Persekusi atau Perundungan dari Sudut Pandang Psikologi Sosial

Aloysia Nindya Paramita - Paulus Yesaya Jati
07 Desember 2017

Juneman Abraham, Pakar Psikolog Sosial, Universitas Bina Nusantara (sumber foto: istimewa)

Bernas.id - Persekusi akhir-akhir ini kini menjadi kata yang identik dengan kekerasan, tak beradab, sadis, keji, dan bar-bar karena melakukan tindakan atas dasar amarah. Naluri liar tak berperikemanusiaan pun yang dikedepankan. Hukum pun menjadi tak dipedulikan. Meskipun polisi sudah berusaha keras meminimalisir, tapi tetap timbul aksi persekusi ini.  Bahkan dalam bentuk yang lebih sadis lagi. Antara lain membakar orang yang dituduh mencuri pengeras suara di salah satu mesjid di Jakarta.  Atau baru-baru ini ada persekusi yang dilakukan oleh Ketua RT dan RW karena menganggap ada orang yang melakukan perbuatan tak senonoh.

Sebelum marak persekusi akhir-akhir ini, pada Mei 2014, tindak persekusi pun juga pernah terjadi di Yogyakarta. Saat itu, sekelompok orang tidak dikenal melakukan penyerangan di rumah direktur Galang Press, Julius Felicius, Kamis (29/5/2014) malam sekitar pukul 21.30 WIB di Ngalik, Sleman, yogyakarta. Ketika itu, rumah Julius sedang mengadakan acara doa bersama, tiba-tiba 8 orang tak dikenal, datang dan mengobrak-abrik motor yang terparkir di rumah Julius dengan beringas. Julius yang sedang berada di kantor pun mendengar rumahnya diserang langsung pulang ke rumah. "Saat itu saya sedang ada di kantor dan langsung pulang ke rumah," ujar Julius.

Setiba di rumahnya, Julius pun langsung di keroyok oleh 8 orang tersebut dan dipukul menggunakan besi panjang di bagian bahunya. Akibatnya, Julius menderita luka di bagian bahu hingga berdarah. Selain melakukan pengrusakan rumah, para pelaku juga menganiaya Michael Aryawan wartawan Kompas TV yang sedang meliput kejadian tersebut.

Ketika dihubungi Bernas, Senin (20/11), Juneman Abraham, Pakar Psikolog Sosial, Universitas Bina Nusantara menyebut perundungan (persekusi-red) sebenarnya sudah berlangsung lama. "Marak"-nya perundungan lebih merupakan fakta statistik berkat kesadaran yang meninggi pada masyarakat, yakni kesadaran untuk mengenali, mendeteksi, mencegah, melaporkan, dan menangani perundungan.

Simak Uraiannya:

Penyebab terjadinya perundungan ada bermacam-macam. Misalnya, dalam penelitian saya bersama Mutiara Pertiwi yang diterbitkan di Jurnal Sosiokonsepsia (2012) milik Kementerian Sosial, kami menemukan bahwa pola asuh berhubungan dengan kecenderungan seseorang menjadi pelaku dan/atau korban perundungan. Pola asuh otoriter membentuk kecenderungan anak menjadi pelaku pembulian, sedangkan pola asuh otoritatif membawa anak untuk tidak terlibat baik sebagai pelaku maupun korban perundungan. Masih banyak faktor lain, seperti faktor psikologis (misal, rendahnya empati, sejarah diri sebagai korban/pelaku kekerasan, humor yang abusive, kepribadian yang tidak adaptif), dan faktor psikososial (misal, saksi/penonton perundungan yang tidak asertif atau bahkan tidak peduli akan menyuburkan perundungan, pengentalan identitas sosial tanpa dibarengi berpikir-kritis).

