Mereka Secara Terbuka Mengaku Murtad dan Jadi Ateis. Apa Risikonya?


05 Desember 2017

Muhammad Syed dan Sarah Haider (foto:Youtube)

Bernas.id  - Sepuluh tahun lalu, Muhammad Syed memutuskan murtad, keluar dari Islam. Padahal, pria kelahiran Amerika Serikat itu besar di Pakistan dan awalnya beriman pada Islam.

Namun pada tahun 2007, dia menyadari sesuatu. Ini membuatnya menjadi tidak percaya sama sekali terhadap Islam. Ia menjadi seorang eks-Muslim dan ateis.

Saat masih bocah, Muhammad tertarik pada astronomi, dan film ruang angkasa seperti Star Trek dan Star Wars.

Memasuki usia awal 20-an, dia kembali ke Amerika Serikat, hanya beberapa bulan menjelang serangan 11 September 2001. Saat Amerika Serikat melancarkan perang, dia bergabung dengan kelompok pengunjuk rasa antiperang.

Pada saat yang sama, beberapa kawannya yang keturunan Pakistan menjadi sangat konservatif.

"Ada seorang yang saya kenal waktu di sekolah menengah. Kami bersekolah di tempat yang sama. Kami orang yang serupa, dia juga liberal seperti saya waktu itu. Suatu waktu dia memanjangkan janggut hingga hampir setengah meter," kenang Muhammad, seperti dikutip dari BBC, Selasa (12/5/2017).

"Dia berbicara tentang siksa kubur. Dan dia mengatakan bahwa itu hal nyata yang sudah disaksikan langsung oleh orang-orang -sebuah cara berpikir yang bersifat takhayul."

"Sebagai orang yang memiliki latar belakang akademis dan menjalaninya, hal itu agak aneh. Maka selama sekitar setahun saya mempelajari agama."

Muhammad belajar Al-Quran, Hadis, dan naskah-naskah lain tentang Islam seperti Sirah Nabawiyah.

"Persepektif saya waktu itu, Islam itu humanis dan ilmiah -seperti yang disampaikan kepada kita semua," kata Muhammad Syed.

"Saya ingin memperlihatkan kepada teman saya bahwa perspektif dia adalah salah. Namun ketika saya menelusurinya, menjadi amat jelas bahwa cara pandangnya itu justru yang merupakan perspektif Islam yang sebenarnya. Dia benar dan saya salah," tambahnya.

Pada masa sekitar itu, Muhammad sempat makan malam bersama teman-temannya dan salah seorang di antaranya berhasil sembuh dari leukemia.

"Dia bersyukur pada Allah untuk pemulihannya. Namun benak saya berpikir tentang tingkat kemungkinan orang yang pulih dari leukemia, dan ada persentase pasti tentang itu."

"Saya pikir, 'bagaimana kita tahu pasti: apakah Tuhan yang menyelamatkan kita atau apakah kita masuk dalam persentase yang selamat secara umum?"

"Pada saat itulah saya tahu bahwa yang dikatakannya itu khayalan. Itu bukan hal yang nyata. Itu soal probabilitas."

"Dari sana saya berpikir, 'Saya menyadari bahwa semua itu tidak benar dan saya sudah menyadarinya sejak lama, dan saya sekadar tidak mengakuinya saja."

Lantas mengapa Muhammad memilih untuk tidak percaya?

"Itu bukan soal kita ingin atau tidak ingin beriman," kata Muhammad.

"Seperti Anda memahami persamaan Newton untuk gravitasi, jika Anda memahaminya maka Anda memahaminya. Sesudahnya, Anda tidak bisa lagi tidak memahaminya."

Muhammad menyebut keluarganya 'relatif liberal', khususnya ibunya, yang pikirannya sangat terbuka.

Jadi dia memutuskan untuk menyampaikan kepada keluarga bahwa dia sudah menjadi seorang mantan-Muslim. Tidak seketika, namun sekitar satu atau dua bulan kemudian.

"Mereka jelas terkejut dan terguncang," kenang Muhammad.

