Berita Nasional Terpercaya

Selesaikan Masalah atau Trauma Masa Lalu Dengan Metode 4R, Cobain Deh!

0

Bernas.id – Ada orang yang hidupnya biasa saja atau tidak bisa maju karena memiliki masalah dalam dirinya atau biasa disebut trauma yang menyebabkan mental blok. Entah masa lalunya sering di-bully atau pernah mengalami kejadian traumatik seperti kecelakaan atau korban bencana alam. Atau pernah mengalami ditipu atau dikhianati rekan usaha yang mengakibatkan kerugian dalam bentuk material sehingga ada dendam dalam dirinya.

Yang memiliki uang, biasanya pergi ke therapist atau psikolog untuk menyembuhkan luka yang ada dalam dirinya. Melewati beberapa sesi konsultasi untuk menemukan akar masalahnya sehingga dapat disembuhkan. Bagaimana dengan yang memiliki keuangan terbatas?

Anda bisa mengikuti metode 4R di bawah ini:

Realize

Apapun masalahnya tidak akan bisa disembuhkan selama kita tidak menyadari bahwa dalam diri kita ada masalah. Jadi, sadari dan akui dulu bahwa ada masalah dalam diri kita sebagai komitmen bahwa kita ingin sembuh atau ingin maju. 

Resize

Masalah yang sudah kita identifikasikan kita perbesar masalahnya untuk mengetahui akar masalah sesungguhnya atau jika masalahnya dirasa terlalu besar kita cacah menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah menyelesaikannya. Ibarat mengurut benang yang kusut, harus tahu dulu ujungnya di mana dan kusutnya di bagian mana sehingga bisa fokus dalam penyelesaiannya. 

Repair

Jika sudah menemukan akar masalahnya atau sudah menemukan bagian-bagian yang bermasalah, lalu diperbaiki atau dicari solusinya. Pendekatan secara spiritual biasanya lebih efektif dalam menyelesaikan masalah. Perlu masukan dari orang yang bisa dipercaya atau orang yang baik secara keagamaan sehingga memudahkan kita memperbaiki masalah yang kita alami.

Release

Jika masalahnya adalah rusaknya nama baik atau kerugian secara material, tentu tidak bisa diperbaiki karena kejadian yang sudah terjadi tidak bisa diulang. Yang bisa dilakukan adalah kita mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dan menyusun kembali strategi untuk memperbaiki nama baik kita atau mengganti kerugian yang kita alami. 

Bukankah dibalik suatu kejadian ada hikmah yang bisa kita petik? Dengan Mengikhlaskan sesuatu yang hilang pasti akan diganti dengan yang lebih baik dari Sang Pemilik Kehidupan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.