100 Wonderful Events Indonesia 2018, Jangan Lewatkan Ini

Aloysia Nindya Paramita - Sunti Melati
03 Januari 2018

Jember Fashion Carnaval (Sumber Foto: istimewa)

Bernas.id - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata mulai memasang target besar di tahun 2018. Salah satu cara untuk menggenjot kujungan wisatawan ke Indonesia adalah menyeleksi 100 dari 3000 event wisata lokal ke dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018. Melalui program ini, pemerintah kemudian memasang target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 17 juta orang dan 270 juta orang wisatawan nusantara (wisnus) di tahun 2018 ini.

“Tahun 2018 kita ingin mempunyai lebih 100 premier event berskala international untuk mengenjot kunjungan wisman. Untuk ini perlu ada stimulus pada setiap daerah agar menciptakan event berskala international masuk dalam calendar of event  Kemenpar sebagai Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018,” papar Menpar Arief Yahya dalam keterangananya seperti dikutip Bernas, Selasa (2/1).

Pariwisata Indonesia memang kian diminati para pelancong dari luar negeri. Beberapa hal yang menandakan pariwisata Indonesia makin maju adalah capaian jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mulai menanjak. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyampaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dari Januari-Agustus 2017 mencapai 9,25 juta orang atau naik 25,68 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya, sebanyak 7,36 juta orang.

Event yang bakal diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia telah dikemas dalam buku panduan atau  Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018 yang sudah disiarkan pada 21 September 2017 lalu. “Untuk pertama kali di Indonesia, kali ini buku daftar kalender event tersebut, semua sudah tercantum jadwal rencana pelaksanaannya,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers di Kemenpar beberapa waktu lalu.

Seleksi untuk menentukan 100 destinasi wisata unggulan tersebut juga berasal dari DIY. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Drs. Imam Pratanadi., MT menyampaikan bahwa Dispar diminta untuk mengajukan event-event di daerah yang berskala internasional.

“Dinas Pariwisata DIY diminta oleh Kementerian Pariwisata untuk mengusulkan event-event yang telah memiliki platform internasional. Saat itu seluruh event berskala internasional kami sampaikan kepada Kementerian,” ungkapnya kepada Bernas saat dihubungi, Selasa (2/1).

Penetapan 100 event itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan pariwisata di Indonesia. Hal ini demi menunjang roda perekonomian negara. Sesuai dengan arahan Menpar Arief Yahya, event yang baik adalah kegiatan yang mewakili sebaran ruang geografis di seluruh Indonesia yang merata serta waktu yang terjadwal tetap. Bahkan, event itu berkelanjutan dan sudah berlangsung bertahun-tahun.

Menpar mengungkapkan Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018 merupakan program penting dalam memperkuat unsur 3A, yakni atraksi (attraction), kemudahan akses mencapai kawasan (accessibility), dan fasilitas (amenities). Khususnya unsur aktraksi wisata berupa festival budaya (culture), alam (nature), dan buatan manusia (manmade) yang akan menjadi unggulan dan daya tarik pariwisata Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan ’10 Bali Baru’ yang dipopulerkan oleh Kemenpar sejak awal tahun 2017. Tujuannya, agar 10 lokasi itu bisa berkembang dan populer seperti Bali yang selalu ramai wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Adapun 10 destinasi wisata “Bali Baru” yang dikembangkan pemerintah antara lain Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Morotai di Maluku Utara, dan Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Namun, pemerintah sepakat untuk berfokus kepada percepatan pengembangan empat destinasi 10 Bali Baru yang sebelumnya ditetapkan pada awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Keputusan tersebut diambil setelah Presiden Joko Widodo dan Kemenpar menggelar Rapat Terbatas Pengembangan “10 Bali Baru” di Istana Bogor pada Kamis (16/11) lalu. Keempat destinasi yang menjadi fokus pengembangan Kemenpar adalah Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Mandalika.

Menurut Menpar, fokus pada empat destinasi ini bukan berarti tidak mengerjakan enam destinasi “Bali Baru” lainnya. Arief menyebutkan 10 destinasi tetap dikerjakan, tetapi pembangunan homestay, restoran, toko cenderamata serta UKM center fokus pada empat lokasi tersebut.

“Pemerintah terus berusaha meningkatkan ketiga aspek ini untuk mencapai target pariwisata yang lebih dari sebelumnya. Dengan menambah akses transportasi ke kawasan wisata, fasilitas penginapan, hingga mengadakan acara-acara yang dapat menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (BP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuty, dikutip Bernas, Selasa (2/1).