Baca juga Heboh, Beredarnya Foto Pertemuan Klub Ateis di Malaysia

Bagi sejumlah umat Muslim, keluar dari agama adalah kejahatan. Sebuah laporan tahun 2016 menyebutkan menjadi murtad, ateis atau tidak beragama -pada prinsipnya- diancam dengan hukuman mati di 13 negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Setelah menyadari dia tidak lagi beriman, Muhammad bersikap terbuka dengan mengatakan kepada teman-temannya tentang keyakinannya yang baru.

Dia akhirnya berkenal dengan mantan-Muslim lainnya, Sarah Haider.

Dalam sebuah acara, Muhammad berjumpa dengan Sarah Haider, seorang perempuan yang lahir di Pakistan dan dibesarkan di Texas. Dia menanggalkan Islam ketika berusia '15 atau 16 tahun.'

Sarah waktu itu juga belum pernah bertemu dengan mantan-Muslim yang lain.

"Ketika saya mengetahui Muhammad adalah ateis, saya tidak percaya."

"Saya pikir itu cuma bercanda. Ketika saya tahu bahwa memang dia ateis, saya sangat tercengang."

Sarah menggambarkan orang tuanya sebagai 'konservatif jika dibanding dengan orang tua Barat umumnya', namun tergolong liberal dibanding orang tua Muslim.

"Mereka tidak pernah menzalimi saya. Namun mereka juga tidak pernah gembira dengan pilihan saya ini. Saya ditekan dalam setiap langkah," kenangnya.

"Prosesnya panjang bagi mereka untuk memahami bahwa ini merupakan pilihan intelektual dan bahwa mereka perlu sedikit menghormati hal itu. Namun mereka akhirnya memahami -sementara banyak orang tua mantan-Muslim yang tidak begitu."

"Saya tahu ada mantan-Muslim yang sama sekali tidak berhubungan lagi dengan keluarganya, baik karena ketakutan akan mendpat kekerasan fisik maupun hukuman atau karena keluarga sudah membuang mereka."

Setelah saling bertemu, Muhammad dan Sarah memutuskan untuk berkenalan dengan mantan-Muslim lainnya.

"Sarah pikir tadinya dia hanya satu-satunya," kata Muhammad. "Kami berpikir mungkin ada yang lain lagi seperti kami."

Di beberapa negara, menjadi ateis atau tidak beragama, tergolong sebagai pelanggaran hukum.

Lewat obrolan sana sini dan forum internet, mereka membangun satu jaringan kecil yang tidak mengikat di kalangan mantan-Muslim dan mengambil langkah lebih lanjut: bertemu langsung.

Muhammad berupaya membujuk mereka lewat telepon. Namun ia tetap berhati-hati dan khawatir jika kaum Muslim radikal akan menemukan tempat berkumpulnya mereka dan menyerang.

"Amat menakutkan," kenang Sarah.

Pertemuan lainnya berlangsung di bar, cafe, dan restoran di kawasan Kota Washington. Ada yang sampai menempuh perjalanan enam jam untuk datang lalu menempuh perjalanan pulang enam jam lagi.

Beberapa orang ternyata menghadapi pengalaman sangat buruk karena mengaku murtad, dan hampir di setiap pertemuan ada yang menangis.

"Ketika kami melihat tingginya kebutuhan pertemuan, kami pikir perlu untuk melakukan lebih jauh lagi," kata Muhammad.

Mereka lantas memutuskan untuk memperluas pertemuan ke kota-kota lain. Pada musim gugur 2013, Muhammad dan Sarah menciptakan lembaga Mantan-Muslim di Amerika Utara atau Ex-MNA, yang secara terbuka menampung orang-orang murtad.

Empat tahun berjalan dan jaringan yang dikembangkan Muhammad dan Sarah -yang dikelola para sukarelawan dengan mengandalkan sumbangan- sudah memiliki sekitar 1.000 orang mantan-Muslim di 25 kota di Amerika Utara.

Terkadang ada yang menelepon saat tengah malam, ada pula yang mengaku ingin bunuh diri.

Ada yang mengatakan setelah mengaku kepada keluarganya bahwa dia murtad, dia ditodong pistol di kepalanya. Ada pula orang yang kemudian dipaksa untuk ikut ritual ruqyah atau semacam pengusiran setan.

Kemudian ada seorang pria yang karena khawatir akan keselamatannya sampai meninggalkan keluarga, yang kemudian malah menyewa detektif swasta untuk mencarinya sehingga dia harus berpindah-pindah sampai enam kali dalam waktu 18 bulan.

