Berita Nasional Terpercaya

Soal Polemik Penunjukkan Ketua DPR, Ini Komentar Mendagri

0

JAKARTA, Bernas.id ? Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menanggapi soal pergantian pucuk pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Mendagri mengungkapkan pergantian Ketua DPR itu ada mekanismenya sendiri.

“Pemerintah ikut mekanisme yang ada di DPR. Ya biarlah mekanisme, tatib di DPR bagaimana. Kan melalui mekanisme partai. Dari partai menggantinya, di DPR ada mekanismenya, kami ikut saja,” jelas Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12/17).

Namun, Mendagri enggan berkomentar soal penunjukkan Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI oleh Setya Novanto. Tjahjo menambahkan bahwa penunjukkan Ketua DPR RI itu merupakan wewenang partai.

“Kami tidak melihat orang. Siapa pun yang diusulkan partai, yang disahkan dalam paripurna, dan dilantik sebagai ketua DPR ya itu lah yang diakui pemerintah,” katanya.

Pimpinan DPR pun sudah menerima surat penunjukkan Aziz sebagai Ketua DPR RI oleh Setya Novanto itu. Di lain sisi, kubu anti-Novanto melakukan perlawanan. Mereka pun menggalang dukungan menolak Aziz dan mengirim surat tandingan ke pimpinan DPR.

Surat penunjukan Ketua DPR itu juga ditandatangani Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie (Ical). Namun, Sekretaris Dewan Pembina Golkar Fadel Muhammad protes akan keputusan sepihak itu.

“Hal ini sewenang-wenang saja, Pak Aburizal Bakrie mengambil langkah-langkah untuk penggantian dan tanda tangan sehingga membuat suasana menjadi tidak bagus,” ungkap Fadel di Gedung DPR. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.