Penghargaan Pariwisata 2017

Pariwisata Indonesia meraih kesuksesan pada tahun 2017. Kerja keras pemerintah mempromosikan wisata Indonesia membuahkan hasil. Pada September 2017, Kemenpar RI mengikuti lomba United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Video Competition 2017. Video promosi pariwisata Indonesia meraih dua penghargaan dalam ajang tersebut pada 15 September 2017. Indonesia memenangkan kategori video pariwisata terbaik kawasan Asia Timur dan Pasifik. Video pariwisata Indonesia berjudul “Wonderful Indonesia: The Journey to A Wonderful World” itu berhasil mengalahkan 63 video pariwisata lain di dunia. Masih dalam acara yang sama, video promosi itu juga memenangkan kategori lain, yakni People's Choice Award. Kategori ini berarti video promosi pariwisata Indonesia adalah video terbaik versi pilihan publik melalui sistem vote.

Selanjutnya, Indonesia dinobatkan sebagai ‘Destination of the Year' dalam ajang penghargaan The 28th Annual TTG Travel Awards 2017, di Bangkok, Thailand, Kamis (28/9). Di bulan November 2017, Indonesia dipilih pembaca Dive's Magazine memenangi destinasi selam terbaik dunia. Kali ini, Indonesia mengalahkan rival kelas berat seperti Maldives, Fiji, Meksiko, Papua Nugini. Tak hanya itu, Indonesia juga meraih juara dalam kategori Dive Center atau Resor Selam Terbaik. Juara dunia dari Indonesia itu diraih oleh Siladen Resort and Spa di Manado, Sulawesi Utara.

Keberhasilan pariwisata Indonesia di hati wisatawan dunia tak lepas dari upaya promosi pemerintah RI lewat Kemenpar. Salah satunya adalah bus yang mondar-mandir di beberapa negara. Bus yang bertuliskan “Wonderful Indonesia” menyedot perhatian warga di Berlin, Jerman. Selain tulisan “Wonderful Indonesia” ada pula gambar Danau Toba, Candi Borobudur, perempuan memanggul buah-buahan di atas kepala berlatar pesawahan di Ubud, Bali.

Kemenpar bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) wilayah Badung, Bali mempromosikan Wonderful Indonesia di Korea. Promosi wisata itu berupa kegiatan Sales Mission Korea yang akan diadakan di 3 kota yakni Seoul, Daejeon, dan Busan. Kemenpar gencar melancarkan promosi pariwisata ke Negeri Tirai Bambu. Kemenpar telah melakukan “Sales Mission Diving Tiongkok 2017” pada 31 Oktober hingga 3 November 2017 lalu. Tiga kota yang dituju adalah Jinhua, Xiamen, dan Shenzen.

Event Berskala Internasional

Beberapa event unggulan di Indonesia pada 2018 yang menarik adalah Jember Fashion Carnaval, Asian Games 2018 dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Event besar ini tak luput dari perhatian Kemenpar sebab Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan internasional.

Indonesia dipercaya menjadi menjadi salah satu kota karnaval di dunia. Kehadiran Jember Fashion Carnaval (JFC) ini mampu menggebrak pariwisata dan keragaman budaya di Tanah Air lewat peragaan busana di jalan raya. Presiden Joko Widodo yang hadir pada pagelaran Jember Fashion Carnaval tahun lalu menyatakan karnaval ini bukan hanya menjadi ikon Kota Jember tetapi ikon yang membanggakan Indonesia. Pagelaran JFC tak kalah menarik dengan karnaval tahunan yang diselenggarakan negara lain di dunia seperti karnaval Pasadena di Amerika Serikat, Rio de Janeiro di Brazil, Notting Hill di Berlin, dan Venesia di Eropa.

Saat memasuki penyelenggaraan JFC ke-16 tahun lalu, JFC sudah diakui sebagai kota karnaval ketiga terbesar di dunia. Karnaval di Provinsi Jawa Timur tahun 2018 merupakan edisi ke 17. Jika di karnaval-karnaval sebelumnya selalu mengambil tema yang terinspirasi dari Indonesia, JFC tahun ini akan mengangkat kebudayaan dari berbagai negara Asia. Tema Asia Light untuk Jember Fashion Carnaval 2018 memang berkaitan dengan perhelatan Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus mendatang. Sedangkan, JFC sendiri akan digelar di bulan yang sama, yakni 7- 12 Agustus 2018.