Kelompok Mantan-Muslim Amerika Utara, Ex-MNA, menawarkan bantuan lewat berbagai jalan.

"Jika mereka ingin berbicara, kami biasanya menghubungkan mereka dengan seseorang, dari kelompok usia yang serupa, orang yang lebih bisa memahami mereka," kata Muhamad.

"Sering kali diperlukan etnis yang sama. Jadi misalnya, orang Saudi kan bisa memahami orang Saudi lain dengan lebih baik. Di tempat kami ada orang dari sekitar 40 latar belakang etnis berbeda."

Ex-MNA juga menawarkan bantuan yang praktis.

"Ada seorang anak perempuan, yang orangtuanya tidak membolehkan dia sekolah. Dia belajar di rumah, dan karena ditentukan akan segera menikah jadi dia tidak tidak bisa melanjutan studi ke perguruan tinggi. Dia ingin lepas dari itu semua. Dia ingin memiliki kehidupan," jelas Muhammad.

"Kami berhasil menghubungkan dia dengan orang yang punya tempat dan sofa yang bisa dia gunakan. Tidak besar, namun bagi seseorang yang tidak punya apa-apa, itu besar sekali artinya."

Mereka jelas mendapat ancaman.

"Biasanya lewat email atau media sosial," terang Muhammad.

"Orang-orang yang memaki-maki di internet. Lalu ada orang yang melontarkan ancaman yang tampak serius. Sejumlah orang memang terbukti merupakan ancaman nyata."

"Saat pertama kali menelepon polisi. Mereka tidak memahami masalahnya sama sekali. Namun polisi menghubungkan kami dengan FBI dan mereka memahaminya."

Apakah Muhammad yakin dengan pilihannya?

"Tentu saja. Anda harus mengkaji risikonya. Anda harus menghitung apakah risiko itu sepadan atau tidak," jelas Muhammad.

"Namun tidak ada jalan lain. Harus ada yang mengambil peluang itu. Harus ada yang mewujudkannya."

Lantas kenapa Muhammad melakukannya? Dia bisa saja hidup ‘biasa-biasa saja’ dan hidupnya akan lebih mudah.

"Sejujurnya saya tidak melihat jalan lain. Tidak ada orang yang melakukan hal ini, bahkan di berbagai penjuru dunia lainnya," katanya.

"Kami berada di tempat yang tepat, waktu yang tepat, dan saya punya mentalitas yang tepat."

"Bisa saya katakan, memang begitulah saya dibesarkan. Jika ada yang menghadapi masalah, kita kan berusaha membantunya," tandas Muhammad.



Hi guyss..
Terimakasih sudah berkunjung ke BERNAS.id yaa..

Sekarang, BERNAS Group sekarang membangun #ViralTeam di seluruh desa di
Indonesia melalui program #ViralDesa,

Ingin Produk dan Jasa di desamu terkenal? Kumpulkanlah 20 Orang untuk dilatih langsung Praktek ilmu #DigitalViralMarketing sekaligus, buat kalian bisa mendapatkan #RezekiDigital lewat #GotongRoyongDigital ya Guysss...

Mari menjemput #RezekiDigital, Menjadi 10-20 orang yang kami latih di BERNAS Group, untuk menjadi pengusaha Digital 2020#ViralDesa #Viralincome #ViralKomisi https://bernas.info/ViralDesa


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Ekonomi

Tips Jitu Renovasi Rumah yang Hemat dan Memuaskan

BERNAS.ID - Setelah bertahun-tahun, rumah kita bisa saja terlihat sumpek dan kusam. Hal ini terjadi karena beberapa bagian melapuk, memburuk kondisinya, dan kurang perawatan.  Seringkali kita berpikir untuk melakukan renovasi rumah, ...

DIY

Sabtu Malam, Terjadi Erupsi Gunung Merapi Lagi

BERNAS.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali memberikan keterangannya terkait terjadinya erupsi Gunung Merapi, pada Sabtu (28/3/2020) malam. Hari ini hingga pukul 20.00 WIB, G ...

