Tulus Menjalani Kehidupan, Cinta Itu adalah Mutlak


30 November 2017

Wibie Maharddhika Suryometaram (sumber foto: istimewa)


Bernas.id - Wibie Maharddhika Suryometaram menceritakan awal karir profesinya terbentuk dari seorang penyiar radio Geronimo FM saat mahasiswa. Selain itu, juga pernah sebagai MC dan penyiar televisi di TVRI Yogyakarta dan JOGJA TV. Pernah pula sebagai Public Relations & Marketing Jogja Expo Center.

“Kecenderungan saya sebagai pemerhati dan pelaku budaya memosisikan saya saat ini sebagai presenter budaya. Saat ini saya adalah Public Realtions untuk Yayasan Langkah Hati Indonesia yang beralamatkan di Pendopo Seni dan Budaya Lombok Abang, Jl Bekelan 65, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, DIY. Yayasan ini berawal dari komunitas Sahabat Manembah yang peduli dengan penggalian dan pengembangan seni budaya. Utamanya, memperjuangkan revolusi hati dengan upaya menjalankan petunjuk-petunjuk TUHAN YME melalui nurani serta melaksanakan syariat agama dan menjunjung tinggi kebudayaan serta kearifan tradisi. Saat ini, saya juga penyiar radio TRIJAYA FM Jogja untuk program khusus budaya bertajuk BEDAH JAWA. Selain itu, kegiatan saya lain adalah sebagai Juru Kunci Makam Eyang Buyut saya, yakni Pesarean Kyai Ageng Prawiro Purbo (Ndoro Purbo) Karang Kebolotan Kusumanegara Yogyakarta,” ungkapnya ke Bernas Selasa (28/11).

Diungkapkannya titik balik kehidupannya yang terjadi saat bertepatan dengan HUTnya yang ke-21 tahun. “Saat itu saya sedang galau dan hampir menjadi muslim radikal yang meninggalkan segala bentuk hiburan. Saat mahasiswa, saya juga vocalis band EXCIDAZ dan penari Kraton. Dikarenakan baru belajar agama awal, saya sempat bingung antara kecintaan saya untuk mencari ALLAH, tapi juga tak bisa meninggalkan talenta sebagai seorang seniman. Di saat itulah saya bertemu dengan Guru saya, GUS MIEK (KH Chamim Jazuli), seorang Waliyullah masyhur perintis Majelis Semaan AL-QURAN Jantiko Mantab dan juga Purbojati Kraton Ngayogyakarta. Tiba-tiba saja beliau menatap tajam lembut membuka pembicaraan dan bertanya kepada saya,’Sudah lama berkecimpung dalam bidang seni?’. Saya jawab,’Sampun Gus’. Dan beliau langsung menimpali,’Teruskan’. Itu adalah kado indah terunik dalam hidup saya yang menjadi titik balik proses hingga saat ini. Saya meyakini bahwa sebagai seniman dan presenter budaya adalah jalan dan dawuh TUHAN bagi saya dalam rangka keakraban kebahagiaan beribadah kepada-Nya,” bebernya.

Untuk sosok yang berperan atas pencapaiannya saat ini, peraih penghargaan Kebudayaan dari Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X tahun 2008 ini menyebut yang pertama adalah orang tuanya, yang sejak kecil mengenalkan kepada saya akan agama dan budaya. “Saya dikursuskan ngaji privat di rumah sejak kecil dan diarahkan untuk mempelajari Tari Jawa di sanggar Kridha Beksa Utama sejak SD hingga SMP di Bandung. Saat SMA dan Mahasiswa di Yogyakarta saya bergabung di Kridha Mardawa Kraton Ngayogyakarta dan Yayasan Siswa Among Beksa. Peran orangtua saya (KRT. Purbowijoyo dan Almarhumah Ibu Naniek Sriyani) terutama dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas dan kearifan tradisi budaya Jawa menjadi akar pribadi saya saat ini. Demikian juga para leluhur, ulama dan kyai,” jelasnya.

