Jangan Meremehkan dan Meragukan Diri Kita Sendiri


15 Desember 2017

Panji Syamsi (sumber foto: istimewa)


Bernas.id - Panji Syamsi saat ini menekuni profesi sebagai trainer dalam bidang pengembangan diri serta practical self defense (bela diri praktis). Selain itu, saya juga menjalani profesi sebagai instruktur sabuk hitam Dan 3 dalam seni bela diri Taekwondo di beberapa sekolah dan unit latihan di bilangan Jakarta Selatan dan Depok.Ya, sedari kecil sedari SD, ia memang sangat mengidolakan Jackie Chan, Jet Li, dan Andy Lau, bahkan pernah meminta potongan rambut mirip seperti Andy Lau hingga akhirnya memiliki cita-cita ingin menjadi seorang ahli seni bela diri seperti ketiga tokoh tersebut. Sekalipun sering diragukan oleh banyak orang karena saat kecil dulu, fisiknya tergolog lemah dan kurus, bahkan olahraga menjadi mata pelajaran yang sangat kurang dikuasai.

”Banyak orang yang memiliki peran atas apa yang saat ini saya capai, mulai dari sahabat-sahabat terdekat dan guru mengaji yang mendukung dan memberikan masukan terhadap kegiatan yang saya lakukan, dan tentunya yang paling besar adalah kedua orangtua yang siang-malam mendukung dalam banyak hal, mulai dari finansial, dukungan, dan doa yang tulus dari mereka berdua sehingga saya bisa menjadi seperti saat ini,” ungkapnya ke Bernas.

Menjadi lebih baik adalah alasan untuk suka dunia pengembangan diri. Mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi agar bisa membahagiakan kedua orangtua kelak.

“Namun sayang rasanya jika hanya saya yang terus mengembangkan diri, sementara ada orang lain yang juga butuh bantuan untuk mengembangkan dirinya. Oleh karena itu, saya memilih profesi ini untuk bisa menjadi washilah atau jalan bagi orang lain untuk menjadi versi terbaik yang ditakdirkan untuk-Nya,” katanya.

Untuk permasalahan yang paling sering dihadapi, ia merasa tidak yakin untuk beranjak ke tahap yang lebih tinggi. “Dari sisi internal diri, masalah yang sering saya hadapi adalah tidak yakin ketika mau beranjak ke tahap yang lebih tinggi dan takut untuk gagal atau terlihat buruk. Namun, saya sikapi bahwa setiap orang itu tidak sempurna, akan ada masa-masa dimana dia mengalami kegagalan, dan itu sangat wajar. Yang perlu dilakukan ketika gagal adalah evaluasi, ambil pembelajaran, dan kemudian lakukan lagi dengan modal evaluasi tadi. Dari sisi eksternal diri saya, masalah yang sering dihadapi adalah diremehkan oleh orang lain dalam hal yang saya lakukan. Dianugerahi Allah fisik yang di bawah rata-rata ideal dari mayoritas orang seusia saya, wajah yang biasa saja (kalau tidak boleh dibilang pas-pasan) membuat saya sering menerima ledekan, cemoohan, dan juga diragukan oleh orang lain. Awal-awal dahulu, saya sedih, minder, kemudian saya menyadari, apa yang saya lakukan adalah tanggung jawab saya. Mereka yang mencemooh hanya akan semakin tertawa dan senang ketika saya semakin terpuruk. Oleh karenanya, selama saya yakin dan yang dilakukan juga suatu kebaikan, maka tiada jalan lain selain membuktikannya kepada orang lain, mengabaikan suara-suara negatif yang menjatuhkan, dan menorehkan prestasi sebagai bukti,” bebernya.

Dikatakannya, untuk tantangan ke depan, persaingan dengan kompetitor lain adalah hal yang pasti terjadi, serta budaya masyarakat yang mulai beralih ke era digital. “Agar tetap bisa bertahan dari hal tersebut maka yang bisa saya lakukan adalah terus menaikkan kapasitas dan kapabilitas diri saya dan juga tim, serta melakukan kolaborasi dengan pihak lain agar semakin mengokohkan diri, dan semakin menebar manfaat luas karena dengan ini akan juga mengundang banyak kebaikan dan kemudahan dalam menghadapi tantang di depan nanti,” ucapnya.