Struktur dan sistem sosial secara luas juga dapat berperan. Sebagai contoh adalah "kultur perundungan" atau pun "kultur yang mengarah pada perundungan" dengan berbagai bentuknya. Saat saya menjawab wawancara ini, belakangan ini dalam beberapa WhatsApp group yang saya ikuti, saya memperoleh sebuah meme yang bunyinya sebagai berikut: "Untuk Bapak/Ibu 'Guru' yang sedang membuat soal UAS, 'Barangsiapa yang mempersulit orang lain, maka Allah akan mempersulitnya pada hari kiamat'" 

Meme tersebut menceritakan pada kita tiga buah hal sehubungan dengan perundungan. Pertama, adanya persepsi di kalangan siswa bahwa mereka 'dirundung' oleh gurunya melalui soal ujian. Kedua, meme itu sendiri merupakan wujud 'perlawanan' siswa/mahasiswa terhadap otoritas (guru/dosen) yang disebarluaskan secara masif, dibuat anonim, dan menyerang secara tidak langsung (tidak menyebut nama tertentu). Ketiga, media sosial sebagai saluran penyebaran meme telah menjadi wilayah "penempatan dan pertarungan kekuasaan/kekuatan" tersendiri, yang khususnya dimanfaatkan oleh generasi milenial dan melek-teknologi dengan berbagai kreativitasnya. Memang, tidak sedikit kita membaca berita tentang hubungan antara guru/dosen dan mahasiswa yang diwarnai oleh "adu kekuatan" semacam ini, bahkan ada yang berujung pada pembunuhan (terhadap dosen) dan juga bunuh diri (oleh siswa/mahasiswa). Inilah sesungguhnya dinamika perundungan masa kini.

Kultur perundungan juga terjadi saat warga merasa dipesulit saat mengurus surat-surat di kantor-kantor administrasi Pemerintah. Ada sebuah ungkapan di masa lalu ketika istilah KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) semakin populer, yakni "Jika bisa dipersulit, mengapa harus dipermudah? Kita saja dulu sulit, mengapa sekarang mereka harus mudah?". Kita melihat juga melalui media sosial betapa marahnya Ibu Risma, Walikota Surabaya, mendapati kenyataan bahwa warganya kesulitan mengurus KTP elektronik di sebuah kantor pemerintah di wilayahnya. Saya menyebut ini sebagai sebuah contoh dari perundungan birokratik, yang harus dijawab secara tuntas dan tandas oleh reformasi birokrasi.

Jelas akibatnya bagi korban perundungan yaitu penderitaan fisik, batin, dan sosial. Secara psikologis, harga diri dan perasaan kontrol diri mengalami gangguan yang serius. Secara sosial, ada kerentanan untuk dikucilkan dan melakukan balas dendam namun bersifat pemindahan (displacement), yakni merundung orang lain lagi yang lebih lemah. Semuanya berujung pada ketidakbahagiaan sebagai manusia dan pengosongan potensi manusia. Sementara itu, pelaku perundungan rentan untuk terus-menerus melestarikan perilakunya dengan peningkatan kadar yang semakin serius. Intinya adalah pelaku ingin terus meningkatkan kekuasaan dan kenikmatan (termasuk popularitas di kalangan sebaya) yang diperoleh dari perundungan demi perundungan. "Mabuk kekuasaan" dalam sejumlah studi juga berhubungan dengan penyalahgunaan miras dan perilaku seksual eksesif.

Kasus-kasus negatif di atas dipelajari oleh generasi berikutnya. Menurut hemat saya, ada tiga pangkal masalah di sini, yakni: Pertama, penggunaan kekuatan/kekuasaan yang tidak bijaksana. Kedua, ketidakterampilan menyelesaikan masalah secara beradab. Ketiga, penggunaan media sosial yang tidak dilandasi dengan kesadaran tanggung-gugat.