DIY

Ribuan Rapid Test Covid19 dari Pusat Telah Tiba di Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Gugus Tugas Covid19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan informasi terbaru terkait perkembangan Covid19 per tanggal 28 Maret 2020 pukul 16.00 WIB. Sampai saat ini, sudah ada 154 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ya ...

DIY

Tiga Erupsi Terjadi, BPPTKG: Kemungkinan Masih Terjadi Sewaktu-waktu

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali memberikan keterangannya terkait terjadinya tiga erupsi Gunung Merapi. Tiga erupsi terjadi pada hari Jumat (27/3) pukul 10.46 WIB dan ...

Ekonomi

Tutorial Mendapatkan 1000 Point dan Cara Mencairkan Income dari Viral Bernas

BERNAS.ID - Saat ini Anda sedang berada di era digital. Hampir semua orang di berbagai belahan dunia mengenal dunia digital, terlebih untuk pemasaran bisnis melalui digital marketing. Sebagai upaya membantu masyarakat luas mengembangkan ...

Lifestyle

Tips Memilih Furniture untuk Rumah Kecil

BERNAS.ID - Tanah makin mahal. Harga properti melangit. Itu yang membuat orang dengan budget terbatas jadi harus memilih. Kalau tidak rumah mungil, ya rumah vertikal atau apartemen. Ini yang membuat rumah tipe 36 laris manis. Apartemen tipe ...

Ekonomi

Sebelum Anda Membeli Rumah, Cek Dulu Kualitasnya dengan 4 Cara Ini

BERNAS.ID - Sebelum membeli rumah, baik rumah baru maupun rumah seken, Anda harus memastikan banyak hal. Mulai dari kenyamanan, keamanan, dan yang tidak boleh dilupakan adalah estetika bangunan. Pastikan kualitas bangunan baik, agar Anda ti ...

Kesehatan

Jateng Terima Alat Rapid Test, Ganjar Pranowo: ODP Paling Utama

BERNAS.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan alat rapid test sudah tiba di Jawa Tengah pada Kamis (26/3/2020) lalu. Kabar baik ini disampaikan oleh Ganjar melalui Twitter.  "Suplai energi dr Pemerintah Pusa ...

Ekonomi

6 Keluhan Konsumen Properti yang Harus Diantisipasi Developer

BERNAS.ID - Berdasarkan data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), konsumen properti ternyata termasuk yang paling sering mengeluhkan produk yang mereka beli. Dari tahun ke tahun pengaduan yang dilaporkan ke YLKI juga terus bertambah, ...

Lifestyle

Cara Mendekorasi Rumah Tipe 36 Agar Tampak Elegan dan Mewah

BERNAS.ID - Desain rumah sederhana tipe 36 tentu tidak akan memiliki visualisasi interior semewah rumah-rumah tipe besar. Namun, dengan sedikit kreativitas dan keterampilan dekorasi, serta penerapan berbagai elemen dekoratif dan piliha ...

Daerah

Ramai Pasang Spanduk Tutup Jalan, Warga di Sleman Inisiatif #LockdownLokal Desa

BERNAS.ID - Meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia membuat masyarakat makin berhati-hati. Selain berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan kini masyarakat juga menerapkan lockdown lokal di desa. Upaya penc ...

Lifestyle

7 Trik Menata Ruang Tamu Sempit Agar Tampak Lebih Luas

BERNAS.ID - Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang besar dan luas. Selain lebih lega dan nyaman, lahan yang besar dan luas sangat mudah didekorasi agar rumah lebih indah. Tetapi, bagaimana jika rumah tempat tinggal kita saat ini lahan ...

Hukum dan Kriminal

Mayat di Flyover Jombor, Ternyata Warga Kotagede Yogyakarta

SLEMAN, BERNAS.ID- Mayat yang ditemukan pada hari Kamis sore (26/3) di bawah Flyover Jombor sisi barat Ringroad Utara Sendangadi Mlati Sleman sekira pukul 16.15 WIB merupakan warga Kotagede Yogyakarta. Mayat berjenis kelamin laki-laki itu b ...

Pendidikan

5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Dijadikan Bisnis Sambil Kuliah

  BERNAS.ID – Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas cocok dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki banyak waktu tapi tidak bia terikat sepenuhnya. Perusahaan atau pemakai jasa pun senang mempekerjakan mahasiswa, bukan ka ...

