Berita Nasional Terpercaya

Para Siswa, Ini Jurus Jitu agar Tak Perlu menjadi Ahli Remedial

0

Bernas.id ? Masa SMA adalah masa yang paling indah. Masa ini tak mudah untuk dilupakan. Segala yang terjadi dalam masa ini akan menjadi cerita seru untuk dikenang. Sayangnya, materi pembelajaran yang banyak dan lumayan sulit membuat proses pembelajaran di SMA menjadi waktu yang sangat melelahkan bagi siswa. Materi yang padat, jam belajar yang panjang, tugas yang banyak dan soal ujian yang sulit membuat kalian sering mendapat nilai yang kurang memuaskan. Jika sudah demikian, remedial atau perbaikan adalah jalan keluar untuk mencapai nilai standar yang diharapkan. Lalu, bagaimana ya cara agar tak menjadi ahli remedial? Coba, yuk pelajari langkah yang perlu kamu lakukan supaya tak menjadi ahli remedial:

Kehadiran penuh
Kehadiran kalian di dalam pembelajaran adalah faktor penting yang pertama yang perlu kalian lakukan untuk memiliki nilai yang baik. Jika kehadiran kalian penuh dalam satu semester dan tidak pernah absen, secara otomatis nilai sikap kalian akan mendapat predikat B atau baik. 

Aktif dalam pembelajaran
Hal kedua adalah kalian perlu aktif dalam pembelajaran. Mengikuti pembelajaran secara aktif berarti kalian selalu menyimak apa yang disampaikan oleh guru, mencatat yang perlu dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Aktif di dalam pembelajaran berarti juga kalian selalu mengikuti dan mengerjakan kuis dan ulangan dengan baik dan serius. 

Kerjakan tugas
Tak hanya aktif dalam pembelajaran. Kalian juga perlu mengerjakan tugas dengan benar dan mengumpulkannya tepat waktu. Tak hanya tugas yang diberikan oleh guru di dalam kelas, namun juga pekerjaan rumah yang harus kalian kerjakan secara mandiri. Di banyak sekolah, tugas dan ulangan harian memegang peranan sangat besar lo dalam penghitungan nilai akhir untuk rapor.

Belajar serius
Nah, jurus terakhir adalah belajar serius dan sungguh-sungguh. Tidak kabur dari pembelajaran. Mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh guru. Mengerjakan semua tugas yang diberikan. Banyak berlatih latihan soal dan selalu membaca catatan serta mengulang-ulang materi yang diajarkan.

Jika kalian melakukan 4 jurus di atas, maka saat menjelang UTS dan UAS kalian tidak harus menggunakan Sistem Kebut Semalam alias SKS untuk mempelajari materi yang menjadi bahan ulangan. Belajar secara bertahap, sedikit demi sedikit akan lebih memudahkan kalian untuk menyerap materi yang diberikan, serta menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab.

Leave A Reply

Your email address will not be published.