Untuk pengalaman unik dipekerjaan, Sarjana Filsafat UGM menceritakan kejadian istimewa. “Saat saya sebagai penyiar radio, pernah ada seseorang perempuan muda yang sakit parah dan divonis dokter berumur pendek hanya 3 bulan. Ketika dia tidur, dia bermimpi ada seseorang memotivasi dirinya dengan kalimat-kalimat penyemangat hidup yang membuatnya bangkit. Esoknya tak sengaja dia mendengarkan Radio Geronimo FM dan mendengarkan suara saya yang kata-katanya persis di mimpinya. Dia pun berusaha menemui saya dan terkejut saat bertemu memang sayalah orangnya. Bagi saya ini adalah cara TUHAN Menampakkan KebesaranNYA. Bahwa kekuatan ALLAH Mengatasi segalanya dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali dengan pertolongan-NYA. Alhamdulillah perempuan itu mampu bertahan hidup beberapa tahun berikutnya,” paparnya.

Dikarenakan pekerjaannya sebagai penyiar lagu-lagu cinta, pemuja cinta, berjalan atas dasar cinta dan berharap atas cinta Allah, ia menyadari bahwa ujian terberatnya ketika mengalami kegagalan pernikahan. “Saya sadari itu adalah sepenuhnya kesalahan serta tanggung jawab saya yang terus belajar memaknai cinta ke hadirat ALLAH SWT. Saya telah mengalami masa pahit, tapi saya menjalaninya tetap dengan hati yang penuh syukur sebagai lelakon atau takdir dari Tuhan YME untuk mensucikan, memperbaiki, dan menyelamatkan saya serta orang-orang yang pernah terlibat dalam hidup saya. Saya tidak menyesalinya dan justru masa lalu itu telah menjadi bekal sangat berharga bagi kehidupan saat ini dan ke depan nanti. Alhamdulillah, tanpa masa lalu yang penuh hikmah itu, saya tidak akan menemukan ilmu tentang ketenangan jiwa saat ini. Itu semua yang menghantarkan saya untuk menekuni LAMPAH MANEMBAH KANTHI JIWA MUTHMAINNAH bersama para Guru Kehidupan yang saya jumpai,” urainya.

Untuk tantangan ke depannya, pria kelahiran Yogyakarta ini memiliki visi besar tentang kehidupan. ”Saya sejak bulan Syawal lalu menambahkan nama Eyang Canggah saya, yakni SURYOMETARAM (Putra SULTAN HAMENGKU BUWONO VI). Niat saya adalah untuk mensyukuri sekaligus senantiasa menginspirasi diri dengan nilai-nilai luhur MATARAM yang penuh cahaya rahmat bagi semesta. Ibarat Lampah Jemparingan/Manah, maka tantangan saya saat ini adalah untuk semakin fokus. Sesuai falsafah ‘Pamenthang ing Gandewa, Pamantheng ing Jiwa’ dan ‘Sawiji, Greged, Sengguh, Ora Mingkuh’, bersama Sahabat Manembah di Yayasan Langkah Hati Indonesia bergerak dalam ranah pengembangan SDM dan seni budaya melalui metode mendengarkan DHAWUH ILAHI dalam nurani suci,” jelasnya.

Diungkapkan, mottonya sejak sebagai penyiar muda hingga kini adalah “Alhamdulillah” karena hidup ini dengan segala peristiwanya adalah karunia dari Allah yang tak terhitung. Hidup adalah untuk memuji kekasih hati. Hanya dengan cinta, kita bisa manunggaling kawula kelawan GUSTI kanthi Asma-Nya, memahami sangkan paraning dumadi dan mampu hamemayu hayuning bawana. Menginisiasi karya JOGED SHOLAWAT MATARAM di tahun 2012 dan AMBEG SHOLAWAT BAWONO di tahun 2017 menjadi pencapaian yang membanggakan baginya. Acara itu merupakan perpaduan antara Beksan Klasik Ngayogyakarta, Gamelan, Hadroh dan lirik Sholawat. Penyiar radio ini pun meyakini bahwa apa yang dikerjakannya ini penting dilakukan dan dibagikan kepada masyarakat. “Karena ini adalah gerakan memaknai kembali arti NING-RAT. Yakni, kualitas jiwa setiap pribadi untuk kembali hening mencapai makrifat. Tetap bening merakyat, serta guna Hangayati Wening Hamemayu Rat. Melalui laku NING-RAT, masyarakat dapat terhindar dari tiga penyakit manusia modern, yakni Rasionalistis, Individualistis, dan Materialistis,” katanya.

