UMKM Masuk E-Commerce

Penulis : Aloysia Nindya Paramita
Editor : Sunti Melati
21 Desember 2017

Ilustrasi (Sumber Foto: thebalance[dot]com)


Bernas.id - Ada fenomena menarik dalam beberapa tahun terakhir ini. Sejumlah industri ritel modern di Indonesia menutup gerainya di pusat-pusat perbelanjaan. Fenomena ini merupakan dampak berkembangnya teknologi, khususnya teknologi internet, yang mengubah perilaku sebagian masyarakat dari transaksi konvensional (offline) ke cara online.

Pergeseran perilaku ini memaksa para pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk ikut masuk ke perdagangan digital (e-commerce) jika tidak ingin tertinggal oleh perkembangan zaman.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mencatat volume transaksi "e-commerce" atau perdagangan barang/jasa secara elektronik di Indonesia diprediksi terus meningkat seiring pemanfaatan teknologi informasi oleh pelaku usaha kecil dan menengah. Tercatat, hingga saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha ritel yang menutup gerai usahanya akibat dari sisi pendapatan tak sesuai target perusahaan, diantaranya 7-Eleven, PT Matahari Department Store. Kemudian, Lotus Department Store dan Debenhams yang telah ditutup oleh PT Mitra Adi Perkasa Tbk pada akhir bulan Oktober lalu dan akhir tahun 2017.

Model jual beli konvensional mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, penjual dan pembeli lebih suka memanfaatkan internet untuk bertransaksi. Lantas bagaimana dengan kesiapan UMKM di Indonesia agar tak sekadar tembus pasar internasional tetapi bisa bertahan saat mengikuti tren e-commerce?

Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan saat ini kecenderungan yang terjadi adalah masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi ke toko atau mall untuk membeli barang. Masalah jarak untuk menjangkau pusat perbelanjaan, kemacetan lalu lintas menghadang dan antre panjang saat akan membayar barang pun menjadi faktor masyarakat enggan belanja langsung ke toko atau mal.

Ketimbang menghadapi kesulitan tersebut, masyarakat cukup menggunakan ponsel mereka untuk membeli barang, termasuk melakukan pembayarannya pula. Belanja pun dapat diperoleh dengan mudah dan cukup menunggu di rumah pesanan sudah datang. Menurutnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami petumbuhan cepat dalam pemanfaatan dunia internet. Dia menilai sejak masyarakat Indonesia melek akan internet dan manfaat penggunaanya, mulai banyak yang memakai internet untuk menjual barang dan jasa. 

Perkembangan sektor e-commerce (perdagangan elektronik) bahkan menjadi sektor yang tumbuh paling cepat. Pria yang akrab disapa Jokowi itu menjelaskan, inovasi lokal dari Indonesia memang belum sehebat perusahaan dunia seperti Alibaba atau Amazon.  Bukan berarti produk lokal tidak memiliki daya saing.

Jokowi menambahkan, di India terdapat perusahaan lokal bernama Flipkart. Perusahaan e-commerce ini mampu mendominasi perdagangan elektronik di India. Di Indonesia, lanjutnya, banyak perusahaan yang berkembang pesat dan mampu menggaet minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi perusahaan tersebut misalnya Lazada, Tokopedia. Perusahaan dengan konten lokal jika terus dikembangkan bisa menjadi perusahaan besar yang mengglobal. Presiden yakin perusahaan yang awalnya hanya bermain di tingkat regional ujung-ujungnya bisa mendunia.

"Jangan coba-coba kita membikin Alibaba tandingan atau bikin Google tandingan. Buat apa bikin Alibaba lagi, Google lagi. Menurut saya itu buang waktu, uang dan tenaga. Manfaatkan saja, pakai saja, yang sudah saja. Manfaatkan saja platform tersebut untuk fokus membuat inovasi yang benar-benar unik dan lokal," terang Jokowi dalam pembukaan acara Idbyte 2017, Kamis (28/9) lalu.