Ia pun meyakini bidang yang digeluti ini penting dilakukan dan dibagikan kepada masyarakat. “Saat ini, saya fokus pada bidang bela diri praktis, disadari atau tidak, kejahatan kian kemari kian menakutkan. Data dari Badan Pusat Statistik mencatat kasus kejahatan di Indonesia pada tahun 2014 berjumlah lebih dari 300.000 kasus, dan meskipun pada pertengahan tahun 2017 wakapolri mengatakan kejahatan telah menurun 20-30%, tapi itu belum menjamin sepenuhnya seseorang apapun latar belakang, profesi, dan status ekonominya terbebas dari ancaman tindakan kejahatan. Oleh karena itu, saya ingin berbagi kepada masyarakat tentang pentingnya memiliki ilmu bela diri, dan bagaimana melakukan bela diri praktis ketika terjebak dalam situasi terancam. Habit khusus yang saya bangun selama ini adalah selalu ‘kepo’ dengan hal-hal atau ilmu baru sehingga membuat kita tersegarkan wawasan dan pola pikirnya, serta mendorong kita untuk terus mau belajar. Jadi, kepo itu bermanfaat jika pada hal yang tepat,” paparnya.

Untuk mengembalikan mood agar kembali bersemangat bekerja, biasanya penyuka hobi bela diri ini akan meluangkan waktu beberapa hari untuk berlibur sejenak dari rutinitas pekerjaan, sekadar untuk menyegarkan dan menenangkan diri dengan mengunjungi alam terbuka (pantai, pegunungan, dll), atau dengan self-rewarding, hang-out bersama teman-teman, dan mengingat kembali apa tujuan yang ingin dicapai di akhir hidup nanti sehingga membuatnya kembali bersemangat kerja. Trainer ini memberikan inspirasi dan sarannya kepada orang lain yang membaca kisahnya ini.

“Diremehkan orang lain, diragukan orang lain adalah hal biasa, kita tidak perlu berlebihan kecewa. Yang berbahaya adalah ketika kita meremehkan dan meragukan diri kita sendiri. Untuk saran, (1) Luruskan niat, buatlah tujuan yang tinggi dan mulia untuk kehidupan kekal di sana, (2) Tekuni apa yang kita kuasai dan akan lebih bagus jika hal itu kita juga senangi, (3) Terus mengupgrade diri, karena tantangan semakin hari semakin rumit, (4) Rendah hati, mau menerima masukan/feedback, sebab kesombongan adalah awal kehancuran, dan (5) Banyak menebar manfaat, kita hebat bukan karena diri sendiri, tetapi ada orang lain yang juga mendukung apa yang kita lakukan,” urai rincinya.

Lingkungan pun diakuinya memengaruhinya hingga menjadi seperti sekarang. “Tidak dipungkiri, lingkungan memang memiliki pengaruh besar terhadap diri seseorang. Oleh karena itu Saya berusaha untuk memilih lingkungan yang mendukung untuk tetap bertumbuh, karena minimal pengaruh yang diberikan lingkungan terhadap persepsi dan pola pikir kita dalam memandang dan menilai suatu hal, dan itu bisa berlanjut menjadi tindakan dan perilaku. Untuk motto, The Supreme Art of War is to Subdue the Enemy Without Fighting (Sun Tzu). Seni tertinggi dalam bela diri adalah menaklukan lawan (masalah) tanpa pertarungan (emosi, amarah), dalam hidup seringkali masalah datang kepada kita dalam bentuk apapun. Dan cara terbaik menghadapinya dengan menyikap masalah itu dengan tenang, mencari solusi yang terbaik yang menguntungkan untuk diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Peraih Inspirator Muda versi Town! Magazine ini membocorkan rencana dalam waktu dekat dan impiannya ke depan. “Rencana dalam waktu dekat ini adalah roadshow ke beberapa sekolah di Jakarta Selatan tentang pentingnya bela diri praktis bagi semua orang, kemudian menyelenggarakan training Practical Self Defense for Beginner, dan menulis buku tentang bela diri praktis. Untuk impian terbesar ke depan, pada usia 50 tahun, saya memiliki 2 akademi bela diri di Indonesia, menyantuni dan membangun 10 rumah singgah untuk 1.000 kaum dhuafa, khususnya lansia dhuafa yang terlantar, dan ketika di akhirat dapat mencium tangan Rasullah di telaga surga-Nya,” pungkasnya. 


