Berita Nasional Terpercaya

Hindari Pemakaian Celana Jeans Saat Mendaki Gunung, Agar Tidak Terjadi Hal Ini!

0

Bernas.id – Mendaki gunung sudah menjadi aktivitas yang seru untuk dilakukan. Selain memacu adrenalin karena melewati medan yang ekstrem, mendaki gunung juga menjadi wisata alam yang apik. Kita akan disuguhi pesona alam cantik nan indah.

Perlu lebih diperhatikan, kids zaman now kadang mendaki gunung menggunakan celana jeans. Padahal memakai celana jeans ketika mendaki sangat tidak dianjurkan lo. Berikut beberapa alasan kenapa mendaki gunung tidak dianjurkan memakai celana jeans:

1. Bahannya Berat;

Bahan jeans adalah bahan kain yang seratnya rapat dan tebal. Memakainya saat melakukan kegiatan sehari-hari saja sudah berat dan gerah. Apalagi jika kids zaman now memakainya pada kegiatan yang cukup menguras banyak energi seperti mendaki gunung. Celana jeans itu ketat, pasti tidak bisa leluasa bergerak. Padahal kegiatan ini menuntut kita untuk bergerak dengan mudah, bebas, dan sebisa mungkin celana yang dipakai harus ringan.

2. Mudah Basah Namun Susah Kering;

Jika celana jeans terkena air contohnya hujan, kabut tipis atau apapun yang kita lalui mengandung air maka akan sangat mudah basah. Selain itu, jika sudah basah, celana jeans akan sangat susah untuk kering. Berbeda dengan bahan kain lain yang lebih tipis dan lebih ringan. 

3. Tidak Mampu Menghangatkan;

Tidak seperti bahan kain parasut, polar atau bahan kain quickdry. Jeans tidak memberikan kehangatan, sekalipun sudah masuk ke dalam tenda atau sleeping bag. Jika bagian tubuh kaku dan dingin, maka bagian lain dalam tubuh juga akan ikut dingin. Keadaan ini akan sangat berbahaya!

4. Terkena Hipotermia;

Buang jauh-jauh keinginan untuk mengenakan celana jeans di gunung. Jika tidak, bisa-bisa terkena hipotermia. Sangat menyeramkan, karena hipotermia bisa mengacaukan syaraf dan paling parahnya bisa berujung pada kematian.

5. Boros Ruang dalam Pengemasannya.

Selain berat, celana jeans juga susah untuk dilipat atau di-packing karena menghabiskan space yang besar dalam pengemasannya. Terutama yang berbahan kaku. Sudah barang tentu jika kamu tidak ingin membawa beban berlebih saat mendaki gunung bawalah celana lain yang lebih praktis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.