Oleh karenanya, perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara berkomunikasi melainkan menjadi sebuah metode perdagangan. Mulai banyak bermunculan e-commerce yang berguna sebagai tempat jual-beli barang secara online. UMKM pun sepertinya harus menanggapi kemunculan e-commerce.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mengajak generasi muda untuk terus mengembangkan kemampuan dalam berbisnis. Inovasi bisnis itu harus didukung dengan kemampuan informasi teknologi (IT) sehingga bisa memasarkan produk mereka secara digital. Siapa pun yang tidak mengikuti arus digital ini dipastikan bakal tertinggal. Keberadaan e-commerce bisa jadi angin segar tetapi kalau tidak segera dikejar maka industri UMKM malah melorot. Sebab, salah satu masalah UMKM adalah pemasaran.

Pemerintah mendukung para pengusaha untuk mulai merambah ke dunia digital dengan mengadakan beberapa program yang akan melancarkan langkah pengusaha. Pemerintah telah menyiapkan berbagai program yang bisa digunakan baik untuk pengusaha baru, UMKM, maupun pebisnis yang sudah menjalankan usaha secara konvensional. Pemerintah ikut mendorong pemasaran para pelaku UMKM. Pertumbuhan perdagangan e-commerce menunjukkan tren meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan industri e-commerce ini sejalan dengan target pemerintah yang memperkirakan nilai transaksi perdagangan berbasis digital bisa mencapai USD130 miliar pada 2020. Selain itu, Indonesia juga memiliki visi menjadi digital nation pada dua tahun ke depan melalui 1.000 startup dari berbagai skala.

Anggota Dewan Penasihat Asosiasi e-Commerce Indonesia Daniel Tumiwa menyampaikan industri e-commerce di Tanah Air akan menopang pertumbuhan ekonomi pada 2018. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pelaku UMKM yang berpindah ke sistem online.

”UKM yang go e-commerce akan berkembang cepat, ini akan mempekerjakan tambahan orang, mereka juga akan mendapatkan tambahan uang penghasilan,” ungkap Daniel di Jakarta, Jumat (17/11), sebagaimana dikutip Bernas.

Bertambahnya jumlah pelaku UKM yang berjualan di lapak-lapak e-commerce diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya masing-masing. Selain itu, juga akan menciptakan lowongan pekerjaan sehingga mendorong daya beli masyarakat di daerah.  

Keuntungan e-commerce

Adanya internet, produk UMKM yang dijual tak lagi terbatas geografis. Muncul e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shoope, Blili dan banyak lainnya. Namun, sebagian banyak dimanfaatkan oleh pengusaha besar tetapi pengusaha UMKM yang menggunakan layanan e-commerce masih sedikit.  

Sebenarnya sudah ada marketplace yang dikhususkan untuk para pengusaha UMKM. Misalnya, UKMMarket.co.id yang diperkenalkan sejak tahun 2014. Adalah sebuah layanan perdagangan berbasis elektronik yang memberikan kenyamanan dan kemudahan jual-beli barang. Toko online ini merupakan bentuk kerjasama Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Lebih dari 600 produk UMKM dengan berbagai jenis kategori dari berbagai wilayah di Indonesia mulai dipasarkan melalui e-commerce ini. Seperti pada umumnya, pemesanan barang pun dengan beberapa langkah singkat. Soal transaksi pembayaran dilakukan dengan beberapa metode, yakni internet banking, layanan mobile money, dan melalui transfer antar rekening.

Selanjutnya, ada Kriya Indonesia kriya.co.id. Layanan ini untuk UKM usaha kreatif. Layanan yang diluncurkan ini sebagai jembatan pelaku UKM untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas. Hadir dengan konsep ‘Everthing You Need”, Kriya Indonesia menyediakan kebutuhan costumer mulai dari fesyen, handicraft, furniture agrikultur yang merupakan karya anak bangsa.

Kriya berhasil menjalin kerjasama dengan bank-bank di Indonesia. Kerjasama ini agar UMKM bisa mendapatkan dana pinjaman untuk modal usaha. Kalau usaha lokal berkualitas maka bisa menembus pasar internasional.