Ekonomi

5 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah

BERNAS.ID - Saat menjual rumah, harga tanah dan bangunan memang menjadi patokan. Namun keindahan rumah menjadi nilai tambah yang sangat berarti. Mungkin selama ini Anda terpaku pada harga tanah dan bangunan saat ingin menjual rumah. Tapi ...

DIY

Merapi Erupsi Setinggi 5000 Meter

SLEMAN, BERNAS.ID- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali mengeluarkan informasi terkait Gunung Merapi yang mengeluarkan awan panas letusan. Terpantau kolom awan panas setinggi kurang lebih 5000 m ...

Ekonomi

3 Resep Kuliah Sambil Bisnis Ala Kaesang Pangarep

BERNAS.ID – Jika ingin mencari contoh sukses seseorang yang berhasil kuliah sambil bisnis, rasanya tidak salah jika sosok Kaesang Pangarep lah orangnya. Sebagai putra seorang presiden tidak lantas membuat Kaesang mempunyai banyak keis ...

Ekonomi

Keuntungan Investasi Tanah Kavling

BERNAS.ID - Tanah Kavling memiliki lokasi tanah yang dapat dipetak-petakkan secara rapih sesuai ukuran dan standar tertentu. Biasanya tanah kavling dijual kembali oleh pengembang dengan harga yang lebih tinggi. Semakin strategis tanah ka ...

Ekonomi

Jokowi Ajak Negara G20 Menangkan Peperangan Melawan Covid-19 dan Pelemahan Ekonomi

BOGOR, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Kamis (26/3/2020) malam. Presiden yang bar ...

Ekonomi

Apa Saja Perizinan yang Dibutuhkan Pengembang Properti?

BERNAS.ID - Sebelum memulai merintis bisnis properti, sebaiknya Anda telah memastikan berbagai surat izin perumahan yang diperlukan telah disiapkan.  Pemerintah meninjau ulang perizinan untuk membantu program sejuta rumah dari 40 pe ...

Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 Jadi 893 Kasus, Ini Permintaan Wapres Ma'ruf Amin

BERNAS.ID - Pemerintah menyampaikan pasien yang positif terjangkit virus corona (Covid-19) mencapai 893 kasus per Kamis (26/3/2020). Terjadi lonjakan sebanyak 103 kasus dari 790 kasus pada Rabu (25/3/2020). Sedangkan angka kematian ter ...

Ekonomi

Terkuak! 5 Penyebab Properti Susah Laku

BERNAS.ID - Mungkin Anda pernah melihat properti dijual yang membutuhkan waktu bertahun-tahun, sebelum akhirnya laku. Atau mungkin Anda sendiri pernah mengalami properti dijual yang susah laku? Menjual properti memang bukan perkara mudah ...

Lifestyle

Hadapi Corona dan Duka, Dukungan #KeepStrongMyPresident untuk Jokowi

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo yang sedang bekerja menangani pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia harus menerima kabar duka, ibunya Sudjatmi Notomihardjo meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (25/3/2020) sore. Diketahui ...

DIY

Pendatang Masuk ke Jogja Akan Diisolasi 14 Hari dan Dites Corona

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X memutuskan untuk mengisolasi pendatang yang datang ke Yogyakarta selama 24 hari. Pemerintah daerah DIY juga akan memfasilitasi pendatang untuk te ...

Lifestyle

Duka di Tengah Pandemi Covid-19, Ini 3 Fakta Jokowi Tak Abaikan Physical Distancing

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo kehilangan ibundanya Sudjiatmi Notomiharjo saat sedang memikirkan rakyat menghadapi pandemi virus corona di Indonesia. Ibundanya meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020, pukul 16.45 di Solo, Jawa Tengah. Pr ...

Ekonomi

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Properti?

BERNAS.ID - Beberapa orang mungkin masih belum mengerti kapan waktu yang tepat untuk membeli properti. Selain harga yang terus meningkat, membeli properti merupakan sebuah keputusan besar dimana Anda harus berpikir matang-matang sebelum men ...

Daerah

Ibunda Meninggal, Presiden Jokowi: Saya Memohonkan Doa dari Jauh

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka dari keluarganya, yakni ibu kandungnya Sudjiatmi Notomihardjo, Rabu (25/3/2020). Kabar itu disampaikannya lewat akun Instagram pribadinya @jokowi. Ibunda Presiden meninggal dunia di u ...