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Pariwisata

Sektor Pariwisata Bali Mulai Bangkit Lagi

BALI, BERNAS.ID - Sektor pariwisata di Bali yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, kini mulai bangkit lagi. Terlebih dengan telah dibukanya akses wisatawan domestik ke Bali, sejak 31 Juli 2020. "Sejak dibuka, sudah mulai rama ...

Ekonomi

Situasi Pandemi, Pedagang Diimbau Maksimalkan Teknologi untuk Survive

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi menghimbau masyarakat Jogja terutama pedagang memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan transaksi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal tersebut disampaikan He ...

Nasional

Menpan RB : Seleksi CPNS 2020 Ditiadakan, Tahun Depan Diperketat

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, kalau seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 ditiadakan, sementara 2021 akan diperketat. ...

DIY

Pedagang Jamu Pun Harus Disertifikasi dan Mampu Jualan Online

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI melakukan stikerisasi dan penyerahan sertifikat keikutsertaan dalam bimtek kepada 30 usaha jamu gendong di DIY, Rabu (12/8/2020) di salah satu hotel di Kota Jogja. Kegiatan i ...

DIY

Pilkades Sleman E-voting Ditunda Lagi Hingga Pilkada Usai

SLEMAN, BERNAS.ID - Rencana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara e-voting se-Kabupaten Sleman akhir Agustus nanti ditunda lagi. Hal tersebut dipertegas dengan turunnya Surat Edaran Mendagri No.141/- 4528/SJ tertanggal 10 Agustus 2020 ten ...

DIY

Sultan Tidak Larang Masyarakat Adakan Tirakatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Beberapa hari lagi bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan RI atau yang kerap disebut Agustusan. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berpesan kepada masyarakat yang memperingatinya agar tetap mematuhi protokol keseha ...

DIY

Terkait Benda Diduga Bom, Rektor UNY Akan Perbanyak CCTV

SLEMAN, BERNAS.ID- Merespon dugaan ditemukannya benda diduga bom, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat kampus dan aktivis masjid kampus agar tetap tenang. Sebelumnya, takm ...

Hukum dan Kriminal

Disinyalir Bom dengan Tulisan Bernada Terorisme di UNY, Ini Penjelasan Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID- Geger ditemukan benda mencurigakan diduga bom di salah satu kompleks kampus UNY, tepatnya di loker nomor 108 Masjid Kampus Al Mujahidin. Dalam benda mencurigakan yang terbungkus plastik kresek hitam itu terdapat rangkaian ...

DIY

Protokol Kesehatan Ketat untuk Sekolah Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning

JAKARTA, BERNAS.ID - Penyesuaian SKB Empat Menteri memberikan penyesuaian bagi daerah di zona kuning untuk membuka kembali satuan pendidikan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Na’im dalam pertemuan telekonferensi mengung ...

DIY

Inilah Bakal Calon Wakil Bupati yang Dampingi Danang Wicaksana dalam Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Akhirnya terjawab sudah siapa bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi Danang Wicaksana Sulistyawan (DWS) dalam Pilkada Sleman, DIY. Sebagaimana disampaikan 'sumber yang dapat dipercaya' kepada bernas.i ...

Pendidikan

Tak Hanya Riset dan Inovasi Iptek, Mendikbud Tuntut Kampus Hasilkan Dua Hal Ini

JAKARTA, BERNAS.ID - Bicara tentang teknologi, di dalamnya tidak hanya terkandung aktivitas riset dan inovasi, tetapi juga menjadi tempat manusia-manusia berkreasi dalam mengeksplorasi batas pengetahuan untuk menghasilkan temuan-temuan baru ...

Nasional

KBRI Fasilitasi Kepulangan 147 WNI Melalui Penerbangan Khusus

BANDAR SERI BEGAWAN, BERNAS.ID - Pada hari Minggu, 9 Agustus 2020, KBRI Bandar Seri Begawan kembali memfasilitasi kepulangan WNI/PMI (Pekerja Migran Indonesia) melalui penerbangan khusus ke-7. Kali ini, sebanyak 147 WNI/PMI yang kembali dar ...