Banyuwangi-mall.com dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI).  Pemkab Banyuwangi sengaja meluncurkan digital market untuk memperkuat daya saing pelaku UMKM. Dikatakan Ir. Prasetyo Atmosutidjo MM selaku Ketua Umum Komunitas UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengungkapkan di Jogja sebenarnya banyak pelaku UMKM tetapi masih sulit untuk menjalankannya karena keterbatasan waktu dan lebih fokus menggarap produknya. Meski produk lokal tapi sudah diekspor ke luar negeri.

“Lokal tapi sebagian teman-teman kita itu sudah ekspor lho. Sudah ada yang lebih sepuluh tahun ekspor. Iya, kualitas juga bagus mereka. Cuma mereka itu kan pekerja keras ya, biasanya bekerja, dia kan ditangani sendiri. Jadi, yang bapak-bapaknya atau ibunya ini kan nggak sempat belajar e-commerce gitu ya,” lanjut Prasetyo saat dihubungi Bernas, Selasa (19/12).

Kepada Bernas, Prasetyo mengaku senang jika UMKM bisa fokus menuju e-commerce. Diakuinya produk-produk UMKM memang bagus dan berkualiatas karena bisa menembus pasar internasional, ke Eropa, Amerika, Jepang, Tiongkok dan wilayah lainnya. Meski sudah ada internet, pemasaran produk secara online seperti e-commerce, lanjutnya, belum bisa dilaksanakan dengan baik.

“Sudah ada beberapa tapi terus terang masih sangat minim, minimal sekali. Pada posisi yang ini memang perlu digarap kan? Kalau mereka suruh belajar sendiri saya kira susah karena mereka kan waktunya habis untuk menangani (produksi) itu kan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan, Pakar Ekonomi Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Dr. Jumadi, SE., MM menyampaikan pelaku UMKM butuh edukasi dan didampingi agar digarap maksimal.

“Yang pertama mungkin perlu adanya edukasi. Jadi, bahwa dunia ini kan sekarang lebih dekat ya dengan IT termasuk  apa namanya e-commerce di UMKM. Sebenarnya kami tahun 2006 itu sudah mewacakan untuk mengarah ke situ, namun ada beberapa kendala yang ada di lapangan,” jelas Jumadi saat dihubungi Bernas, Selasa (19/12).

Data yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, tahun 2016 menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 132,7 juta pengguna internet di Indonesia. Hal ini merupakan peluang bagi para pelakus bisnis, khususnya koperasi dan UMKM untuk memasarkan barang jasa melalui dunia maya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah dari total pelaku bisnis tersebut, tercatat 3,79 juta pelaku UMKM sudah memanfaatkan e-commerce, yang memanfaatkan platform marketplace di Indonesia, seperti Lazada, Bukalapak, Blibli, dan Tokopedia. Kementerian Koperasi dan UKM pun terus mendorong upaya pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku bisnis koperasi dan UMKM.

Dalam rilis yang diterima Bernas, Selasa (19/12), Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyampaikan berbagai kebijakan dan program dalam mengembangkan koperasi dan UMKM menuju digital economy, antara lain: pendaftaran Badan Hukum Koperasi dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi Online; Peningkatan kapasitas SDM KUMKM dan mahasiswa (vocational training) sebagai Techno-preneur; pengembangan PLUT melalui Kampung UKM Digital yang bekerjasama dengan PT. Telkom Tbk. Selanjutnya, pendaftaran UMKM sebagai merchant di marketplace SMESCO, www.smescotrade.com serta kerjasama dengan berbagai marketplace lainnya.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo mengeluarkan roadmap e-commerce yang menjamin hidupnya e-commerce di Tanah Air. Hal ini berkaitan dengan pendanaan. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tentunya memudahkan e-commerce untuk mendapatkan pinjaman dana. Dalam peraturan pemerintah (permen) pemerintah akan memberikan insentif dan penjaminan kepada lembaga penyalur pinjaman utnuk mendukung pertumbuhan bisnis e-commerce.


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Nasional

Ketua MPR: Jadikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk Terus Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

JAKARTA, BERNAS.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang selalu diperingati setiap 1 Oktober, sesuai Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967, tak boleh sekadar menjadi upacara yang bersifa ...