Disampaikan Menpar Arief dua event internasional yang akan mendatangkan puluhan ribu wisman segera berlangsung di Indonesia adalah  Asian Games di Jakarta-Palembang dan Pertemuan Bank Dunia-IMF di Bali pada Oktober 2018. Event internasional tersebut dinilainya akan membawa dampak langsung terhadap pencapaian target 17 juta wisman tahun 2018.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo dalam siaran resminya mengingatkan kembali masalah serius pariwisata di Indonesia. Bukan hanya lokasi yang indah tetapi masalah fasilitas dan transportasi pendukung menuju destinasi. Pada rapat terbatas di Pulau Dewata, Jokowi membahas soal perkembangan destinasi wisata. Pihaknya menekankan soal tata ruang dari tiap destinasi wisata baru harus sudah mulai disiapkan secara cermat.

"Saya hanya ingin memberikan beberapa hal yang ada di lapangan, terutama yang menyangkut dari Bappenas, PU, Bekraf, yang berkaitan dengan tata ruang yang ada di 10 destinasi baru yang sudah kita tetapkan," paparnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Bernas.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan pengalaman yang dilihatnya saat berkunjung ke Raja Ampat, Papua Barat. Ia menekankan sebagai sebuah destinasi wisata baru dan ramai dikunjungi pencinta alam bawah laut, Raja Ampat semestinya digarap serius.

"Misalnya, runway dan terminal di sana belum siap. Yang kedua masalah tata kota yang ada di kota Raja Ampat. Saya kira ini tugasnya Bappenas untuk mendesain baik yang berkaitan dengan tata kota dan pemukiman. Kalau tidak segera kita tetapkan di mana kota dan tempat wisatanya, semua akan berjalan sendiri-sendiri," imbunya.

Tata kota dinilainya sebagai kunci pengembangan pariwisata Indonesia agar semakin meningkat. Hutan konservasi dan sumber daya alam yang ada di sejumlah destinasi wisata baru juga akan terlindungi. Ia menginginkan pengembangan pariwisata semakin terarah dan jelas. 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Olahraga 8 Jam lalu

Kemenpora Lakukan Evaluasi untuk Resolusi Rencana Tahun 2018

BOGOR, Bernas.id-Menghadapi tahun 2018, Kemenpora mengaku sudah mempersiapkan rangkaian evaluasi untuk mempersiapkan program kerja yang akan dilakukan demi meraih hasil yang maksimal. Langkah itu dilakukan Kemenpora dalam Rapat Koordinas ...

Olahraga 8 Jam lalu

Kemenpora Optimis Bebas dari Status Disclaimer

BOGOR, Bernas.id-Kemenpora optimis pihaknya bisa bebas dari status disclaimer atau tidak menyatakan pendapat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), usai melakukan evaluasi secara menyeluruh. Hal itu disampaikan Menpora Imam Nahra ...

Nasional 10 Jam lalu

Idrus Marham dalam "Genggaman" Jokowi. Masih Tajamkah "Kuku" yang Pernah Mencabik?

Bernas.id - Apakah benar keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, menjadi Menteri Sosial adalah ancang-ancangnya menghadapi Pilpres 2019? Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Muhamm ...

Highlight 11 Jam lalu

Gedung BEI Ambruk, Ini 5 Pihak yang Bertanggung Jawab!

Bernas.id - Ambruknya selasar gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) hari senin  tanggal 15 Januari lalu masih menyisakan pertanyaan siapa yang bertanggung jawab. Berbagai spekulasi beredar di tengah masyarakat. Pihak kepolisian pun masih m ...

Properti 12 Jam lalu

Anies: Rumah DP 0 Rupiah Tak Bisa Diperjualbelikan

JAKARTA, Bernas.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan ada persyaratan lain yang harus disetujui pemilik rumah down payment (DP) 0 rupiah. Anies menyebutkan warga tidak bisa menjual kembali rumah tersebut ke ...

Nasional 13 Jam lalu

Perhatikan! Taksi Online Tak Penuhi Persyaratan Permenhub Bakal Ditilang

JAKARTA, Bernas.id – Kementerian Perhubungan masih menertibkan taksi online. Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan pihaknya bersama kepolisian akan mulai menindak tegas taksi online yang melanggar Peraturan Menteri Perh ...

