Berita Nasional Terpercaya

Bermain, Belajar, dan Menjadi Kaya Melalui Cashflow Game. Seru!

0

Bernas.id ? Dunia bermain selalu banyak diminati anak-anak dari zaman dahulu hingga masa kini. Seperti kita zaman kecil dulu. Ketika sudah asik berada dalam permainan selalu saja kita lupa waktu, lupa makan, dan lupa belajar. Masih sama seperti kita kecil dulu, anak-anak sekarang dengan kecanggihan teknologi android, lupa waktu, lupa makan, juga lupa belajar. Asik sepanjang hari dengan gadget-nya.

Sebagai orang tua tentu ingin anak-anak kita bisa pandai dalam hal pelajaran, bukan pandai main game. Ajaklah anak-anak kita mengenal dunia permainan modern yang mengandung unsur pendidikan. Sehingga selain pandai bermain, mereka juga bisa mengambil makna pelajaran hidup maupun peningkatan kecerdasan khusus. Salah satu contohnya adalah Cashflow Game.

Cashflow game merupakan inspirasi luar biasa dari sang tokoh Cashflow Quadrant, Robert T. Kiyosaki. Terdiri dari sebuah papan permainan (game board) dengan seperangkat uang mainan serta beberapa lembar formulir aplikasi. Permainan ini bisa dilakukan oleh 3-6 orang, dimainkan oleh anak-anak minimal usia 10 tahun hingga orang dewasa yang mau dan siap kaya, mandiri, dan bebas secara finansial.

Tujuan diciptakannya permainan ini, Robert T. Kiyosaki mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan financial freedom maka kita harus belajar tentang pendidikan keuangan. Dengan kata lain, Cashflow Game sebagai salah satu alat financial education. Teknik pendidikan keuangan dalam permainan ini mungkin belum pernah ditemukan di sekolah formal, ataupun di perguruan tinggi.

Kita akan mengalami kondisi antara lain: gaji naik pengeluaran naik; promosi jabatan atau pindah kerja lalu gaji naik 2x lipat, pengeluaran juga naik; bisa berinvestasi dengan membeli properti, pembayaran angsuran, pengeluarannya naik; tidak berinvestasi pun ternyata pengeluaran pun ikut naik karena adanya inflasi; pendapatan tetap, pengeluaran naik karena kenaikan harga-harga; bagaimana teknik menyimpan dan memanfaatkan uang dengan bijak.

Dulu pergi ke mana-mana naik kendaraan umum, meningkat jadi punya motor. Lalu, pendapatan meningkat bisa beli mobil, beli rumah, perabotan mewah, ruangan ber-AC, dan suatu saat bisa terjadi juga bangkrut. Inilah yang disebut oleh Robert T. Kiyosaki sebagai Rat Race (Lomba Tikus), yaitu kejar-kejaran kenaikan pendapatan dan kenaikan pengeluaran. Anda akan belajar jatuh dan bangun kembali, hingga benar-benar memahami karakter pemasukan dan pengeluaran.

Penasaran dengan Cashflow Game? Pasti! Karena permainan ini akan membantu meningkatkan IQ finansial Anda. Pemahaman asset dan liability serta konsekuensi penggunaannya akan dengan mudah dipelajari. Anda akan menemukan kesederhanaan hubungan antara asset dengan income serta antara liability dengan expenses. Anda bisa belajar membuat dan memiliki laporan keuangan pribadi, belajar menjadi kaya dan bebas finansial secara terukur.

Jika Anda berhasil keluar dari track rat race, Anda menang. Berarti Anda telah memahami ?the rule of money?, mengerti bagaimana mengelola keuangan, berinvestasi, serta mampu membuat dan membaca laporan keuangan atau financial statement

Leave A Reply

Your email address will not be published.