Pendidikan

SMK Negeri di DIY Diorong Jadi BULD

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada siswa dan masyarakat, Pemda DIY mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri di DIY untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BULD). Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji ...

Kesehatan

Restoran di Kota Jogja Sudah Terverifikasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Usaha untuk memastikan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Corona terus dilakukan di Kota Jogja. Salah satunya dengan melakukan verifikasi kesehatan di restoran  anggota PHRI, yang su ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Geledah Rumah Terduga Teroris Asal Sragen di Berbah

SLEMAN, BERNAS.ID - Densus 88 melakukan penggeledahan rumah terduga teroris atas nama BY (32), warga Mojopuro Sumberlawan Sragen, Jateng. Sebelumnya, BY ditangkap Densus sore hari kemarin, Rabu (30/9/2020) di depan RSU Dharma, Sendangtirto, ...

DIY

Pekerja GQ Hotel Tinggal Menunggu Angka Pesangon yang Ditawarkan Pengusaha

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 55 pekerja PT Griya Asri Hidup Abadi (Hotel Grand Quality Yogyakarta) kembali mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sleman untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai pekerja sesuai Undang-undang Ketenagakerja ...

Sintesa

Cerita Indah dari Desa Pemantap Posisi Pendidikan sebagai Solusi

Oleh:  Adil Basuki Ahza dan Sudjarwadi Cerita ini sembilan puluh lima persen dari copy tulisan di WA japri. Pengirim WA adalah pak Adil yang hidupnya dijalani sebagai dosen IPB Bogor. Ceritanya berikut ini. Cerita kakek Situtena ...

Hukum dan Kriminal

Ratusan Handphone Warga Binaan Lapas Pakem Dimusnahkan

SLEMAN, BERNAS.ID - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Yogyakarta memusnahkan barang sitaan berupa 215 handphone berbagai merek dan barang lainnya dari Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Rabu sore (30/9/2020). Barang sitaan d ...

Kesehatan

Karyawan Dapur Positif Covid-19, Warung Mie di Kotabaru Ditutup

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus Covid-19 di bidang usaha kuliner kembali muncul di Kota Jogja. Setelah sebelumnya khalayak diramaikan dengan Klaster Soto Lamongan, kini kasus Covid-19 muncul di satu warung mie kekinian di kawasan Kotabaru, Go ...

Hukum dan Kriminal

Edarkan Upal, Warga Bantul Ditangkap Pemilik Toko

SLEMAN, BERNAS.ID - Warga Banguntapan Bantul berinisial TSJ (30) harus berurusan dengan pihak kepolisian gara-gara kepergok mengedarkan uang palsu (upal) di sebuah toko di kawasan Gejayan Sleman, Selasa malam (22/9/2020). Ia ditangkap setel ...

Inspirasi

New Entrepreneur, Berbagai Jalan Pilihan Kewirausahaan

Euforia kewirausahaan yang menurut pengamatan saya dimulai awal 2000an dan memuncak antara 2005 - 2007 telah menghasilkan gelombang tsunami kewirausahaan yang masuk sampai kampus, sekolah, ibu rumah tangga, karyawan, bahkan juga PNS. Menjad ...

Pendidikan

1300 Anak di Sleman Putus Sekolah dan Tidak Bersekolah

SLEMAN, BERNAS.ID - Sekitar 1300-an anak dari berbagai jenjang sekolah (SD-SMA/SMK) di Sleman ditemukan tidak sekolah dan putus sekolah. Data tersebut dikeluarkan oleh satuan tugas (satgas) pendataan dan penanganan anak usia sekolah yang pu ...

Kesehatan

Tangkal Covid-19, Dilakukan Penempelan Stiker ke Pengunjung Pasar

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Disperindag Kota Yogyakarta telah melaksanakan upaya penempelan stiker kepada pengunjung pasar, dimulai di Pasar Beringharjo. Ini untuk menandai bahwa pengunjung sudah melalui pengecekan suhu tubuh. Kepala Bi ...

DIY

Terdampak Tol, Warga Sanggrahan Ingin Bangun Rumah di Sawahnya

SLEMAN, BERNAS.ID - Suryana (63) berencana membangun rumah barunya di lahan sawah miliknya, dikarena rumahnya di RT 04 Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Sleman akan terdampak jalan tol. Ia beralasan karena tidak ingin berpisah jauh dengan tetang ...