Ekonomi

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Penyebab Harga Properti Turun

BERNAS.ID - Harga properti memang cenderung naik tiap tahun, hal ini menyebabkan banyak orang berinvestasi di properti. Ketimbang uangnya dideposito atau ditabung di bank mereka berpikiran lebih baik dibelikan properti seperti tanah, rumah, ...

Daerah

Fahri Hamzah Hingga Anies Baswedan Ucapkan Belasungkawa kepada Jokowi

BERNAS.ID - Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomihardjo meninggal dunia di Solo pada Rabu, 25 Maret 2020 pukul 16.45 WIB. Di saat tugas yang berat menangani virus corona di Indonesia, pria yang akrab disapa Jokowi itu harus ...

Ekonomi

Risiko Jual Beli Tanah yang Perlu Anda Ketahui

BERNAS.ID - Menjalankan bisnis merupakan aktivitas yang banyak dilakukan orang, barangkali Anda juga. Di antara berbagai jenis bisnis yang menjanjikan, jual beli tanah dianggap menjadi salah satu yang paling menguntungkan. Tapi ternyata, ...

Pendidikan

4 Kebiasaan Belajar Mahasiswa yang Bikin Kangen

Bernas.id – Saat kampus resmi mengumumkan bahwa kuliah dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran virus corona maka berbagai kebiasaan belajar mahasiswa pun ikut terhenti. Mahasiswa gemar mengerjakan segala sesuatu bersama-s ...

Budaya

Jokowi: Bukan Hanya Umat Hindu, Segenap Umat Beragama Turut Menyepi

BERNAS.ID - Perayaan Hari Raya Nyepi 2020 Tahun Baru Saka 1942 harus dilakukan dengan suasana yang berbeda akibat pandemi virus corona. Presiden RI Joko Widodo pun menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia karena perayaan Nyepi ...

Budaya

Pandemi Corona, Hari Raya Nyepi yang Sepi Tanpa Ogoh-Ogoh

BERNAS.ID - Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi 2020 atau Tahun Baru Caka 1942, Rabu (25/3/2020). Di Indonesia, Bali merupakan wilayah dengan umat Hindu terbanyak. Sehingga selama Hari Raya Nyepi, tidak ada aktivitas di Bali termasuk ...

DIY

Sepinya Pusat Keramaian Jogja di Masa Corona

YOGYA, BERNAS.ID - Pandemi Covid19 telah membuat suasana masyarakat di Jogja berubah. Kota pendidikan dan pariwisata ini kini menjadi sepi. Sejumlah titik lokasi yang biasanya penuh orang dan kendaraan berubah menjadi sangat sepi. ...

DIY

Cegah Epidemi Virus Covid-19, Ponpes Miftahusallam Tanamkan Perilaku Bersih dan Sehat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) Pondok Pesantren Miftahussallam Yogyakarta terapkan perilaku bersih dan sehat kepada seluruh santri dan jamaah di acara Dzikir Munajat yang digelar di Sendan ...

Politik

Prioritaskan Rakyat dan Tim Medis, Anggota DPR Tolak Tes Massal Covid-19

BERNAS.ID - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat beserta anggota keluarga bakal menjalani tes deteksi virus corona (Covid-19) pada pekan ini. Rupanya, berbagai fraksi DPR RI meminta supaya rencana tersebut dibatalkan. Fraksi PKS, PAN, NasDem, me ...

Lifestyle

Mahfud MD: Sesuai Kearifan Lokal, Social Distancing Jadi Physical Distancing

BERNAS.ID - Pemerintah mengubah istilah social distancing menjadi physical distancing. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Perubahan istilah ini karena ...

DIY

Musibah Virus Corona, Gubernur DIY Sampaikan Pesan #SapaAruhSriSultanHBX

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwana X menyampaikan kepada warga DIY terkait cobaan pandemi virus corona Covid-19). Lewat Sapa Aruh "Cobaning Gusti Allah awujud Virus Corona", ...

