Berita Nasional Terpercaya

Ragam Batik Indonesia: Mengenal Motif-motif Batik Jambi dan Maknanya

0

Bernas.id – Jambi merupakan salah satu propinsi yang ikut berpartisipasi dalam menyebarluaskan pakaian tradisional Indonesia barupa Batik. Batik Jambi memiliki ciri khas serta motif yang berbeda dengan kota lain dikarenakan sejarah yang berbeda, iklim yang berbeda, budaya yang berbeda, dan kreativitas karya yang berbeda pula. 

Cerita batik Jambi dimulai dari zamannya kesultanan melayu Jambi. Meski untuk waktu dan tahunnya masih belum bisa dipastikan, akan tetapi pada masa kesultanan tersebut batik khas Jambi sudah ada dengan motif utama berupa flora dan fauna. 

Saat ini batik Jambi sudah memiliki beberapa motif khas yang tidak ditemukan di kota-kota lain dan memiliki makna tersendiri. Apa saja motifnya? Berikut penjelasannya. 

1. Motif Batanghari

Batanghari adalah nama sungai di Propinsi Jambi yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra. Sungai ini juga menjadi ikon yang sarat akan nilai histori dan perjuangan perekonomian masyarakat Jambi sejak zaman dahulu, sehingga menginspirasi untuk dijadikan motif Batik Jambi.

2. Motif Kapal Sangat

Kapal sangat sama artinya dengan kapal karam atau kapal tenggelam. Dalam motif ini digambarkan dua jenis kapal sangat. Yang pertama kapal sangat dengan tiga bendera yang melambangkan masyarakat peladang, yang kedua adalah kapal sangat dengan empat bendera yang melambangkan masyarakat maritim. 

3. Motif Duren Pecah

Motif ini menggambarkan dua bagian kulit Durian yang terbelah tapi masih bertaut pada pangkal tangkainya. Belahan pertama bermakna pondasi iman dan taqwa,  belahan kedua bermakna ilmu pengetahuan dan teknologi. Maksudnya adalah melaksanakan pekerjaan berlandaskan iman dan taqwa, serta ditopang oleh ilmu pengetahuan dan teknologi akan memberikan hasil yang baik bagi yang bersangkutan serta keluarganya. 

4. Motif Merak Ngeram

Merupakan motif yang memiliki makna mendalam dan tidak boleh diabaikan.  Yaitu menggambarkan jasa dan kasih sayang seorang ibu yang sangatlah besar, oleh karena itu wajib untuk menghormatinya. 

5. Motif Tampok Manggis

Motif ini menampilkan penampang buah manggis yang terbelah pada bagian tengahnya,  menampakkan bagian kulit luar,  daging dan isi buah secara keseluruhan. Motif ini Bermakn kebaikan budi pekerti dan kehalusan hati seseorang tidak bisa dilihat dari kulit luarnya saja.  

6. Motif Angso Duo Bersayap

Kekhasan motif angso dua ini tidak lepas dari legenda yang melekat erat dengan warga Jambi. Menurut legenda, angso duo merupakan sepasang angsa yang menuntun Putri Mayang Mangurai dan Orang Kayo Hitam ketika mencari tempat tinggal atau membuka negeri baru yang sekarang dikenal dengan kota Jambi.

 

Itu hanya beberapa dari berbagai macam motif batik khas Jambi. Secara keseluruhan motif batik memiliki makna serta kesan yang mendalam. Jika Anda sedang berada di Jambi, batik khas Jambi ini bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh bagi keluarga. 

Semoga bermanfaat! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.