Berita Nasional Terpercaya

Wow, Dua Permainan Tempo Dulu, Ternyata Dapat Menaikkan Kecerdasan Anak Anda

0

Bernas.id – Manusia adalah makhluk di muka bumi yang paling sempurna di antara mahluk lainnya. Karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia yaitu memiliki akal. Akal manusia memiliki kemampuan untuk mempelajari hal apa pun. Rasa keingintahuan dalam akal manusia memicu belajar pada apa pun dan tidak hanya belajar di kursi sekolah semata.

Segelintir orang tua masih ada yang mengabaikan anaknya bermain permainan tempo dulu. Belajar bisa kita dapatkan dari sebuah permainan anak tempo dulu. Permainan anak-anak tempo dulu ternyata banyak bermuat ilmu. Meskipun dirancang sederhana, ternyata permainan anak tempo dulu syarat penuh teknik kejelian. Otak anak Anda akan bekerja keras, meski terlihat asyik dan santai memainkan permainan tempo dulu. Tanpa kita sadari permainan anak tempo dulu dapat meningkatkan kecerdasan pada usia anak-anak. Tingkat kecerdasan anak akan terpacu karena ada rasa penasaran ingin menyelesaikan sebuah permainan dengan ragam teknik jeli.

Dari kejelian berpikir inilah, seorang anak akan terus memutar otak kiri dan otak kanan agar dapat memenangkan sebuah permainan. Maka dari itu berikan anak keleluasaan belajar dari sebuah permainan. Nah, dua permainan tempo dulu berikut ini menggambarkan tingkat kecerdasan pada anak Anda.

1. Permaina?n rubik dapat memacu kemampuan berpikir pada otak

Anda harus tahu, kubus rubik ternyata sebuah permainan yang sudah bertahan beberapa dekade, bahkan tetap eksis sampai sekarang. Erno Rubik adalah seorang arsitek dari hongaria yang menemukan rubik pertama kalinya. Jangan dilihat dari cara memainkan rubik sederhana, cobalah permainan rubik ini dengan teliti. Menyelesaikan permainan rubik sebetulnya hanya merapikan ragam warna sampai menjadi satu jalur warna yang sama. Akan tetapi jangan salah, untuk bisa menyelesaikan permainan rubik, membutuhkan waktu berhari-hari. Perkembangan rubik awalnya hanya 3 x 3. Rubik berkembang menjadi 4 x 4, 5 x 5 dan terakhir sampai 7 x 7. Rubik ada yang berbentuk segi enam dan juga ada yang berbentuk segi delapan. Semuanya memiliki tingkat kesulitan yang sama yaitu butuh kesabaran, kejelian dan ketelitian.

2. Permainan monopoli dapat melatih kesempatan pembagian keuangan

Permainan monopoli pada orang dewasa terlihat seperti tidak memiliki pekerjaan. Namun akan terasa berbeda jika permainan monopoli dimainkan oleh anak-anak. Dalam permainan monopoli ada banyak uang, hotel, rumah bahkan sampai jembatan. Ternyata semua kategori yang ada dalam permainan monopoli memacu pembelajaran manajemen keuangan. Mulai dari cara mendapatkan modal awal, keuangan berkembang, uang terkuras, lalu meminjam uang dari bank. Dari permainan monopoli dengan cara tersebut, membuat anak terpacu memanfaatkan kesempatan, bagaimana caranya menjaga keuangan dan cara menginvestasikan uang dengan baik.

Dua permainan ini ternyata di tengah masyarakat masih terlihat eksis. Bahkan kedua permainan ini masih dapat dibeli dengan mudah. Meski permainan anak zaman sekarang lebih kepada permainan berbasis digital, namun kedua permainan ini masih digemari anak-anak. 

Selain mengasah otak, permainan anak-anak tempo dulu lebih dari sekedar aman. Syarat akan pengetahuan, wawasan, permainan anak tempo dulu juga mengajarkan kejelian dan melatih ketelitian. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.