Berita Nasional Terpercaya

Mau Jalan-Jalan Ala “Backpacker” dengan Dana Minim dan Nyaman? Ikuti 3 Cara Ini!

0

Bernas.id – Sekarang ini, konsep backpacking masih sering diidentikkan dengan “jalan-jalan murah”, bahkan “jalan-jalan nggembel”. Hal ini tidaklah salah. Namun dengan pemikiran tersebut, akhirnya sering berkembang bahwa backpacking merupakan cara traveling yang jauh dari kenyamanan. Di situ yang salah. Backpacking merupakan konsep traveling low budget di mana kita mengelola budget yang dimiliki dengan baik dan efisien, sehingga perjalanan terasa nyaman tanpa adanya uang yang keluar dengan percuma. Hal seperti ini memang membutuhkan perpaduan kemampuan antara pengelolaan keuangan dengan penghimpunan informasi mengenai biaya-biaya yang akan dikeluarkan saat traveling. Memang agak rumit, terlebih bagi yang belum begitu mahir mengatur keuangan pribadi. Namun melalui hal ini, nantinya seseorang justru akan lebih mampu mengelola keuangan pribadinya dengan lebih baik. 

Untuk mengawalinya, dapat dimulai dengan membuat budget planning dengan tiga cara berikut:

1. Menentukan tujuan
Memilih tempat tujuan menjadi hal yang paling utama sebelum bergerak lebih jauh. Beberapa orang masih lebih dulu mencari info tujuan mana saja yang dirasa affordable, kemudian baru menentukan tujuannya. Namun, menentukan tujuan harus menjadi langkah yang pertama, barulah kemudian mencari informasi mengenai hal-hal yang affordable bagi kita di tujuan tersebut. 

2. Mengumpulkan informasi
Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sedetail dan sevalid mungkin mengenai segala hal yang berkaitan dengan tujuan perjalanan. Mulai dari penginapan, transportasi, makanan, tempat wisata, hingga oleh-oleh. Hal ini diperlukan supaya sebelum menghitung budget, kita sudah paham kisaran harga yang ada. Cari sebanyak-banyaknya referensi sebelum menentukan berbagai pilihan nantinya.

3. Menghitung budget berdasar informasi
Setelah menghimpun beberapa informasi, mulailah menghitung perkiraan budget yang akan dibutuhkan. Mulailah menentukan budget yang harus dikeluarkan, tetapi tidak serta merta memilih harga terendah. Pilihlah segala aspek yang disebutkan di poin nomor 2 yaitu berdasar kenyamanan dan efektif atau tidaknya, sehingga nantinya biaya yang akan dikeluarkan menjadi efisien. Alokasikan pula dana untuk keperluan tidak terduga, sehingga uang yang kamu tukarkan nantinya tidak terlalu mepet dengan kebutuhan selama di sana.

Ketiga langkah di atas memang sangatlah sederhana dan biasa, tetapi masih banyak orang yang ingin sekali backpacking dengan modal minim tetapi sangat enggan melakukan cara-cara tersebut. Padahal dengan melakukan cara sederhana di atas sangat membantu untuk mengurangi budget yang berlebih saat backpacking.

Leave A Reply

Your email address will not be published.