DIY

Beberapa Perjalanan KA Dibatalkan Akibat Covid-19

YOGYA, BERNAS.ID - Pandemik Covid-19 menyebabkan PT KAI Daop 6 membatalkan sebagian perjalanan kereta api, baik KA jarak jauh maupun KA lokal. Pembatalan jadwal perjalanan kereta api tersebut berlaku mulai 23 Maret hingga 31 Maret 2020. ...

DIY

Pesan Penting Sultan Pada Masyarakat Jogja Terkait Pandemik Covid-19

YOGYA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyapa warga Yogyakarta dengan memberikan pernyataan mengenai wabah pandemik Covid-19 yang sedang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lewat agenda Sapa Aruh "Cobanin ...

Kesehatan

Akhirnya Muncul, Menkes Terawan: Pasien Covid-19 Bergejala Ringan Diisolasi di Wisma Atlet

BERNAS.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyampaikan Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat bagi pasien Covid-19. Namun, ribuan kamar yang disiapkan itu untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Wisma Atlet ...

Kesehatan

4 Tips Lindungi Paru-Paru Saat Polusi Udara

  BERNAS.ID – Kasus positif corona atau covid-19 di Indonesia per Minggu (22/3/2020) mencapai angka 541. Oleh karena itu, seruan untuk #stayathome atau #dirumahaja semakin gencar dilakukan untuk menekan persebaran virus corona ...

Lifestyle

Jalani Isolasi Akibat Covid-19, Andrea Dian: Kami Semua Butuh Pertolongan!

BERNAS.ID - Artis Andrea Dian menyampaikan bahwa dirinya positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Kabar mengejutkan ini disampaikan langsung lewat akun Instagram pribadinya @andreadianbimo pada Minggu (22/3/2020). Kini, ia menjalani isol ...

Ekonomi

5 Alasan yang Menyebabkan Bisnis Properti Anda Bangkrut

BERNAS.ID - Menjalani bisnis properti bisa dibilang susah-susah gampang. Di satu sisi, tingginya kebutuhan masyarakat akan properti seperti apartemen, rumah, dan ruko menjadikan bisnis ini ladang yang basah untuk mendulang banyak uang. ...

Ekonomi

Cara Menentukan Harga Sewa Rumah Agar Tak Rugi

BERNAS.ID - Sejak lama properti dijadikan instrumen investasi yang menggiurkan, jika dibandingkan dengan deposito ataupun emas investasi properti dianggap lebih aman dan menjanjikan keuntungan yang lebih besar. Salah satu keuntungan dari ...

Kesehatan

Tanpa Gejala Anak Muda Bisa Tularkan Covid-19, IDI: Stay At Home!

BERNAS.ID - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyampaikan anak-anak muda perlu membatasi diri di rumah daripada keluar rumah. Hal ini karena anak usia muda bisa menularkan virus corona kepada orang lain meski tidak menunjukkan gejala sedang sa ...

Lifestyle

5 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris yang Fun

BERNAS.ID – Di era Revolusi Industri 4.0 memiliki kemampuan bahasa Inggris adalah keharusan. Setidaknya, dalam 10 skill yang kamu harus bisa, bahasa Inggris adalah salah satunya. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, pelajaran bahasa I ...

Ekonomi

Tips Investasi Properti saat Resesi Ekonomi

BERNAS.ID - Kondisi resesi ekonomi merupakan blessing in disguise bagi sebagian investor properti. Lantaran, di saat seperti ini, pengembang banyak memberikan kemudahan kepada konsumen. Membeli properti selama masa resesi, bisa menjadi p ...

Pendidikan

6 Hal Unik yang Harus Kamu Tahu tentang English Cafe

BERNAS.ID - English Cafe adalah lembaga kursus bahasa Inggris dengan konsep cafe pertama di Indonesia. Biasanya kamu ke cafe untuk nugas, nongkrong, dan ngopi, sekarang bisa plus belajar bahasa Inggris. English Cafe berdiri sejak tahun 2 ...

Ekonomi

Berencana Membangun Rumah? Perhatikan 4 Hal Ini Agar Biaya Tak Membengkak

BERNAS.ID - Membangun sebuah rumah baru memang memakan waktu lebih banyak dibandingkan membeli yang sudah jadi. Namun, memulainya dari awal, memberikan keleluasaan bagi Anda untuk bereksplorasi dengan desain yang diinginkan. Gambaran rumah ...