DIY

Inilah Peran BAZNAS DIY untuk Memulihkan Perekonomian di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2020 setelah adanya pandemi Covid-19 angka kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kenaikan dari awalnya 11,7% pada tahun 2019 menjadi 12,28%. Karena ...

DIY

Selain Lokasi TPS Jauh, Bawaslu Sleman Juga Dapatkan 165 Data Pemilih Bermasalah

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 7 Agustus 2020,  Bawaslu Kabupaten Sleman melakukan pengawasan proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap kualitas form A-KWK (daftar pemilih) untuk Pemilihan Bupati dan W ...

DIY

Akhirnya DIY Laporkan Kasus Konfirmasi di Bawah 10 dan Pasien Sembuh 18 Orang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami penurunan. Dilaporkan ada tambahan kasus konfirmasi di bawah 10 kasus tepatnya 8 kasus baru, Minggu (9/8/2020). Berdasarkan hasil pemerik ...

Ekonomi

Pengamat : Pemerintah Jangan Meniru Cara AS dan China Atasi Resesi Ekonomi, Indonesia Bisa Kolaps

JAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 saat ini telah menyebabkan krisis global berlarut di dunia, termasuk di Indonesia sehingga menimbulkan jurang resesi ekonomi. Berbagai negara menggunakan berbagai cara untuk mempertahankan ketahanan eko ...

Wiradesa Seri 2

Balada Manusia yang Meneteskan Air Mata untuk Bangsanya

Bernas.id - Hormat setinggi-tingginya untuk Darpo, Karta, dan Bapa Biyung Mbah Soma.   Setiap kali bulan Agustus datang, ketika para pamong Desa Kedung Pingit memerintahkan semua warga memasang bendera Merah Putih di depan rumah, ...

DIY

KSPSI Menilai Program Bantuan Pekerja Rp 600 Ribu Diskriminatif

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komite Penanganan Covid-19 nasional merencanakan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai total Rp 600.000 bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta dengan sejumlah persyaratan, yang bertujuan untuk pemuliha ...

Pendidikan

Pemerintah Umumkan Penyesuaian Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - Mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran, berbagai masukan dari para ahli dan organisasi serta mempertimbangkan evaluasi implementasi SKB Empat Menteri, Pemerintah melakukan penyesuaian keputusan bersama Empat Menteri te ...

DIY

Peralatan Penunjang Parkir Progresif di Jogja Dikaji

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta terus melakukan kajian mengenai peralatan pendukung yang dinilai paling tepat digunakan guna menunjang pemberlakuan tarif parkir progresif di sejumlah ruas jalan dan di tempat khusus ...

Lifestyle

Idola Baru Anak Muda Indonesia, UN1TY

Pernah menjadi trending musik, banyaknya boy group di Indonesia perlahan mulai menghilang. Setelah lama tak terdengar, istilah boy group di Indonesia kembali  dimunculkan dengan hadirnya sebuah grup dengan nama UN1TY. Grup yang memi ...

Ekonomi

Peringatan Hari UMKM 2020 ABDSI Selenggarakan Indonesia SME Festival secara Virtual Selama 12 Jam

BERNAS.ID - Tidak hanya Koperasi yang memiliki hari khusus. Saat ini ada juga Hari UMKM atau yang lebih dikenal dengan Hari Nasional UMKM.  Situasi dan kondisi saat ini memang membutuhkan UMKM yang Kuat dan Tangguh, untuk beradaptas ...

DIY

Danang Wicaksana Resmi Maju dalam Pilkada Sleman Diusung Oleh 4 Parpol

BERNAS.ID - Dinamika kontestasi politik dalam Pemilihan kepala daerah di Sleman, DIY semakin menarik dengan munculnya Danang Wicaksana Sulistya (DWS) menjadi bakal calon bupati Sleman selain dua nama yang sudah santer disebut sebelumny ...

Ekonomi

Kemenparekraf Dukung HBDI 2020 Sebagai Momentum Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020 sebagai momentum pemulihan ekonomi nasional, peningkatan tingkat konsum ...

Pendidikan

Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi ...

