Berita Nasional Terpercaya

Terungkap! Inilah Cara Mengatasi Serangan Jamur dan Serangga pada Perabot Kayu

0

Bernas.id ? Indahnya persahabatan tuh, gini, nih! Ada seseorang yang kesulitan maka sahabatnya turun tangan memberi solusinya.

Pertanyaan:

Halo Bro Solin,

Perkenalkan saya Andri, mau curhat nih, Bro. Perabotan kayu di rumahku belakangan banyak yang rusak karena diserang jamur dan serangga. Gimana caranya biar material kayu enggak ditumbuhi jamur dan dipakai tempat berkembang biak serangga, Bro? Bagi solusinya dong Bro!

Salam,

Andri

 

Jawaban:

Halo Bro Andri,

Wah, memang sayang rasanya kalau perabot kayu di rumah kita rusak akibat serangan jamur atau serangga. Jamur dan serangga sebenarnya merupakan masalah umum di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia, Bro. Pasalnya, udara yang lembab menyebabkan kayu mudah basah sehingga gampang terserang jamur dan serangga. Serangga perusak kayu memakan zat gula, seperti hemiselulosa dan selulosa, pati, protein, serta berbagai macam bahan yang terkandung di dalam kayu. 

Pada kayu yang ditumbuhi jamur biasanya terdapat bercak-bercak kecoklatan dan kehitaman. Selain membuat kayu kelihatan enggak indah lagi, bercak-bercak ini lama-lama juga bisa membuat kayu semakin lapuk. Sementara pada kayu yang dimakan serangga biasanya terdapat lubang-lubang kecil. Lubang-lubang ini menandakan bagian dalam kayu sudah rusak, meskipun bagian luarnya masih kelihatan bagus. Kerusakan yang ditimbulkan oleh serangga biasanya juga lebih parah dan meluas, karena selain dimakan, kayu juga digunakan sebagai tempat hidup dan berkembang biak serangga.

Namun, Bro Andri enggak perlu khawatir. Pasalnya, jamur dan serangga bukan masalah yang enggak bisa diatasi. Bro Andri bisa mengoleskan larutan anti-jamur dan serangga yang banyak dijual di toko-toko pertanian, atau melapiskan cat pelindung kayu, baik yang berjenis pelitur, vernis maupun warna solid.

SOLUSI INDACO untuk mengatasi masalah Bro Andi adalah Belazo Woodstain dan Envi Cat Kayu & Besi. Belazo Woodstain adalah pelitur kayu berbahan dasar air yang dapat mencegah serangan jamur dan serangga. Produk PT. Indaco Warna Dunia ini cocok diaplikasikan pada perabot kayu di dalam maupun di luar ruangan. Sementara Envi Cat Kayu & Besi adalah cat sintetik berbahan dasar tiner dengan tampilan warna solid. Selain tersedia dalam berbagai pilihan warna, produk PT. Indaco Warna Dunia yang satu ini juga ampuh melindungi kayu dari jamur dan serangga.

Tidak ketinggalan, langkah terakhir yang perlu Bro Andri lakukan supaya perabot kayu tetap awet dan tidak mudah diserang jamur dan serangga adalah memastikan bahwa perabot kayu tetap terjaga dalam kondisi kering. Jangan lupa juga untuk merawatnya secara berkala. Nah, begitulah Bro Andri. Semoga masalah jamur dan serangga di rumah Bro bisa segera diselesaikan. Terima kasih.

 

BeriSolusiPasti!

Bro Solin

Leave A Reply

Your email address will not be published.