Pengagum sosok Kanjeng Nabi Muhammad SAW ini mengakui bahwa lingkungan memengaruhinya hingga menjadi seperti sekarang ini. “Bagi saya, terutama adalah jiwa suci para leluhur dan keluarga serta para Ulama dan Guru Mursyid yang sangat memengaruhi pola pikir dan karakter kepribadian saya. Hingga saya merasa nyaman dan yakin di segala perubahan dunia. Di antaranya adalah Majelis Sema’an Al-Quran GUS MIEK Moloekatan bersama Gus Robert Miek, Pengajian Al-Furqon bersama Gus Salam, Padepokan Suryo’alam bersama Gus Sopandriyo dan Sahabat Manembah bersama Gus Setiawan Budhiarto. Ada komunitas keluarga RUMAH SEMESTA bersama Guru I Wayan Mustika,” ucapnya.

Ayah dari Ken Aishya (6 tahun) ini memberikan inspirasi dan sarannya kepada orang yang membaca kisahnya ini. “Bahwa tulus menjalani kehidupan cinta itu adalah mutlak dan pasti membawa kepada ilmu, hikmah dan kebahagiaan besar berupa kedamaian jiwa bersama Sang Maha Cinta. Untuk saran, kesuksesan adalah jiwa yang tenang berjumpa dengan Tuhan serta nyaman di segala situasi dan kondisi. Saya mengajak diri saya pribadi dan sesama dari berbagai jalan agama dan keyakinan untuk bersegera lebih MANEMBAH agar semakin akrab berkomunikasi dengan-Nya melalui nurani. Perintah-Nya yang haqq dari hati akan menuntun setiap langkah selalu damai sukacita di segala bidang,” tukasnya.

Pelaku dan pemerhati budaya ini membocorkan rencana dalam waktu dekat dan impiannya ke depan.” Untuk project, bersama Yayasan Langkah Hati Indonesia merancang ASMAFEST (Amazing Sufi Mataram Art Festival), sebuah Kemah Budaya Manembah dan Pagelaran Seni Spiritual Mataram Nusantara. Soft Launching bersama perusahaan Austria, OROUNDO INTERNATIONAL, yakni mengisi suara pada aplikasi Digital Tourism Guide untuk Candi Borobudur untuk pertama kali dalam sejarah. Insya Allah, juga akan memandu acara BE LOVE (Beatles Lovers) di Radio 97.00 TRIJAYA FM JOGJA. Impian terbesar saya adalah memugar Makam Eyang Buyut saya, yakni Pesarean Kyai Ageng Prawiro Purbo (Ndoro Purbo) Karang Kebolotan Kusumanegara Yogyakarta, serta mengelola Padepokan Budaya Manembah Mataram sebagai jalan mengangkat ajaran makrifat leluhur tanah Jawa. Demi impian impian besar itu, saya insya ALLAH akan menikah lagi sebelumnya tentunya, hahaha,” pungkasnya. 


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Pariwisata

Sektor Pariwisata Bali Mulai Bangkit Lagi

BALI, BERNAS.ID - Sektor pariwisata di Bali yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, kini mulai bangkit lagi. Terlebih dengan telah dibukanya akses wisatawan domestik ke Bali, sejak 31 Juli 2020. "Sejak dibuka, sudah mulai rama ...

Ekonomi

Situasi Pandemi, Pedagang Diimbau Maksimalkan Teknologi untuk Survive

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi menghimbau masyarakat Jogja terutama pedagang memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan transaksi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal tersebut disampaikan He ...