Ekonomi

Sleman Bagikan Masker di Pasar untuk Menjaga Sektor Ekonomi

SLEMAN, BERNAS.ID - Kabupaten Sleman melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membagi-bagikan 1000 masker kepada warga yang sedang berbelanja di Pasar Tanjung dan Pasar Kliwon, Kecamatan Berbah, Sleman, Jumat (8/8/2020). Kegiatan ters ...

DIY

Warga Jogja Diimbau Tak Gelar Malam Tirakatan di Hari Kemerdekaan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta meminta warga setempat untuk tahun ini tidak menggelar acara malam tirakatan sebagai wujud syukur pada peringatanHari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ini untuk mencegah penularan Covid-19. ...

DIY

Sultan Ingatkan Wisatawan Berhati-hati di Pantai Selatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Peristiwa tujuh wisatawan yang terseret arus di Pantai Goa Cemara Kamis (6/8/2020) membuat Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengingatkan wisatawan baik dari dalam maupun luar Jogja agar berhati-hati. Terutama saat ...

DIY

DIY: Pasien Sembuh Capai 497 Orang, Kasus Konfirmasi 819

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus konfirmasi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah 18 orang. Sehingga total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 819 kasus per Kamis (6/8/2020).  "Hasil pemeriksaa ...

DIY

Sejumlah Persoalan Mengemuka dalam Kunjungan DPD RI di Cangkringan Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) melakukan sosialisasi lembaga dan penyerapan aspirasi sebagai masukan pada pemerintah pusat di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan pada Kamis (6/8/2020). Rombongan anggota DPD RI dipim ...

DIY

Mobil Dinas Bekas Walikota Jogja HZ Tak Laku Dilelang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mobil dinas bekas jabatan yang pernah digunakan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto (HZ) kembali tidak laku saat lelang kendaraan dinas pada tahun anggaran 2020 meski nilai limit untuk kendaraan tersebut sudah diturun ...

DIY

Menteri Teten: Keju Sleman Tidak Kalah dengan Keju Impor

SLEMAN, BERNAS. ID - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melakukan kunjungan ke Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (6/8/2020). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara kunjungan Menteri Koperasi dan UKM ...

Ekonomi

Pelaku Usaha Mikro Bakal Dapat Bantuan Modal Rp 2,4 Juta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID-Pemerintah Pusat tengah menyiapkan program pemulihan ekonomi berupa bantuan sosial produktif senilai Rp2,4 juta untuk 12 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia, termasuk DIY. Ini khususnya bagi pelaku usah ...

DIY

PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Serahkan Bantuan Kursi Taman ke Pantai Timang

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) menyerahkan bantuan kursi taman untuk objek wisata Pantai Timang di Dusun Danggolo, Kel ...

Nasional

PMI Kirim 1.000 Kantong Darah ke Lebanon, Masyarakat Bisa Berkontribusi

BERNAS.ID - Pemerintah Lebanon meminta bantuan kepada seluruh Palang Merah Internasional, yakni menyediakan darah bagi para korban leadakan di Kota Beirut Lebanon. Palang Merah Indonesia (PMI) pun turut mengambil bagian untuk membantu ...

Sintesa

Dua Teman Lama Bicara tentang Produksi Unggul di Desa

Oleh:  Tri Budi Utama ST MT dan Prof. Sudjarwadi Situtena  teringat judul  pidato “ASAS KESEDERHANAAN TEKNIK PENGAIRAN KONTEKSTUAL”. Ingatan tersebut ada dalam pikirannya, sampai beberapa hari, suatu saat&nbs ...

Hukum dan Kriminal

Oknum Kepala Mandor Otaki Pencurian Besi di Proyek Pembangunan

SLEMAN, BERNAS.ID - Bukannya memberikan contoh yang baik kepada bawahannya, AF, warga Pogung Kidul Sinduadi Mlati Sleman justru mengajak keenam rekannya EP, THY, NE, AS, AR dan RK untuk mencuri besi ulir beton di proyek pembangunan di Jalan ...

Hukum dan Kriminal

Komplotan Ini Belajar Bobol ATM dari Tayangan YouTube

SLEMAN, BERNAS.ID -  Pembobol mesin ATM di toko modern wilayah Gamping Sleman dapat digagalkan warga karena aksi yang dilakukan komplotan sekitar pukul setengah empat pagi, Minggu (5/7/2020) begitu berisik. Ada orang yang melihat, lima ...