Dengan mewabahnya penggunaan media sosial, saya menduga bahwa perundungan maya dan perundungan yang berlanjut dari situasi dunia maya akan menjadi dominan pada zaman ini. Kesadaran tanggung-gugat, yang berarti siap menghadapi gugatan baik perdata maupun pidana, perlu dibangun sebagai salah satu solusi untuk meminimalisasikan perundungan. Yang harus siap menghadapi gugatan bukan hanya pelaku tetapi juga orang-orang terkait di sekitar pelaku (misalnya, admin serta komunitas dari Group WhatsApp/Telegram). Jangan sampai terjadi orang yang merundung melalui media sosial malah mendapat 'reward' (berupa 'like', teks sorakan, dan sejenisnya). Instrumen dan penegakan hukum yang bersifat anti-perundungan merupakan bagian dari membangun kesadaran tanggung-gugat. Media sosial juga perlu memperlengkapi teknologinya untuk mendeteksi dan mencegah perundungan melalui teks, gambar, maupun video.

Hal di atas tidak berdiri sendiri karena harus dibarengi dengan kebijaksanaan ketika seseorang atau sekelompok orang sedang memiliki kekuatan atau berada di posisi yang berkuasa. Harus disadari bahwa kekuatan/kekuasaan ada di mana-mana sekalipun di media sosial yang tampaknya egaliter dan demokratis. Kebijaksanaan yang saya sebut itu tidak bisa ada dengan sendirinya, melainkan memerlukan edukasi atau pendidikan mengenai hakikat kekuasaan/kekuatan. Kuat dan/atau berkuasa dalam hal ini bukan hanya berarti kuat secara fisik atau banyak secara jumlah (mayoritas) atau memiliki follower lebih besar. Posisi-posisi dan peran-peran sebagai pejabat publik, orangtua, manajer, guru besar, ketua kelompok, dokter, psikolog, pemuka agama, dan sebagainya, adalah kental dengan kekuatan/kekuasaan. Banyak profesi dan peran yang memuat kekuasaan. Dalam hal ini, terminologi demokrasi yakni "check and balances" terhadap kekuasaan wajib diterapkan pada berbagai tingkat, baik struktural, kultural, maupun antarpribadi. "Audit kekuasaan" baik terhadap pejabat publik, orangtua, guru/dosen, pemuka masyarakat, ketua kelompok, dan sebagainya, merupakan usulan dari saya yang perlu dipikirkan mekanismenya untuk diimplementasikan di berbagai lini. Bagaimana kita mengaudit ketua kelompok? Siapa auditornya? Apa saja ukuran auditnya? Dan sebagainya. Saya berpendapat bahwa apabila kekuasaan tidak diaudit dan direfleksikan serta dikembalikan ke makna asalinya, yaitu pengembangan potensi menjadi aktualitas, maka kekuasaan akan cenderung korup dan disalahgunakan untuk merendahkan, menekan, dan mengecilkan orang atau pihak lain, sebagaimana terjadi pada perundungan, terlebih pihak lain yang berbeda identitas sosialnya, seperti terjadi pada persekusi.

Tetapi jika kekuasaan diperlakukan sebagai alat untuk mempengaruhi berbagai hal yang perlu agar orang lain dan masyarakat menjadi semakin sempurna (memenuhi potensi dirinya, secara eksistensial maupun secara etis), maka perundungan tidak akan mendapat tempat yang subur. Yang menjadi fokus adalah pertumbuhan dan perkembangan bersama, sehingga menginspirasikan cara-cara atau keterampilan menyelesaikan masalah yang menusiawi, bukan menuruti insting primitif/hewaninya, termasuk di dalamnya buka ruang untuk saling memaafkan dan rekonsiliasi. Mengapa hal yang terakhir itu penting? Pengkajian saya terhadap konsep Yurisprudensi Terapeutik di Jurnal Kajian Ilmiah Bhayangkara Jakarta Raya menunjukkan bahwa proses hukum dapat menghadirkan ekses penderitaan psikologis yang tidak perlu bagi pihak-pihak yang terlibat. Lagi-lagi, dalam menyelenggarakan sebuah prosedur keadilan, dibutuhkan kebijaksanaan. Kita tidak hendak mempertentangkan hukum dengan psikologi dalam menangani perundungan.