DIY

Revitalisasi Drainase Jalan Kemasan Kotagede Dilengkapi 100 Sumur Resapan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta kini tengah menyelesaikan proyek revitalisasi saluran drainase di Jalan Kemasan Kotagede. Drainase akan dilengkapi dengan 100 unit sumur peresapan air hujan sebagai upaya konservasi air sehingg ...

Editorial

Hari Kereta Api dan Lokomotif Pemulihan

Oleh : Cahyadi Joko Sukmono, Pemimpin Redaksi Harian Bernas Hari ini, 28 Oktober, adalah Hari Kereta Api.  Tanggal ditetapkan berdasarkan peristiwa bersejarah tahun 1945 setelah proklamasi kemerdekaan saat direbutnya Kantor Pusat ...

UMKM

Anggota DPR RI Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf meminta pemerintah untuk membebaskan UMKM dari pengenaan tarif sertifikasi halal terhadap produk yang mereka ajukan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Menurutn ...

Nasional

Viral Konten AR pada Uang Rp 75.000, Begini Tanggapan BI

JAKARTA, BERNAS.ID - Beredar melalui media sosial dan kini menjadi viral tentang uang pecahan Rp 75.000 yang memiliki konten augmented reality atau AR. Dengan menggunakan aplikasi tertentu melalui handphone, pada mode pengambilan video atau ...

Pilkada

Pilkada di Masa Pandemi, Sri Muslimatun Komitmen Lindungi Masyarakat

SLEMAN, BERNAS.ID - Pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan kampanye yang melibatkan massa. Agenda-agenda kampanye yang melibatkan kerumunan massa secara tegas dilarang oleh PKPU Nomor 13 Tahun 2020 dan Maklumat Ka ...

Kesehatan

Operasi Gabungan untuk Disiplinkan Masyarakat Jogja Terhadap Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, maupun Satpol-PP dan Dishub Kota Yogyakarta melaksanakan patroli di sejumlah titik yakni Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton). Operasi yustisi dilakukan terkait d ...

Ekonomi

Upaya Terkini Tingkatkan Literasi Digital Pedagang Pasar Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi digital pedagang pasar rakyat di Kota Yogyakarta, sejumlah relawan dari Beringharjo.co.id menginisiasi Semar School. Ini untuk meningkatkan literasi pedagang terhadap dunia ...

Hukum dan Kriminal

Merasa Dicemarkan, Alumni Gugat UII Yogyakarta

BANTUL, BERNAS.ID - IM, alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang diduga sejumlah pihak melakukan pelecehan seksual menggugat UII Yogyakarta terkait pencabutan Surat Keputusan (SK) mahasiswa berprestasi guna membersihkan nama ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Menduga Ada Pelanggaran saat Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengeluarkan sikap terkait adanya kegiatan massa pendukung di luar Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Sleman saat berlangsungnya Pleno Pengundian Nomor Urut Pasangan C ...

DIY

Edukasi Protokol Kesehatan Digencarkan Hingga Tingkat KampungĀ 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu aspek paling penting selama pandemi Covid-19. Karena itu, Pemkot Yogyakarta, melalui Satpol PP Kota Yogyakarta dan tim gabungan pun gencar melakukan operasi protok ...

Kesehatan

Pemkot Yogyakarta Rencanakan Shelter Khusus Tenaga Kesehatan

YOGYAKART, BERNAS.ID - Sempat ditutupnya empat Puskesmas di Kota Yogyakarta dan terpaparnya beberapa tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit membuat keberadaan shelter bagi nakes dipertimbangkan kembali. Jajak pendapat pun dilakukan untuk m ...

Olahraga

Laga Perdana Liga 1, Tim PSS Jalani Tes Usap

SLEMAN, BERNAS.ID - Laga perdana Liga 1 2020 akan segera digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis 1 Oktober 2020. Laga pertama mempertemukan PSS Sleman melawan Persik Kediri yang akan dimulai pukul 18.30 WIB. Untuk itu, seluruh pemai ...