Ekonomi

Profesor Sudjarwadi: Pentingnya Koordinasi dan Sinergi Lintas Generasi untuk Bangkit di Masa Pandemi

Bernas.id - Agar perekonomian bangsa Indonesia dapat bangkit di masa pandemi ini, maka penting sekali mewujudkan koordinasi dan sinergi lintas generasi. Hal ini ditegaskan oleh Prof. Dr. Ir. Sudjarwadi, M.Eng, Guru Besar UGM sekaligus penga ...

Lingkungan

Ledakan Dahsyat Meluluhlantakkan Kota Beirut

Sebuah ledakan yang sangat dahsyat terjadi di Beirut pada hari Selasa (04/08/2020) petang waktu setempat. Ledakan terjadi dua kali, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters. Ledakan pertama menyebabkan asap pekat membumbung tinggi disertai letup ...

DIY

DIY: 12 Kasus Konfirmasi dan 14 Pasien Sembuh dari Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi yang terinfeksi virus corona, Selasa (4/8/2020). Total keseluruhan pasien positif Covid-19 di DIY mencapai 784 orang.  " ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Bongkar Prostitusi Online di Hotel Kawasan Ringroad Utara

SLEMAN, BERNAS.ID - Iming-iming fasilitas tempat tinggal dan handphone, SF (23), pemudi asal Kulonprogo berhasil menggaet sejumlah pemudi asal Yogyakarta untuk direkrut sebagai pelacur. Sekali booking untuk esek-esek, SF mematok harga ...

Nasional

5 Tips Jadi Influencer Terkenal dan Bertanggung Jawab, Prosesnya Tidak Instan

Bernas.id – Belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan beberapa influencer yang menarik perhatian tapi dengan cara kontroversi. Sebut saja Anji yang mengundang seseorang yang disebut-sebut sebagai penemu obat corona. Tentu saja dalam ...

Hukum dan Kriminal

Begini Respons UNU Terkait Pencatutan Nama Universitas oleh Pelaku Pelecehan Seksual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah mencermati perkembangan informasi dari berbagai pihak baik dari daring maupun langsung, terkait dengan pengakuan seseorang (BA) yang sering mengatasnamakan diri sebagai dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) ...

Hukum dan Kriminal

Buka Jasa Penggandaan Uang Palsu, Tiga Orang Diringkus Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID - Ingin mendapat uang secara instan, Jimmi alias Pak Tua (44) warga Riau bersama kedua rekannya Arif (26) warga Klaten dan Agung (42) warga Gunungkidul berencana melakukan penipuan dengan modus penggandaan uang palsu ...

Pendidikan

Pembelajaran Daring di Kota Jogja Hanya Targetkan Capaian 60 Persen Kurikulum

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring di Kota Jogja yang digelar selama pandemi COVID-19 diikuti dengan perubahan target pencapaian kurikulum pada tahun ajaran 2020/2021. Dinas Pendidikan K ...

Lifestyle

Agus Supriyo: Transformasi AELI dengan Program Blended di Masa Pandemi

Bernas.id - Dampak pandemi Covid-19 yang merugikan dunia pariwisata, tidak membuat para penggiat outbound atau experiential learning berhenti dan berpangku tangan. Diawali terselenggaranya Musyawarah Daerah 2020 oleh DPD Asosiasi Exper ...

Nasional

Pandemi Covid-19 Jadi Pemicu Perluasan Akses Internet, Jokowi Perintahkan Sampai ke Desa

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo kembali menyentil para menteri agar bergerak cepat lagi di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang dibutuhkan saat ini akses internet untuk mendukung anak-anak yang harus sekolah. Tak sedikit anak seko ...

DIY

DIY Laporkan Penambahan Pasien Sembuh Lebih Tinggi Dibandingkan Kasus Konfirmasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan ada penambahan 12 kasus konfirmasi positif Covid-19. Sehingga total kasus konfirmasi di DIY menjadi 772 pada Senin (3/8/2020).  "Hasil pemeriksaan la ...

Pendidikan

Sultan Ingin Pembukaan Pendidikan Tatap Muka Dimulai dari Perguruan Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap pembukaan kegiatan pendidikan tatap muka akan dilakukan secara bertahap dimulai dari perguruan tinggi kemudian diikuti jenjang di bawahnya. ...