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Bisnis 1 Jam lalu

Ini Lho 8 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga, Nomor 3 dan 4 Bikin Untung Besar!

Bernas.id - Ingin punya penghasilan sendiri, tapi bingung karena urusan rumah tangga, punya anak kecil dan tak mungkin keluar rumah? Ini lho 8 ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang patut dicoba. Selain bikin nyaman, karena tidak harus kelu ...

Olahraga 2 Jam lalu

Kalahkan Imran, Stefer Sukses Mempertahankan Gelar Juara

JAKARTA, Bernas.id  - Petarung Indonesia sukses mempersembahkan kemenangan usai mengalahkan lawannya dalam perhelatan ONE Championship, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (20/1) malam. Dalam ajang ON ...

Ragam 8 Jam lalu

Istimewanya Masjid Jogokariyan di Daerah Istimewa Yogjakarta. Inilah Alasannya

Bernas.id - Masjid legendaris yang terletak di jalan Jogokariyan 36 kelurahan Mantrijeron kecamatan Mantrijeron Kota Jogja ini sudah sangat terkenal hingga seluruh Indonesia. Masjid yang dibangun pada tahun 1966 dan digunakan setahun s ...

Ragam 8 Jam lalu

Inilah Sisi Lain dari Pro dan Kontra Becak di Jakarta

Bernas.id - Kata becak berasal dari bahasa Hokkien, “Be Chia” yang artinya kereta kuda. Becak yang diperkirakan mulai tersebar di Indonesia sejak tahun 1930-an ini merupakan kendaraan hits pada jamannya yang ramah lingkunga ...

Nasional 14 Jam lalu

Pemerintah Amerika "Shutdown", Ini Dampak Bagi Indonesia Versi Hanafi Rais

JAKARTA, Bernas.id - Pemerintahan Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump resmi ditutup, setelah kubu Partai Demokrat dan Republik gagal mencapai kesepakatan anggaran federal, Sabtu 20 Januari 2018.  Penutupan pemerintah ...

Inspirasi 14 Jam lalu

Dari Dilan Hingga Meghan Markle: Hati-hati Stereotipe yang Menutup Mata Hati dan Kreasi

Bernas.id - Tahun 2018 ini penuh dengan berbagai kejutan peristiwa menarik. Diawali dengan berita diluncurkannya film Dilan 1990 di awal Januari ini, hingga pengumuman resmi dari Istana Kensington, Kerajaan Inggris yang memaklumatkan bahwa ...

Inspirasi 15 Jam lalu

Harry dan Meghan: LDR Manis ala Keluarga Kerajaan Inggris, Bagaimana Denganmu?

Bernas.id - Dunia seakan selalu menantikan berita dari para pangeran dan puteri Kerajaan Inggris. Terlahir sebagai urutan kelima pewaris tahta kerajaan Inggris, membuat Pangeran Harry sudah terekspos di berbagai media sejak masih dalam kand ...

Film 15 Jam lalu

Wah, Ini 3 Alasan Kenapa Banyak Cewek Ingin Dicintai Oleh Dilan!

Bernas.id - Bagian pertama dari sebuah trilogi besutan Pidi Baiq akhirnya naik ke layar lebar. Di bawah arahan sutradara Fajar Bustomi, pemeran utama Dilan yang dimainkan oleh Iqbaal Ramadhan dan Milea oleh Vanessa Priscilla, dianggap berha ...

Teknologi 18 Jam lalu

Xiaomi Keluarkan TV Android Seluas 50 Inci, Harganya Sungguh Terlalu!

Bernas.id – Sepertinya Xiaomi tidak pernah bosan menghancurkan pasar gadget dengan produk-produk mereka yang dibanderol dengan harga yang sangat miring. Baru-baru ini Indonesia sempat dikejutkan dengan Xiaomi yang merilis ...

