Berita Nasional Terpercaya

Karena Kecerdasan Mendamaikan, Kamukah Orang Cerdas Itu?

0

Bernas.Id ? Kadang kita dihadapkan dengan berbagai berita yang belum jelas kebenarannya, dan tak jarang banyak yang mengambil bagian untuk membagikan berita yang belum jelas tersebut.

?Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya…? (QS.Al-Hujurat:6)

Ayat ini menjelaskan tentang adab bagi orang beriman dalam menghadapi suatu berita. Pentingnya tabayyun dalam menerima berita dengan meneliti dulu kebenarannya, sebelum memvonis sebuah berita. Jangan langsung menerima mentah-mentah tanpa ada upaya untuk mencari tahu kebenarannya.

Kadang kita sering tersulut emosi akibat suatu berita yang belum jelas kebenarannya. Dan kita pun kadang cepat terhasut dengan berita-berita itu. Padahal kita sudah dianjurkan, agar meneliti kebenaran akan sebuah berita, sehingga kita tidak salah dalam memaknai berita tersebut.

Dengan semakin berkembangnya segala macam informasi, yang memenuhi lini masa media sosial, dengan itu pula kita hanya membutuhkan satu kata kunci, agar tidak terseret dalam permusuhan akibat sebuah berita. Satu kata kunci itu adalah ?Kecerdasan?. Kenapa? Karena orang cerdas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Berpikir sebelum bertindak

Orang cerdas tidak akan mungkin bertindak dulu sebelum berpikir, dengan berpikir berarti kita akan mempertimbangkan semua hal agar tidak menyimpang.

2. Tidak mudah menghakimi

Jika sekarang orang-orang dengan mudahnya menghakimi orang lain, maka orang cerdas akan mencari jalan keluar atau solusi yang tepat tanpa ada unsur menghakimi.

Orang cerdas selalu mempunyai kelapangan hati yang lebih luas, sehingga apapun berita yang ada, jika itu tidak benar, berarti dia tidak mempunyai kapasitas untuk marah, apalagi sampai meladeni kemarahan orang-orang yang tidak cerdas.

Jika semua orang memiliki satu kata kunci ini, maka dunia akan damai, tidak ada yang saling menjatuhkan antar sesama. Karena dengan kecerdasan yang dimiliki akan mampu menyaring semua berita-berita yang belum jelas kebenarannya.

Mari kita sama-sama mengusahakan kecerdasan, berpikir cerdas dan menjadi cerdas, agar tidak salah dalam bertutur dan berbuat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.