Berita Nasional Terpercaya

Simak Detik-detik Meteor Meledak di Langit Inggris

0

Bernas.id – Dua meteor terlihat berkobar di atas langit Inggris pada akhir pekan lalu.

Puluhan pengamat langit melaporkan, meteor pertama jatuh melintasi langit Inggris, Wales dan Prancis utara saat lewat tengah malam pada Sabtu, 25 November.

Sejumlah orang mengatakan mendengar gemuruh dan suara ledakan sepanjang 2-3 detik saat benda langit itu melintas. Sementara yang lain berkesaksian, mereka tidak mendengar apa-apa. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail pada Selasa (28/11/2017).

Tim ahli mengklasifikasikannya sebagai bolide, atau meteor yang sangat terang.

Beberapa rekaman yang diambil di Wilcot, Wiltshire, memperlihatkan titik terang yang secara cepat membesar ketika melintasi langit.

Hal itu lantas berujung pada kilatan cahaya yang sangat besar sebelum mengecil dan menghilang.

Meteor kedua terlihat terbang di wilayah yang sama enam jam kemudian. Beberapa saksi melaporkan, batuan angkasa itu terburai di angkasa.

Baca juga Ilmuwan NASA: Umat Manusia Tidak Siap Hadapi Bencana Meteor

Anggota Badan Observasi Meteor Inggris Richard Fleet mengatakan, meteor pertama adalah penampakan benda langit yang paling terang kedua yang pernah dilihat di negara tersebut dalam tiga tahun terakhir.

“Itu (meteor tersebut) melintas dengan kecepatan sekitar 20 kilometer per detik. Sementara itu, stasiun angkasa luar bergerak dengan kecepatan 8 km per detil ,” ungkap Fleet pada Sky News.

“Terdapat banyak kilatan ketika meteor hancur. Itu akan terjadi pada ketinggian sekitar 30 km,” imbuhnya.

Simak sendiri rekaman saat meteor jatuh dan meledak: 

Leave A Reply

Your email address will not be published.