Film 18 Jam lalu

Lara Croft Mencari Ayahnya Dalam Trailer Terbaru Tomb Rider

Bernas.id – Reboot film Tomb Raider yang akan dirilis bulan Maret 2018 diharapkan bisa membawa petualangan baru bagi karakter utama Lara Croft. Film Tomb Raider kali ini merupakan adaptasi dari video game dengan judul yang sama. Lara ...

Umum 19 Jam lalu

Efek Pemanasan Global, Suhu Bumi Meningkat dalam 3 Tahun Terakhir

Bernas.id – Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) Amerika Serikat menyebut, tahun 2017 adalah tahun terpanas ketiga setelah 2016 dan 2015. The Verge menyebut, kecenderungan suhu Bumi dalam jangka panjang meningkat 1,1 derajat ...

Nasional 22 Jam lalu

PDIP Sesalkan Akrobat Hukum MK

JAKARTA, Bernas.id - Ketua DPP PDIP Arteri Dahlan menyebut, keputusan Komisi Pemilihan Umum atau KPU dalam merevisi PKPU Nomor 7/2017 tentang verifikasi parpol akan keteteran, pasalnya akan terkendala dengan waktu. "KPU ak ...

Highlight 23 Jam lalu

Benarkah Pulau Ini Sedang Dijual? Ini Jawaban Detailnya!

Bernas. id - Mitos atau fakta jika pulau bisa dijual? Akhir - akhir ini terdengar isu dari sebuah situs bernama privateislandsonline.com yang diketahui menjual sebuah Pulau Ajab di Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau Ajab adalah sebuah Pula ...

Inspirasi 23 Jam lalu

Jangan Tunda Lagi, Kini Saatnya Mengubah Ruang Kerja Anda Jadi Surga!

Bernas.id - Apakah Anda pernah merasa buntu mendapatkan ide baru untuk deadline terdekat? Seolah Anda menginginkan waktu berlibur, namun ternyata jadwal padat tidak mengizinkan untuk sejenak menghirup udara segar. Kemudian Anda merasa ruang ...

Inspirasi 24 Jam lalu

Jangan Salah, Tukang Kredit Dapat Memperbaiki Ekonomi Indonesia yang Banyak Utang!

Bernas.id - Masih ingat kejadian fenomenal di tahun 1998, hampir sebagian belahan dunia mengalami krisis moneter (krismon) tidak terkecuali negara kita Indonesia. Rush besar-besaran terjadi dimana-mana sampai banyak pelaku usaha yang gulung ...

Film 24 Jam lalu

Sosok Dilan 1990: Serupa Tapi Tak Sama, Pergeseran Perilaku Remaja dari Masa ke Masa

Bernas.id - Bagi mereka yang bersekolah di jenjang SMA pada tahun 1990an, film Dilan 1990 memberi gambaran nostalgik bersekolah di Bandung pada era tersebut. Diambil dari sebuah trilogi yang bercerita tentang remaja pintar tapi bengal berna ...

Selebritas 1 Hari lalu

Berstatus Duda, Arie Langsung Meminang Ardina Rasti Tanpa Pacaran

Bernas.id – Artis peran Ardina Rasti bakal mengakhiri masa lajanganya, Sabtu (20/1/18). Ia telah menggelar pengajian pada Jumat (19/1/18). Ardina Rasti akan dinikahi artis peran Arie Dwi Andika yang menyandang status duda. Orang tu ...

Wisata 1 Hari lalu

Dua Event Internasional Ini Jadi Momentum Angkat 10 Destinasi Prioritas

JAKARTA, Bernas.id – Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan bertaraf internasional, yakni Asian Games 2018 dan Annual Meeting IMF. Dua acara internasional di tahun 2018 ini akan menjadi incaran penjualan paket 10 destinasi pariw ...