Inovasi

Tak Sampai 2 Menit, GeNose Bisa Endus Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - Menristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro mengapresiasi alat deteksi Covid-19 lewat hembusan napas yang dikembangkan oleh tim peneliti UGM. Dia mengatakan pihaknya siap untuk mendukung uji klinis lanjutan GeNose. “R ...

Analisa Pilkada

KPU Diminta Jamin Pelaksanaan Disiplin Protokol Kesehatan dalam Pilkada 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto meminta agar upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 benar-benar dijalankan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kesempatan, termasuk berkaitan dengan ...

Daerah

Masyarakat Antusias Menjajal Tol Pekanbaru-Dumai, Sebabkan Antrian Panjang di Pintu Tol

PEKANBARU, BERNAS.ID - Pasca diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat kemarin (25/9/2020),Tol Pekanbaru-Dumai (Tol Permai), secara resmi sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat hari ini mulai pukul  06.0 ...

Olahraga

Gol Bunuh Diri Membuat Timnas U-19 Indonesia Kalah dari Bosnia-Herzegovina

KROASIA, BERNAS.ID - Sebuah gol bunuh diri, membuat Tim Nasional U-19 Indonesia kalah dari Bosnia Herzegovina dalam pertandingan ujicoba di Kroasia Jumat malam (25/9/2020) waktu Indonesia. Gol bunuh diri tersebut dilakukan oleh bek tenga ...

Pendidikan

Siswa Diminta Lapor Kalau Belum Terima Kuota Internet untuk Belajar

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Saat ini sejumlah siswa dan guru di Kota Yogyakarta sudah mulai menerima bantuan subsidi kuota data internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada penerimaan tahap pertama untuk September. Dinas Pendid ...

Budaya

Foto Liputan Covid-19 Karya PFI Jogja Hadir di FKY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Puluhan foto karya fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) menjadi bagian dari pameran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020. Karya foto bertema ‘Covid-19 Dalam Lensa Jurnalis’ terpaja ...

DIY

Puluhan Pekerja Hotel Adukan Nasibnya di Disnaker Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 55 pekerja PT Griya Asri Hidup Abadi (Hotel Grand Quality Yogyakarta) mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sleman untuk mendapatkan kembali hak-haknya sebagai pekerja sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan. ...

Inspirasi

Falsafah Hidup Prof. Soedjarwadi (Mantan Rektor UGM)

Setiap manusia mempunyai prinsip atau falsafah hidup sendiri-sendiri, termasuk mereka yang sudah terbilang sukses dalam menjalani kehidupan ini.  Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. adalah mantan Rektor Universitas Gadjah Mada perio ...

Nasional

Wiku Sebut Peningkatan Kasus Positif Baru Akibat Kegiatan Calon Kepala Daerah

JAKARTA, BERNAS.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan penambahan kasus positif baru Covid-19 terus mengalami peningkatan. Pada Kamis (24/9/2020) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.634 da ...

Lifestyle

Jalur Gowes Susur Kampung Kota Jogja Diluncurkan, Ada 5 Rute yang Bisa Ditempuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melakukan soft launching Jalur Sepeda Gowes Susur Kampung Kota Yogyakarta, Jumat (25/9/2020) di kawasan Bendung Lepen Kotagede. Ini disertai dengan launching aplikasinya di Jogja Smart Service (JSS) ...

DIY

60 Pabrik di DIY Berisiko Tinggi Sebarkan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 60 pabrik di DIY dinilai berisiko tinggi untuk penyebaran Covid-19. Untuk mengantisipasi terjadinya penularan, Pemda DIY terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan dan penggunaan Jogja Pass sebagai a ...

Kesehatan

35 Persen Wilayah Sleman Masuk Zona Merah Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menerbitkan peta epidemiologi COVID-19 per wilayah Kapanewonan (Kecamatan-red) se-Kabupaten Sleman per tanggal 20 September 2020. Peta epidemiologi COVID-19 ini memberikan gambaran si ...