Nasional

Menpan RB : Seleksi CPNS 2020 Ditiadakan, Tahun Depan Diperketat

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, kalau seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 ditiadakan, sementara 2021 akan diperketat. ...

DIY

Pedagang Jamu Pun Harus Disertifikasi dan Mampu Jualan Online

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI melakukan stikerisasi dan penyerahan sertifikat keikutsertaan dalam bimtek kepada 30 usaha jamu gendong di DIY, Rabu (12/8/2020) di salah satu hotel di Kota Jogja. Kegiatan i ...

DIY

Pilkades Sleman E-voting Ditunda Lagi Hingga Pilkada Usai

SLEMAN, BERNAS.ID - Rencana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara e-voting se-Kabupaten Sleman akhir Agustus nanti ditunda lagi. Hal tersebut dipertegas dengan turunnya Surat Edaran Mendagri No.141/- 4528/SJ tertanggal 10 Agustus 2020 ten ...

DIY

Sultan Tidak Larang Masyarakat Adakan Tirakatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Beberapa hari lagi bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan RI atau yang kerap disebut Agustusan. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berpesan kepada masyarakat yang memperingatinya agar tetap mematuhi protokol keseha ...

DIY

Terkait Benda Diduga Bom, Rektor UNY Akan Perbanyak CCTV

SLEMAN, BERNAS.ID- Merespon dugaan ditemukannya benda diduga bom, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat kampus dan aktivis masjid kampus agar tetap tenang. Sebelumnya, takm ...

Hukum dan Kriminal

Disinyalir Bom dengan Tulisan Bernada Terorisme di UNY, Ini Penjelasan Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID- Geger ditemukan benda mencurigakan diduga bom di salah satu kompleks kampus UNY, tepatnya di loker nomor 108 Masjid Kampus Al Mujahidin. Dalam benda mencurigakan yang terbungkus plastik kresek hitam itu terdapat rangkaian ...

DIY

Protokol Kesehatan Ketat untuk Sekolah Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning

JAKARTA, BERNAS.ID - Penyesuaian SKB Empat Menteri memberikan penyesuaian bagi daerah di zona kuning untuk membuka kembali satuan pendidikan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Na’im dalam pertemuan telekonferensi mengung ...

DIY

Inilah Bakal Calon Wakil Bupati yang Dampingi Danang Wicaksana dalam Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Akhirnya terjawab sudah siapa bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi Danang Wicaksana Sulistyawan (DWS) dalam Pilkada Sleman, DIY. Sebagaimana disampaikan 'sumber yang dapat dipercaya' kepada bernas.i ...

Pendidikan

Tak Hanya Riset dan Inovasi Iptek, Mendikbud Tuntut Kampus Hasilkan Dua Hal Ini

JAKARTA, BERNAS.ID - Bicara tentang teknologi, di dalamnya tidak hanya terkandung aktivitas riset dan inovasi, tetapi juga menjadi tempat manusia-manusia berkreasi dalam mengeksplorasi batas pengetahuan untuk menghasilkan temuan-temuan baru ...

Nasional

KBRI Fasilitasi Kepulangan 147 WNI Melalui Penerbangan Khusus

BANDAR SERI BEGAWAN, BERNAS.ID - Pada hari Minggu, 9 Agustus 2020, KBRI Bandar Seri Begawan kembali memfasilitasi kepulangan WNI/PMI (Pekerja Migran Indonesia) melalui penerbangan khusus ke-7. Kali ini, sebanyak 147 WNI/PMI yang kembali dar ...

DIY

Inilah Peran BAZNAS DIY untuk Memulihkan Perekonomian di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2020 setelah adanya pandemi Covid-19 angka kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kenaikan dari awalnya 11,7% pada tahun 2019 menjadi 12,28%. Karena ...

DIY

Selain Lokasi TPS Jauh, Bawaslu Sleman Juga Dapatkan 165 Data Pemilih Bermasalah

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 7 Agustus 2020,  Bawaslu Kabupaten Sleman melakukan pengawasan proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap kualitas form A-KWK (daftar pemilih) untuk Pemilihan Bupati dan W ...