Selebritas 1 Hari lalu

Ayu Ting Ting Mau Nikah? Ini 4 Fakta yang Perlu Anda Tahu

Bernas.id – Pedangdut Ayu Ting Ting dikabarkan akan segera menikah. Kabar bahagia ini dibeberkan oleh perancang busana ternama sekaligus teman Ayu, yakni Ivan Gunawan itu. Benarkah Ayu Ting Ting akan mengakhiri masa jandanya di tahun ...

Nasional 1 Hari lalu

DPP Hanura: Sepanjang Bersama OSO, Kami Dukung Jokowi

JAKARTA, Bernas. id - Ketua Dewan DPP Partai Hanura Benny Rhamdani menduga ada agenda tersembunyi di balik kisruh yang terjadi di Partai Hanura. Benny yang berada di kubu Oesman Sapta Odang (OSO) itu menilai ada pihak yang tidak menginginka ...

Nasional 1 Hari lalu

Waktu Singkat, Revisi UU MD3 Demi Langgengkan Jabatan

YOGYAKARTA, Bernas.id - Pakar Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Dr. W. Riawan Tjandra  S.H., M.Hum mengungkapkan revisi UU MD3 yang saat ini diajukan DPR RI saat ini  punya maksud tertentu. “Perubahan di suatu a ...

Olahraga 1 Hari lalu

Kemenpora Lakukan Evaluasi untuk Resolusi Rencana Tahun 2018

BOGOR, Bernas.id-Menghadapi tahun 2018, Kemenpora mengaku sudah mempersiapkan rangkaian evaluasi untuk mempersiapkan program kerja yang akan dilakukan demi meraih hasil yang maksimal. Langkah itu dilakukan Kemenpora dalam Rapat Koordinas ...

Olahraga 1 Hari lalu

Kemenpora Optimis Bebas dari Status Disclaimer

BOGOR, Bernas.id-Kemenpora optimis pihaknya bisa bebas dari status disclaimer atau tidak menyatakan pendapat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), usai melakukan evaluasi secara menyeluruh. Hal itu disampaikan Menpora Imam Nahra ...

Nasional 2 Hari lalu

Idrus Marham dalam "Genggaman" Jokowi. Masih Tajamkah "Kuku" yang Pernah Mencabik?

Bernas.id - Apakah benar keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, menjadi Menteri Sosial adalah ancang-ancangnya menghadapi Pilpres 2019? Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Muhamm ...

Highlight 2 Hari lalu

Gedung BEI Ambruk, Ini 5 Pihak yang Bertanggung Jawab!

Bernas.id - Ambruknya selasar gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) hari senin  tanggal 15 Januari lalu masih menyisakan pertanyaan siapa yang bertanggung jawab. Berbagai spekulasi beredar di tengah masyarakat. Pihak kepolisian pun masih m ...

Properti 2 Hari lalu

Anies: Rumah DP 0 Rupiah Tak Bisa Diperjualbelikan

JAKARTA, Bernas.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan ada persyaratan lain yang harus disetujui pemilik rumah down payment (DP) 0 rupiah. Anies menyebutkan warga tidak bisa menjual kembali rumah tersebut ke ...

Nasional 2 Hari lalu

Perhatikan! Taksi Online Tak Penuhi Persyaratan Permenhub Bakal Ditilang

JAKARTA, Bernas.id – Kementerian Perhubungan masih menertibkan taksi online. Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan pihaknya bersama kepolisian akan mulai menindak tegas taksi online yang melanggar Peraturan Menteri Perh ...

Nasional 2 Hari lalu

Kereta Api Buatan Indonesia Dipesan Negara Asia-Afrika

MADIUN, Bernas.id – PT Industri Kereta Api (INKA) menerima banyak pesanan kereta api dari beberapa negara di kawasan Asia dan Pasifik. Ada negara yang sudah berulang kali memesan kereta api buatan anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ...

Nasional 2 Hari lalu

Jelang Pilkada, Awas Uang Palsu Beredar

SEMARANG, Bernas.id - Bank Indonesia kantor wilayah Jawa Tengah memperingatkan perbankan dan industri keuangan untuk lebih berhati-hati tentang kemungkinan beredarnya uang palsu pada Pilkada serentak 2018. BI pun meminta agar semua ...

