Berita Nasional Terpercaya

Serunya Menikmati Taman Bermain Pikachu di Atas Rel Kereta Api

0

Bernas.id – Musim panas ini kereta api ?Pokemon Wish You? akan kembali meluncurkan desain interior dan eksterior baru.  Kereta 2 gerbong ini semua bertema pikachu, sehingga anak-anak akan gembira naik kereta api ini. Dengan disediakan ruang bermain dengan tema pikachu menjadikan penumpang merasakan taman bermain yang melaju di atas rel.

Kereta api memang tak dapat dijauhkan dari keseharian rakyat Jepang. Sebagian besar masyarakat menggunakan transportasi berbasis rel ini untuk dapat melakukan berbagai aktivitas harian.  Kendati demikian, gerbong kereta tidak selalu identik dengan pengalaman berdesak-desakan untuk berangkat ke tempat kerja.

Ada juga beberapa pengalaman yang tak terlupakan yang bisa diperoleh dari naik kereta api di Jepang. Selain gerbong kereta shinkansen yang super bersih dan wira wiri dari Tokyo ke Osaka, di barat pulau Honshu ada kereta super mewah Mizukaze dengan gerbong kamar interior standar hotel berbintang 5 dan kemewahan yang ada di shinkansen Yamagata Line yang menghubungkan daerah Tohoku dan Tokyo di Shinkansen. Jalur ini terasa kemewahannya lebih berupa longue tikar tatami dan spa untuk merendam kaki.

Memulai layanan di tahun 2014, kereta api cepat yang menghubungkan stasiun Shinjo di Yamagata dan stasiun Fukushima di Fukushima itu diberi nama Toreiyu. Shinkansen ini didesain perancang mobil ternama, Okuyama Ken yang dikenal luas sebagai pendesain Enzo Ferrari dan Ferrari 599.

Rangkaian shinkansen itu mempunyai beberapa gerbong berlantai tatami dan juga ruang tempat penumpang bersantai untuk mencelupkan kaki sambil memandangi keindahan pemandangan di balik jendela kereta api. Daerah timur laut pulau Honshu ini memang terkenal sebagai tempat pemandian air panas onsen.

Mengajak penumpang betah untuk bermain

Di rangkaian kereta api itu disediakan juga dua kolam spa kaki berukuran 2,4 x 0,5 meter. Fasilitas ini adalah omotenashi atau keramahtamahan khas jepang dan menjadikan shinkansen ini satu-satunya yang menawarkan spa di atas rel. Diharapkan keunikan itu dapat menarik kunjungan turis ke daerah Yamagata dan Fukushima yang pernah mengalami bencana nuklir di 2011.

Rangkaian kereta Pokemon di wilayah Tohoku pun diluncurkan setahun setelah bencana tsunami dan nuklir itu. Gerbong bertema Pikachu ini merupakan bagian dari ?Pokemon with You?, sebuah inisiatif amal untuk mendukung anak-anak di wilayah pulau Honshu yang paling parah terkena bencana tsunami mei 2011.

Gerbong kereta itu melaju pada Juli, Agustus, dan September sepanjang tepi pantai Ofunato antara stasiun Ichinoseki prefektur Iwate dan Stasiun Kesennuma di prefektur Miyagi.  Tepi pantai itu mengalami kerusakan parah saat bencana. Perlahan JR East membangun dan membuka kembali jalur kereta api tersebut untuk mendorong pertumbuhan di wilayah bencana itu.

Setelah empat setengah tahun berjalan, gerbong Pokemon itu sudah dinaiki sekitar 40.000 penumpang. Peluncuran ulang gerbong kereta itu di 2017 diharapkan dapat menarik lebih banyak lagi para penggemar karakter Pikachu dan semakin mendongkrak jumlah penumpang.

Kereta yang terdiri dari 2 gerbong itu mempunyai exterior kuning khas Pikachu dengan aneka rupa Pokemon. Interiornya pun dipenuhi dengan tema Pikachu. Tidak hanya monster imut, pada sudut tempat duduk di kereta terdapat bola poke. Anak-anak akan semakin betah lagi karena terdapat ruang khusus bermain untuk anak-anak di kereta itu.

Perjalanan kereta Pokemon itu dimulai pada musim panas ini. Di hari yang dijadwalkan, kereta ini berangkat dari Ichinoseki 11.01 dan sampai di Kesennuma pada 12.51. Lalu kereta akan kembali ke ichinoseki pada 15.08 dan kembali lagi di 16.49.

Kamu bisa mencobanya pada pertengahan tahun 2018 yang akan datang, untuk reservasi bisa langsung menghubungai JR East 1 atau 2 bulan sebelum keberangkatan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.