DIY

Pol PP Kembali Perketat Pengawasan Tempat Kumpul Anak Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja DIY kembali memperketat pengawasan tempat kumpul anak muda seperti kedai kopi dan tempat hiburan. Ini dalam upaya mencegah penularan COVID-19. "Karena terus terang dari laporan Dina ...

Pilkada

Hari Ini, KPU Sleman Mengundi Nomor Urut Bapaslon Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan pengundian nomor urut pasangan bakal calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati di Gedung Serbaguna Sleman pada hari Kamis (24/9/2020). Nomor urut pasangan diambil ole ...

Analisa Pilkada

25 Calon Kepala Daerah ini Dipastikan Akan Melawan Kotak Kosong dalam Pilkada 2020

BERNAS.ID - Pilkada tahun 2020 ini memang mengundang banyak polemik. Setelah pro kontra mengenai penundaan penyelenggaraan pilkada karena situasi dan ancaman pandemi, sekarang muncul lagi fenomena politik yang cukup unik.  Taha ...

Politik

PB MDHW: Lanjutkan Pilkada 2020 dengan Protokol Kesehatan Ketat

JAKARTA BERNAS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan tidak akan menunda Pilkada 2020 meski muncul banyak masukan penundaan. Jokowi mengambil keputusan ini setelah mendengarkan dan mempertimbangkan masukan dari berbagai u ...

Analisa Pilkada

Pilkada 2020 Meyakinkan Pemilih Lewat E-Demokrasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah 2020, menjadikan pesta demokrasi kali ini menjadi lebih spesial. Selain dilaksanakan dalam situasi pandemi yang menuntut pemerintah bekerja keras menyesuaikan berbagai r ...

Sintesa

Cerita Menuju Pengembangan Budaya Bahari bagi Anak-anak Pesisir

Oleh:  Profesor Sudjarwadi Suatu pagi Yatica masuk rumahnya dari halaman depan sambil menenteng sesuatu. Situtena, suaminya, mengira Yatica membawa makanan tetapi ternyata bukan makanan. “Yang, ini ada kiriman buku dar ...

DIY

ASN DIY Positif Covid-19 Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Seorang ASN (Aparat Sipil Negara) Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meninggal dunia setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Almarhum (50) yang berjenis kelamin laki-laki meninggal pada hari Rabu (23/09), pukul 9.57 ...

Pilkada

Petahana Bantul Bakal Bertarung di Pilkada

BANTUL, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul hari ini, Rabu (23/9/2020) telah menetapkan 2 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak lanjutan pada 9 Desember 20 ...

Olahraga

Meski Covid-19 Terus Menyebar, Lanjutan Liga 1 di DIY Jalan Terus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walau penambahan kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi khususnya dalam beberapa minggu terakhir, DIY akan tetap menjadi homebase sejumlah klub dalam lanjutan Liga 1 yang akan dimulai pada 1 Oktober mendatang ...

Analisa Pilkada

KPU Sleman: Tiga Paslon Lolos Seleksi Administrasi

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman secara resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Sleman untuk maju di Pilkada 2020. Penetapan diputuskan setelah melakukan rapat pleno tertutup. ...

Pariwisata

25 Usaha Jasa Pariwisata Jogja Terverifikasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 25 dari total 57 usaha jasa pariwisata di Kota Yogyakarta telah memperoleh surat keterangan terverifikasi protokol kesehatan dari pemerintah daerah setempat hingga pekan ketiga September, yang terdiri dari 2 ...

Olahraga

Tiga Pemain PSS Dipanggil ke Timnas U-16

SLEMAN, BERNAS.ID - Tiga orang pemain muda PSS Sleman dipanggil untuk mengikuti pemusatan pelatihan Timnas Indonesia U-16. Ketiganya adalah Raka Octa yang berposisi penjaga gawang, Iput Nurhasan yang berposisi sebagai stopper, dan Fahmi Alv ...

DIY

Sultan: Pilkada Jangan Sampai Jadi Klaster Baru

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski menuai kontroversi, Pemerintah Pusat tetap memutuskan untuk melanjutkan Pilkada pada pada 9 Desember mendatang. Merespons hal ini, Pemda DIY menyerahkan pelaksanaan pilkada pada KPU dan berpesan agar janga ...