Berita Nasional Terpercaya

Resolusi Pelajar Di Tahun 2018. Nomor 4, 5 dan 8 Perlu Perhatian Khusus!

0

Bernas.id – Hendaknya setiap pelajar  memiliki resolusi dan rencana di setiap awal tahun. Resolusi diperlukan sebagai arah tujuan yang hendak dicapai dan bisa dievaluasi bila mengalami kegagalan. Hasil suatu penelitian menyebutkan bahwa penyebab utama kegagalan mewujudkan resolusi adalah pikiran negatif. Pikiran negatif bisa menandai pikiran dan membuat perbedaan tentang cara menggunakan otak untuk berpikir dan berusaha.

Pelajar yang cerdas dan kreatif hendaknya menanamkan dalam mindset-nya untuk memiliki kebiasaan berpikir positif. Kebiasaan berpikir positif pelajar menunjukkan sikap, perilaku dan tindakan yang akan mendatangkan manfaat besar bagi individu yang bersangkutan saat ini di masa yang akan datang.

Pada tahun baru nanti (2018) paling tidak ada 11 resolusi yang bisa dicanangkan pelajaruntuk meraih kesuksesan, yang semuanya berhubungan dengan pikiran positif pelajar, sebagai berikut:

1. Kesehatan. Pelajar harus membiasakan diri hidup sehat, menerima asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, melakukan olahraga secukupnya secara rutin dan istirahat yang cukup agar tubuh sehat dan bisa belajar dan beraktifitas secara optimal.

2. Meyakini keberhasilan. Pelajar yakin dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan kepadanya. Juga mempunyai keyakinan berhasil naik kelas, lulus ataupun diterima ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan nilai yang baik.

3. Optimis. Optimis sukses dalam segala hal dengan ikhtiar optimal diiringi doa dan memperkuat ibadah, kemudian hasilnya diserahkan kepada Allah.

4. Emosi yang positif. Pikiran positif akan mengeluarkan emosi yang positif juga. Bisa mengendalikan diri manakala menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan.

5. Menyikapi kegagalan secara positif. Dengan memiliki pikiran positif pelajar akan mampu mengembangkan pandangan bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Bisa dicoba di lain kesempatan hingga meraih kesuksesan.

6. Percaya diri. Kebiasaan berpikir positif pelajar juga berkontribusi terhadap pengembangan kepribadian dan rasa percaya diri.

7. Citra diri positif. Jika pelajar berpikiran positif maka dirinya akan mempunyai citra diri yang positif pula. Menjaga image bahwa dirinya sebagai kaum terpelajar, sehingga berhati-hati dalam berujar, berperilaku dan bertindak.

8. Sikap mengambil hikmah dari suatu kejadian. Pelajar yang memiliki pikiran positif selalu bisa menghadapi masalah dan mendapatkan solusi sehingga terhindar dari kecemasan dan stres yang berkepanjangan.

9. Kreatif dan kritis. Isi pikiran yang positif bisa memunculkan ide-ide cemerlang. Pelajar yang kreatif dan kritis sangat diperlukan di abad 21 sehingga mampu bersaing dengan pelajar manca negara.

10. Prakiraan dengan perhitungan yang matang. Pelajar yang terbiasa berpikir positif selalu rajin, ulet dan gigih menghadapi tugas-tugas yang ada hingga meraih kesuksesan. Segala tindakannya penuh dengan perhitungan yang cermat, teliti dan matang.

11. Hubungan sosial yang positif. Pikiran positif pelajar diperlukan saat menghadapi orang lain dan lingkungan sekolah serta lingkungan sosial lainnya.

 

Dengan menerapkan 11 resolusi dengan pikiran positif ini diharapkan semua pelajar Indonesia menatap tahun 2018 dengan optimis dan penuh keyakinan menggapai kesuksesan prestasi, baik secara akademik, non akademik maupun kepribadian. Pelajar Indonesia memiliki sikap tangguh, tahan banting, siap bekerja keras dan cerdas serta siap bersaing dengan  pelajar dari mancanegara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.