DIY

Akhirnya DIY Laporkan Kasus Konfirmasi di Bawah 10 dan Pasien Sembuh 18 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami penurunan. Dilaporkan ada tambahan kasus konfirmasi di bawah 10 kasus tepatnya 8 kasus baru, Minggu (9/8/2020). Berdasarkan hasil pemerik ...

Ekonomi

Pengamat : Pemerintah Jangan Meniru Cara AS dan China Atasi Resesi Ekonomi, Indonesia Bisa Kolaps

JAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 saat ini telah menyebabkan krisis global berlarut di dunia, termasuk di Indonesia sehingga menimbulkan jurang resesi ekonomi. Berbagai negara menggunakan berbagai cara untuk mempertahankan ketahanan eko ...

Wiradesa Seri 2

Balada Manusia yang Meneteskan Air Mata untuk Bangsanya

Bernas.id - Hormat setinggi-tingginya untuk Darpo, Karta, dan Bapa Biyung Mbah Soma.   Setiap kali bulan Agustus datang, ketika para pamong Desa Kedung Pingit memerintahkan semua warga memasang bendera Merah Putih di depan rumah, ...

DIY

KSPSI Menilai Program Bantuan Pekerja Rp 600 Ribu Diskriminatif

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komite Penanganan Covid-19 nasional merencanakan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai total Rp 600.000 bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta dengan sejumlah persyaratan, yang bertujuan untuk pemuliha ...

Pendidikan

Pemerintah Umumkan Penyesuaian Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - Mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran, berbagai masukan dari para ahli dan organisasi serta mempertimbangkan evaluasi implementasi SKB Empat Menteri, Pemerintah melakukan penyesuaian keputusan bersama Empat Menteri te ...

DIY

Peralatan Penunjang Parkir Progresif di Jogja Dikaji

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta terus melakukan kajian mengenai peralatan pendukung yang dinilai paling tepat digunakan guna menunjang pemberlakuan tarif parkir progresif di sejumlah ruas jalan dan di tempat khusus ...

Lifestyle

Idola Baru Anak Muda Indonesia, UN1TY

Pernah menjadi trending musik, banyaknya boy group di Indonesia perlahan mulai menghilang. Setelah lama tak terdengar, istilah boy group di Indonesia kembali  dimunculkan dengan hadirnya sebuah grup dengan nama UN1TY. Grup yang memi ...

Ekonomi

Peringatan Hari UMKM 2020 ABDSI Selenggarakan Indonesia SME Festival secara Virtual Selama 12 Jam

BERNAS.ID - Tidak hanya Koperasi yang memiliki hari khusus. Saat ini ada juga Hari UMKM atau yang lebih dikenal dengan Hari Nasional UMKM.  Situasi dan kondisi saat ini memang membutuhkan UMKM yang Kuat dan Tangguh, untuk beradaptas ...

DIY

Danang Wicaksana Resmi Maju dalam Pilkada Sleman Diusung Oleh 4 Parpol

BERNAS.ID - Dinamika kontestasi politik dalam Pemilihan kepala daerah di Sleman, DIY semakin menarik dengan munculnya Danang Wicaksana Sulistya (DWS) menjadi bakal calon bupati Sleman selain dua nama yang sudah santer disebut sebelumny ...

Ekonomi

Kemenparekraf Dukung HBDI 2020 Sebagai Momentum Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020 sebagai momentum pemulihan ekonomi nasional, peningkatan tingkat konsum ...

Pendidikan

Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi ...

Ekonomi

Sleman Bagikan Masker di Pasar untuk Menjaga Sektor Ekonomi

SLEMAN, BERNAS.ID - Kabupaten Sleman melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membagi-bagikan 1000 masker kepada warga yang sedang berbelanja di Pasar Tanjung dan Pasar Kliwon, Kecamatan Berbah, Sleman, Jumat (8/8/2020). Kegiatan ters ...

DIY

Warga Jogja Diimbau Tak Gelar Malam Tirakatan di Hari Kemerdekaan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta meminta warga setempat untuk tahun ini tidak menggelar acara malam tirakatan sebagai wujud syukur pada peringatanHari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ini untuk mencegah penularan Covid-19. ...

