Berita Nasional Terpercaya

Obat Flu Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui

0

Bernas.id — Bagi seorang ibu hamil, menjaga kesehatan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Hal ini karena bukan hanya kondisi tubuh ibu yang perlu dijaga tapi juga kondisi bayi yang ada dalam kandungannya. Lalu, bagaimana jika kondisi kesehatan memang menurun hingga akhirnya terserang flu di masa kehamilan? Dalam kondisi umum, mengalami flu rasanya dapat segera tertangani dengan mengonsumsi obat-obatan yang banyak tersedia di pasaran. Namun, pada kondisi hamil, hal itu tentu harus dipertimbangkan matang-matang. Jangan sampai obat yang dikonsumsi justru membahayakan kondisi janin.

Cara alami adalah cara yang diyakini paling aman untuk mengobati flu pada ibu hamil. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala flu bagi ibu yang sedang mengandung:

1. Berjemur di Bawah Matahari Pagi

Menyempatkan waktu beberapa menit untuk terpapar sinar matahari pagi dapat dijadikan satu alternatif yang baik. Selain untuk menghangatkan tubuh, sinar matahari pagi juga dipercaya ampuh membunuh virus influenza. Tidak hanya itu, paparan matahari pagi juga dapat meningkatkan kualitas vitamin D dalam tubuh. Hal yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari pagi yang muncul sekitar pukul 07.00 sampai dengan 09.00 saja.

2. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Menambah cairan dalam tubuh dapat menyeimbangkan kelembapan di saluran pernapasan yang sering terganggu karena flu. Selain itu, air putih hangat juga dapat menurunkan suhu tubuh jika sudah mulai demam.

3. Konsumsi Buah Segar

Selain memberikan efek kesegaran di mulut, buah segar juga bermanfaat untuk memperbarui sel-sel tubuh untuk melawan virus. Kondisi tubuh dengan sistem imun yang baik tentu dapat mempercepat kesembuhan.

4. Nikmati Semangkuk Sup Hangat

Selain kandungan sayur di dalam sup yang dapat meningkatkan imun tubuh, efek hangat dan nikmat setelah mengonsumsi sup juga dapat meningkatkan nafsu makan yang biasanya menurun akibat flu.

5. Minum Air Rebusan Duo Bawang dan Jahe

Bukan hanya digunakan sebagai bumbu masakan, duo bawang alias bawang merah dan putih yang diiris tipis dapat dicampur dengan geprekan jahe untuk direbus. Siapkan dua gelas air putih untuk merebusnya hingga tinggal tersisa satu gelas saja untuk diminum. Jangan lupa untuk menyaringnya lebih dulu agar irisan bawang dan jahe tidak ikut terbawa.

6. Hirup Uap Hangat

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Jika kondisi hidung tersumbat atau tenggorokan tidak nyaman, ambil air untuk direbus hingga mendidih. Setelah itu beri tetesan minyak kayu putih dan hirup uap yang mengepul. Hasilnya, efek segar dan plong bisa segera didapatkan tanpa obat kimia.

Nah, itu dia cara alami yang dapat dicoba. Jangan lupa jaga kesehatan, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.