Nasional 2 Hari lalu

Ini yang Terjadi Kalau Cantrang Terus Dibiarkan

Bernas.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang penggunaan alat penangkapan ikan, yakni cantrang. Ia pun sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 72/MEN-KP/II/2016 tentang larangan penggunaan cantrang untuk mengambil ...

Nasional 2 Hari lalu

Serba Digital, Jokowi Dorong Dunia Industri Dalam Negeri Ikuti Tren Ini

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo mengingatkan soal perkembangan dunia industri yang terus berkembang cepat seiring perkembangan teknologi informasi. Memasuki era industri keempat atau era industri yang serba digital membuat b ...

Nasional 2 Hari lalu

Menperin Pastikan Kemudahan Impor Garam Industri

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah akan memprioritaskan impor garam industri. Pihaknya akan memberikan kalangan industri untuk mengimpor garam. "Garam untuk indust ...

Nasional 2 Hari lalu

Setelah Reshuffle Kabinet Jilid III, Ini Kata Ketua MPR

KUNINGAN, Bernas.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan menyampaikan institusinya menghormati keputusan Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet. Sebab, perombakan kabinet merupakan hak perogratif Presiden ...

Teknologi 2 Hari lalu

Rusia Ingin Ciptakan Jaringan Internet Tandingan

Bernas.id – Internet bak dunia yang tidak mengenal batas. Pasalnya di internet, siapapun bisa berkomunikasi dan bertukar informasi di internet tanpa terikat oleh jarak dan lokasi. Namun di sisi lain, kelebihan internet tersebut juga m ...

Internasional 2 Hari lalu

Wah, Di Negara Ini Narapidananya Malah Diajari Cara Membuat Senjata

Bernas.id – Merakit senjata tanpa izin adalah praktik yang dianggap ilegal di banyak negara, tak terkecuali di Thailand. Maka bukan hal yang mengherankan jika mereka yang tertangkap basah melakukan hal tersebut harus berakhir di balik ...

Internasional 2 Hari lalu

Mobil Ini Tersangkut di Bangunan Bertingkat Usai ‘Terbang’

Bernas.id – Di film-film action, mungkin Anda pernah melihat adegan di mana mobil melayang usai keluar dari jalan raya. Percaya tidak percaya, ternyata adegan macam itu bukan cuma ada di dalam film. Daily Mail mengabarkan sebuah mobil ...

Nasional 2 Hari lalu

Sudding Dilaporkan Karena Dugaan Pemalsuan

JAKARTA, Bernas.id – Sekretaris Jenderal Partai Hanura kubu Daryatmo, Sudding dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Kamis (18/1/18) malam. Serfasius Serbaya Manek adalah adalah pelapor yang mengaku diberi kuasa oleh Hanura. "Laporan ...

Properti 2 Hari lalu

Stasiun Tigaraksa Jadi Incaran Pembangunan Perumahan Murah

JAKARTA, Bernas.id - Pengembang properti terus berupaya membangunan hunian bagi masyarakat guna pencapaian program pemerintah melalui sejuta rumahnya. Kini para pengembang melakukan pembangunan di sekitar stasiun, terminal, atau tempat f ...

Properti 2 Hari lalu

Industri Bisnis Properti Disinyalir Aman di Tahun Politik

JAKARTA, Bernas.id - Tahun 2018 dan tahun 2019 merupakan 2 (dua) tahun politik. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun ini, dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, disinyalir tidak mengganggu bisnis properti, alias bisnis properti ...

Properti 2 Hari lalu

Soal Rumah DP Rp 0, BI Ingatkan Kepala Daerah Hati-Hati

JAKARTA, Bernas.id - Gubernur dan Wakil Gubernur  DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandi) dalam kampanyenya mengatakan, akan memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan membeli rumah di Jakarta, dengan Down ...

