Berita Nasional Terpercaya

Awas! Bahaya Struk Belanja yang Wajib Kamu Waspadai

0

Bernas.id – Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan, kertas struk tidak aman bagi kesehatan karena mengandung racun. Kertas yang sering kita terima dari kasir maupun dari ATM telah diketahui mengandung BPA (Bisphenol A). Jika dulu yang diwaspadai hanya botol susu dan botol minuman, kini ancaman BPA juga terdapat pada struk pembayaran.

Peneliti menemukan kadar BPA yang terkandung dalam struk pembayaran sangat tinggi. BPA digunakan untuk membuat tinta agar terlihat pada struk pembayaran termal.

?Konsumen terpapar BPA saat penjual menyerahkan kuitansi,? kata ilmuwan senior Dr Anila Jacob seperti dikutip dari AOL News. Struk ini menumpuk di dompet, atau tas belanja dan bercampur dengan makanan. Ketika di tangan, slip kertas termal itu dengan mudah dapat mencemari jari-jari, kemudian ke mulut atau kulit.

Zat kimia yang menyerupai hormon estrogen pada perempuan ini diketahui dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan, terutama untuk anak-anak muda. Jika seseorang memegang kertas struk pembayaran selama 10 detik, maka akan memindahkan 2,5 mikrogram BPA dari kertas ke jari. Sedangkan jika menggosoknya akan meningkatkan jumlah BPA yang berpindah ke jari sekitar 15 kali lipat.

Sementara itu, penelitian dari Washington Toxic Coalition and Safer Chemicals menemukan bahan kimia pada 21-22 kertas tagihan yang diuji, meskipun kandungannya rendah dibandingkan struk pembayaran. Lebih dari 130 penelitian menunjukkan tingkat BPA yang tinggi berhubungan terhadap masalah kesehatan serius, termasuk kanker payudara, obesitas dan pubertas dini.

Selain itu BPA menyebabkan kulitas sperma menurun loh. 

Hal ini juga perlu diingat bahwa kita tidak disarankan menggunakan hand sanitizer saat lagi berbelanja karena sebuah penelitian terbaru menemukan orang yang memakai hand sanitizer setelah memegang struk belanja akan lebih banyak terpapar BPA. Nyatanya BPA yang ada di struk belanja dapat berpindah dengan mudah dari tangan ke makanan. Bahkan, BPA akan masuk ke dalam tubuh lewat kulit hingga masuk ke usus.

Setelah mengetahui bahaya struk belanja, masih berani megang lama-lama? 

Sebaiknya hindari memegang struk belanja karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Semoga bermanfaat.kesehatan

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.