DIY

Sultan Ingatkan Wisatawan Berhati-hati di Pantai Selatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Peristiwa tujuh wisatawan yang terseret arus di Pantai Goa Cemara Kamis (6/8/2020) membuat Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengingatkan wisatawan baik dari dalam maupun luar Jogja agar berhati-hati. Terutama saat ...

DIY

DIY: Pasien Sembuh Capai 497 Orang, Kasus Konfirmasi 819

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah 18 orang. Sehingga total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 819 kasus per Kamis (6/8/2020).  "Hasil pemeriksaa ...

DIY

Sejumlah Persoalan Mengemuka dalam Kunjungan DPD RI di Cangkringan Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) melakukan sosialisasi lembaga dan penyerapan aspirasi sebagai masukan pada pemerintah pusat di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan pada Kamis (6/8/2020). Rombongan anggota DPD RI dipim ...

DIY

Mobil Dinas Bekas Walikota Jogja HZ Tak Laku Dilelang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mobil dinas bekas jabatan yang pernah digunakan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto (HZ) kembali tidak laku saat lelang kendaraan dinas pada tahun anggaran 2020 meski nilai limit untuk kendaraan tersebut sudah diturun ...

DIY

Menteri Teten: Keju Sleman Tidak Kalah dengan Keju Impor

SLEMAN, BERNAS. ID - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melakukan kunjungan ke Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (6/8/2020). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara kunjungan Menteri Koperasi dan UKM ...

Ekonomi

Pelaku Usaha Mikro Bakal Dapat Bantuan Modal Rp 2,4 Juta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID-Pemerintah Pusat tengah menyiapkan program pemulihan ekonomi berupa bantuan sosial produktif senilai Rp2,4 juta untuk 12 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia, termasuk DIY. Ini khususnya bagi pelaku usah ...

DIY

PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Serahkan Bantuan Kursi Taman ke Pantai Timang

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) menyerahkan bantuan kursi taman untuk objek wisata Pantai Timang di Dusun Danggolo, Kel ...

Nasional

PMI Kirim 1.000 Kantong Darah ke Lebanon, Masyarakat Bisa Berkontribusi

BERNAS.ID - Pemerintah Lebanon meminta bantuan kepada seluruh Palang Merah Internasional, yakni menyediakan darah bagi para korban leadakan di Kota Beirut Lebanon. Palang Merah Indonesia (PMI) pun turut mengambil bagian untuk membantu ...

Sintesa

Dua Teman Lama Bicara tentang Produksi Unggul di Desa

Oleh:  Tri Budi Utama ST MT dan Prof. Sudjarwadi Situtena  teringat judul  pidato “ASAS KESEDERHANAAN TEKNIK PENGAIRAN KONTEKSTUAL”. Ingatan tersebut ada dalam pikirannya, sampai beberapa hari, suatu saat&nbs ...

Hukum dan Kriminal

Oknum Kepala Mandor Otaki Pencurian Besi di Proyek Pembangunan

SLEMAN, BERNAS.ID - Bukannya memberikan contoh yang baik kepada bawahannya, AF, warga Pogung Kidul Sinduadi Mlati Sleman justru mengajak keenam rekannya EP, THY, NE, AS, AR dan RK untuk mencuri besi ulir beton di proyek pembangunan di Jalan ...

Hukum dan Kriminal

Komplotan Ini Belajar Bobol ATM dari Tayangan YouTube

SLEMAN, BERNAS.ID -  Pembobol mesin ATM di toko modern wilayah Gamping Sleman dapat digagalkan warga karena aksi yang dilakukan komplotan sekitar pukul setengah empat pagi, Minggu (5/7/2020) begitu berisik. Ada orang yang melihat, lima ...