Nasional 2 Hari lalu

Kemenag Perkuat Pendidikan di Madrasah

LOMBOK, Bernas.id-Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan terobosan untuk memperkuat Kompetensi Kepala Madrasah di bidang manajerial. Langkah yang dimaksud adalah menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Direktorat Guru dan Tena ...

Properti 2 Hari lalu

Komisi Keamanan Bangunan Dibentuk, Antisipasi Kejadian Seperti Ambrolnya Selasar BEI

JAKARTA, Bernas.id - Insiden ambrolnya selasar lanta I Tower II gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi pembelajaran bagi pemerintah. Untuk mengantisipasi kejadian serupa di kemudian hari, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan ...

Selebritas 2 Hari lalu

Posting Foto saat Umroh, Netizen Doakan Meisya Siregar Selamanya Kenakan Hijab

JAKARTA, Bernas.id - Aktris cantik Meisya Siregar diketahui tengah berada di Mekkah menjalankan ibadah umroh bersama sang suami Bebi Romeo. Ia pun membagikan postingan tengah berada di Masjid Nabawi lewat media sosialnya. Wanita 38 tahun ...

Pet 2 Hari lalu

Kasihan, Lumba-Lumba Ini Mati Akibat Tersedak Saat Makan

Bernas.id – Pernahkah Anda memakan makanan yang berukuran besar tanpa mengunyahnya? Tentunya Anda bakal merasa kewalahan saat mencoba menelan makanan tersebut. Bahkan Anda mungkin bakal sempat mengalami kesulitan bernapas saat makanan ...

Selebritas 2 Hari lalu

Pose Mesra dengan Sophia Latjuba, Netizen Anggap Robby Purba Lebih Cocok Dibanding Ariel NOAH

JAKARTA, Bernas.id - Robby Purba baru-baru ini menjadi model pemotretan pameran salah satu fotografer. Ia dipasangkan oleh Sophia Latjuba untuk berpose bersama. Hasil pemotretan tersebut pun dibagikan oleh Robby di Instagram miliknya. Terl ...

Sudut Pandang 2 Hari lalu

Sebab Menumpuknya Hutang Indonesia Karena Para Ibu, Benarkah?

Bernas.id - Hutang! Apa yang terbayang dalam pikiran kita jika terlintas kata tersebut? Tentu saja, hutang adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak peminjam terhadap pihak yang meminjamkan. Tidak hanya masyarakat e ...

Properti 2 Hari lalu

Ini Tugas Komisi Keamanan Bangunan Yang Akan Dibentuk Kemen PUPR

JAKARTA, Bernas.id - Pasca ambrolnya selasar Lantai I Tower 2 gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin kemarin, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membentuk Komisi Keamanan Bangunan.  ...

Properti 2 Hari lalu

Rumah DP 0 Rupiah Mulai Dibangun, Ini Syarat yang Ingin Memilikinya

JAKARTA, Bernas.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah melakukan peletakkan batu pertama pembangunan rumah DP Rp 0 di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (18/1/18). Anies pun mengaku sudah mulai melunasi j ...

Nasional 2 Hari lalu

Punya Koleksi Kendaraan Mewah, KPK: Bamsoet Wajib Lapor Harta Kekayaan Terbaru

JAKARTA, Bernas.id – Bambang Soesatyo mulai melaksanakan tugas barunya sebagai Ketua DPR RI. Komisi Pemberantasan Korupsi pun mengimbau agar pria yang akrab disapa Bamsoet itu memperbaharui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Ne ...

Nasional 2 Hari lalu

Agung Laksono Tolak Jadi Saksi Meringankan Fredrich, Ini Kata KPK

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan tanggapan soal penolakan Ketua Dewan Partai Golkar Agung Laksono menjadi saksi meringakan untuk Fredrich Yunadi. Hal ini terkait dengan Fredrich yang telah ditetapkan sebaga ...