Berita Nasional Terpercaya

Bingung Saat Anak Anda Sulit Makan? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

0

Bernas.id – Anak balita Anda sulit makan? Anda selalu mengejar-ngejar dan merayu anak untuk makan? Anak pada rentang usia 2-5 tahun akan mengalami fase sulit makan. Menurut para peneliti tumbuh kembang anak, ,Jean Piaget, Anna Freud, dan Errikson, pada rentang  usia ini, anak mulai mengeksplorasi gerakan koordinasi yang terus meningkat, mulai mengeksplorasi hubungan dirinya dengan ruangan dan benda disekitarnya, dan mulai menunjukkan keagresifan atau ke?aku?an-nya.

Anak lebih senang berlari-lari, bermain, dan mulai melakukan tawar-menawar dengan orang tua. Oleh karena itu, seringkali anak akan muncul perilaku sulit makan. Jika fase ini terlewati dengan baik, maka selanjutnya anak akan memiliki persepsi dan pola makan yang baik. Apa saja yang harus dilakukan orang tua untuk mengawal fase anak sulit makan? Yuk, lihat langkah-langkah berikut ini:

1. Hindari menghardik dan memaksa anak makan berlebihan

Setiap anak akan memiliki naluri kelaparan jika memang ia membutuhkan makan. Atur pola nak makan dengan memberinya sedikit kelonggaran untuk waktu makannya. Hindari menghardik, membentak, apalagi memaksa berlebihan. Hal ini akan membuat anak tidak menyukai aktivitas makannya bahkan trauma sehingga menimbulkan perkembangan yang negative nantinya.

2. Hindari memberi makan anak dengan mengalihkan perhatiannya

Tidak usah mengalihkan perhatiannya supaya anak mau makan. Hal ini membuat anak tidak menyadari aktivitas makannya sehingga terbentuk persepsi bahwa aktivitas makan meruoakan aktivitas yang tidak penting dan tidak berpengaruh bagi kehidupannya. Beri waktu anak main dan komunikasikan padanya bahwa sebentar lagi adalah saatnya makan. Sampaikan kepada anak pentingnya aktivitas makan untuk menambah energi main dan keberlangsungan kegiatan mainnya. Jangan lupa komunikasikan juga, betapa pentingnya makan dengan fokus agar makanan tercerna dengan optimal di dalam tubuh.

3. Sediakan variasi makanan

Salah satu penyebab anak sulit makan adalah bosan dengan menu yang disediakan. Sediakanlah variasi makanan dari segi komposisi maupun penyajiannya. Jika anak sudah bisa diajak berkomunikasi dua arah, tidak ada salahnya bertanya kepada anak atau tawarkan kepadanya menu favorit atau menu yang ingin dicobanya.

4. Komunikasikan jenis makanan yang dihidangkan berikut manfaatnya

Sampaikan kepada anak, menu makanan, komposisi, dan kandungan dari makanan yang Anda sajikan kepadanya. Sampaikan juga manfaat dan pengaruhnya bagi tubuh anak dan kesehatannya.

5. Pakailah wadah makanan yang disukai anak

Libatkan anak dalam penyajian makanan. Beri anak kesempatan untuk memilih wadah yang ia sukai untuk makanannya.

 

Nikmatilah saat-saat mendampingi anak untuk melewati fase ini dengan baik. Janganlah membuat anak Anda menjadi trauma terhadap aktivitas makannya ataupun trauma dengan jenis makanan tertentu karena Anda salah dalam menyikapi perilaku sulit makan anak pada fase ini. Sabar dan telaten merupakan kunci keberhasilan dalam menerapkan lima langkah di atas.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave A Reply

Your email address will not be published.