakukan dengan konsisten. Jangan hanya dilakukan ketika saat butuh saja.

2. Lakukan olahraga ringan

Khususnya bagi penderita depresi ringan hingga sedang, olahraga pagi sangat bermanfaat untuk mengatasi depresi. Udara pagi hari masih cukup segar dan belum banyak terkontaminasi asap dan kendaraan.

3. Atur asupan makanan

Mengonsumsi makanan dengan kandungan selenium dan magnesium yang tinggi dapat menyembuhkan depresi. Makanan ini termasuk kacang-kacangan, gandum, ikan tuna, coklat, biji bunga matahari, kerang dan biji labu.

4. Ringankan beban dengan bercerita

Depresi bisa muncul karena kita sering menyimpan beban pikiran kita sendirian. Bercerita dengan orang yang amanah bisa mengeluarkan aura negatif dari depresi.

5. Konsumsi minyak ikan

Penderita depresi dapat karena kurangnya asupan asam lemak dalam jumlah tertentu. Daging ikan salmon merupakan salah satu penyumbang asam lemak omega-3 yang cukup banyak.

6. Berlibur

Memandang sesuatu secara berat dan rumit memang menjadi ciri munculnya depresi.  Dengan berlibur atau berjalan-jalan, pikiran bisa tenang dan bahagia.

7. Menulis

Menulis merupakan aktivitas yang bermanfaat karena dengan menulis, apa yang menjadi beban di pikiran bisa berkurang.

8. Konsumsi kunyit

Bumbu masak yang menghasilkan warna kuning ini menurut penelitian punya manfaat yang tinggi untuk mengurangi gejala depresi. Kunyit mampu meningkatkan kadar serotonin dalam otak.

9. Selalu berusaha dan tawakal

Tidak ada tempat bersandar yang paling baik selain kepada Tuhan. Menyerahkan semua kehidupan yang kita jalani hanya kepada Tuhan, adalah cara terindah agar hidup kita lepas dari gelisah.

Jagalah hati dan tenangkan pikiran saat menghadapi masalah hidup seberat apapun masalahnya.

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Fuad Hasan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.