Berita Nasional Terpercaya

Bunda, Ini Tips Agar Si Sulung Siap Memiliki Adik!

0

Bernas.id – Masa-masa kehamilan adalah saat yang paling menyenangkan bagi pasangan suami istri. Kelahiran baru berarti hidup baru akan dimulai. Sayangnya, hal-hal yang menyenangkan ini tidak turut dirasakan oleh si sulung. Mendadak si anak pertama menjadi lebih lengket pada ibunya dan juga rewel karena sang ibu lebih memperhatikan kandungannya daripada dia, terutama bagi sulung yang berusia di bawah lima tahun.

Seolah tahu bahwa perhatian ibunya telah terbagi, ia menjadi lebih aktif dan cenderung mencari masalah, misalnya dengan melompat-lompat tempat tidur dan tanpa sengaja jatuh tepat di perut ibunya, sehingga membuatnya ditegur dan tangisannya akan lebih keras daripada teguran itu sendiri. Wajar-wajar saja Bunda, oleh karena itulah dibutuhkan juga ibu yang lebih peka terhadap perasaan anak yang sedang merasa tersisihkan tersebut.

Disimak yuk Bunda, tips apa saja sih yang dapat dilakukan guna mempersiapkan kakak ketika akan memiliki adik.

1. Tetap mengajaknya bermain

Orang hamil bukan orang sakit Bunda, jadi meskipun ada waktunya Bunda untuk istirahat di usia kehamilan muda, tapi Bunda masih bisa kok menemani si kecil bermain, bahkan untuk permainan yang mengasah motorik kasarnya si anak. Kalau anak suka menari, bunda yang bernyanyi untuknya sambil ia memamerkan keahliannya tersebut. Jangan lupa untuk memberi apresiasi padanya seperti pujian, tepuk tangan, ataupun hadiah-hadiah kecil yang sudah dipersiapkan.

2. Membacakannya dongeng sebelum tidur

Membacakan dongeng sebelum tidur dapat membangun bonding antara anak dan orang tua, di samping itu juga memberi kesempatan orang tua, khususnya ibu untuk memberikan sugesti positif padanya sebelum tidur. Ceritakan saja mengenai adik bayi yang sangat lucu.

3. Jangan menjauhkan anak dari perut bunda

Bunda yang sedang hamil, biasanya khawatir jika si anak aktif membahayakan kandungannya, tetapi hendaknya Bunda juga tidak terlalu ekstrim dalam menjaganya. Ada waktunya Bunda meminta si kecil untuk mengelus perut Bunda, menempelkan telinganya di perut Bunda sambil bernyanyi lagu yang ia sukai, dan mengatakan padanya bahwa si adik suka sekali kalau mendengar kakaknya bernyanyi.

4. Katakan bahwa ia kakak terhebat

Setiap si kecil mampu melakukan sesuatu seorang diri, misalnya pergi ke toilet, makan sendiri, mengambil minuman sendiri, katakan bahwa ia adalah kakak terhebat dan mampu menjaga adiknya kelak.

5. Libatkan ia dalam mengasuh adiknya

Si adik pun lahir dan Bunda pasti akan sangat repot karenanya, jangan lupa libatkan si kakak ya Bunda, misalnya meminta ia memasangkan kaos kaki adiknya, atau memilihkan pakaian sang adik, agar ia tidak merasa disisihkan oleh Bunda dan merasa dibutuhkan oleh si adik bayi. Tentu si sulung akan makin sayang pada adik bayinya.

Nah, buat Bunda yang sedang hamil anak kedua, yuk dipraktekkan buat si buah hati yang segera memiliki adik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.