Ekonomi

Profesor Sudjarwadi: Pentingnya Koordinasi dan Sinergi Lintas Generasi untuk Bangkit di Masa Pandemi

Bernas.id - Agar perekonomian bangsa Indonesia dapat bangkit di masa pandemi ini, maka penting sekali mewujudkan koordinasi dan sinergi lintas generasi. Hal ini ditegaskan oleh Prof. Dr. Ir. Sudjarwadi, M.Eng, Guru Besar UGM sekaligus penga ...

Lingkungan

Ledakan Dahsyat Meluluhlantakkan Kota Beirut

Sebuah ledakan yang sangat dahsyat terjadi di Beirut pada hari Selasa (04/08/2020) petang waktu setempat. Ledakan terjadi dua kali, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters. Ledakan pertama menyebabkan asap pekat membumbung tinggi disertai letup ...

DIY

DIY: 12 Kasus Konfirmasi dan 14 Pasien Sembuh dari Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi yang terinfeksi virus corona, Selasa (4/8/2020). Total keseluruhan pasien positif Covid-19 di DIY mencapai 784 orang.  " ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Bongkar Prostitusi Online di Hotel Kawasan Ringroad Utara

SLEMAN, BERNAS.ID - Iming-iming fasilitas tempat tinggal dan handphone, SF (23), pemudi asal Kulonprogo berhasil menggaet sejumlah pemudi asal Yogyakarta untuk direkrut sebagai pelacur. Sekali booking untuk esek-esek, SF mematok harga ...

Nasional

5 Tips Jadi Influencer Terkenal dan Bertanggung Jawab, Prosesnya Tidak Instan

Bernas.id – Belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan beberapa influencer yang menarik perhatian tapi dengan cara kontroversi. Sebut saja Anji yang mengundang seseorang yang disebut-sebut sebagai penemu obat corona. Tentu saja dalam ...

Hukum dan Kriminal

Begini Respons UNU Terkait Pencatutan Nama Universitas oleh Pelaku Pelecehan Seksual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah mencermati perkembangan informasi dari berbagai pihak baik dari daring maupun langsung, terkait dengan pengakuan seseorang (BA) yang sering mengatasnamakan diri sebagai dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) ...

Hukum dan Kriminal

Buka Jasa Penggandaan Uang Palsu, Tiga Orang Diringkus Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID - Ingin mendapat uang secara instan, Jimmi alias Pak Tua (44) warga Riau bersama kedua rekannya Arif (26) warga Klaten dan Agung (42) warga Gunungkidul berencana melakukan penipuan dengan modus penggandaan uang palsu ...

Pendidikan

Pembelajaran Daring di Kota Jogja Hanya Targetkan Capaian 60 Persen Kurikulum

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring di Kota Jogja yang digelar selama pandemi COVID-19 diikuti dengan perubahan target pencapaian kurikulum pada tahun ajaran 2020/2021. Dinas Pendidikan K ...

Lifestyle

Agus Supriyo: Transformasi AELI dengan Program Blended di Masa Pandemi

Bernas.id - Dampak pandemi Covid-19 yang merugikan dunia pariwisata, tidak membuat para penggiat outbound atau experiential learning berhenti dan berpangku tangan. Diawali terselenggaranya Musyawarah Daerah 2020 oleh DPD Asosiasi Exper ...

Nasional

Pandemi Covid-19 Jadi Pemicu Perluasan Akses Internet, Jokowi Perintahkan Sampai ke Desa

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo kembali menyentil para menteri agar bergerak cepat lagi di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang dibutuhkan saat ini akses internet untuk mendukung anak-anak yang harus sekolah. Tak sedikit anak seko ...

DIY

DIY Laporkan Penambahan Pasien Sembuh Lebih Tinggi Dibandingkan Kasus Konfirmasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi positif Covid-19. Sehingga total kasus konfirmasi di DIY menjadi 772 pada Senin (3/8/2020).  "Hasil pemeriksaan la ...

Pendidikan

Sultan Ingin Pembukaan Pendidikan Tatap Muka Dimulai dari Perguruan Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap pembukaan kegiatan pendidikan tatap muka akan dilakukan secara bertahap dimulai dari perguruan tinggi kemudian diikuti jenjang di bawahnya. ...