Nasional 14 Jam lalu

Kereta Api Buatan Indonesia Dipesan Negara Asia-Afrika

MADIUN, Bernas.id – PT Industri Kereta Api (INKA) menerima banyak pesanan kereta api dari beberapa negara di kawasan Asia dan Pasifik. Ada negara yang sudah berulang kali memesan kereta api buatan anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ...

Nasional 14 Jam lalu

Jelang Pilkada, Awas Uang Palsu Beredar

SEMARANG, Bernas.id - Bank Indonesia kantor wilayah Jawa Tengah memperingatkan perbankan dan industri keuangan untuk lebih berhati-hati tentang kemungkinan beredarnya uang palsu pada Pilkada serentak 2018. BI pun meminta agar semua ...

Nasional 14 Jam lalu

Ini yang Terjadi Kalau Cantrang Terus Dibiarkan

Bernas.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang penggunaan alat penangkapan ikan, yakni cantrang. Ia pun sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 72/MEN-KP/II/2016 tentang larangan penggunaan cantrang untuk mengambil ...

Nasional 15 Jam lalu

Serba Digital, Jokowi Dorong Dunia Industri Dalam Negeri Ikuti Tren Ini

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo mengingatkan soal perkembangan dunia industri yang terus berkembang cepat seiring perkembangan teknologi informasi. Memasuki era industri keempat atau era industri yang serba digital membuat b ...

Nasional 15 Jam lalu

Menperin Pastikan Kemudahan Impor Garam Industri

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah akan memprioritaskan impor garam industri. Pihaknya akan memberikan kalangan industri untuk mengimpor garam. "Garam untuk indust ...

Nasional 15 Jam lalu

Setelah Reshuffle Kabinet Jilid III, Ini Kata Ketua MPR

KUNINGAN, Bernas.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan menyampaikan institusinya menghormati keputusan Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet. Sebab, perombakan kabinet merupakan hak perogratif Presiden ...

Teknologi 16 Jam lalu

Rusia Ingin Ciptakan Jaringan Internet Tandingan

Bernas.id – Internet bak dunia yang tidak mengenal batas. Pasalnya di internet, siapapun bisa berkomunikasi dan bertukar informasi di internet tanpa terikat oleh jarak dan lokasi. Namun di sisi lain, kelebihan internet tersebut juga m ...

Internasional 17 Jam lalu

Wah, Di Negara Ini Narapidananya Malah Diajari Cara Membuat Senjata

Bernas.id – Merakit senjata tanpa izin adalah praktik yang dianggap ilegal di banyak negara, tak terkecuali di Thailand. Maka bukan hal yang mengherankan jika mereka yang tertangkap basah melakukan hal tersebut harus berakhir di balik ...

Internasional 17 Jam lalu

Mobil Ini Tersangkut di Bangunan Bertingkat Usai ‘Terbang’

Bernas.id – Di film-film action, mungkin Anda pernah melihat adegan di mana mobil melayang usai keluar dari jalan raya. Percaya tidak percaya, ternyata adegan macam itu bukan cuma ada di dalam film. Daily Mail mengabarkan sebuah mobil ...

Nasional 17 Jam lalu

Sudding Dilaporkan Karena Dugaan Pemalsuan

JAKARTA, Bernas.id – Sekretaris Jenderal Partai Hanura kubu Daryatmo, Sudding dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Kamis (18/1/18) malam. Serfasius Serbaya Manek adalah adalah pelapor yang mengaku diberi kuasa oleh Hanura. "Laporan ...

Properti 18 Jam lalu

Stasiun Tigaraksa Jadi Incaran Pembangunan Perumahan Murah

JAKARTA, Bernas.id - Pengembang properti terus berupaya membangunan hunian bagi masyarakat guna pencapaian program pemerintah melalui sejuta rumahnya. Kini para pengembang melakukan pembangunan di sekitar stasiun, terminal, atau tempat f ...

Properti 18 Jam lalu

Industri Bisnis Properti Disinyalir Aman di Tahun Politik

JAKARTA, Bernas.id - Tahun 2018 dan tahun 2019 merupakan 2 (dua) tahun politik. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun ini, dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, disinyalir tidak mengganggu bisnis properti, alias bisnis properti ...

Properti 18 Jam lalu

Soal Rumah DP Rp 0, BI Ingatkan Kepala Daerah Hati-Hati

JAKARTA, Bernas.id - Gubernur dan Wakil Gubernur  DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandi) dalam kampanyenya mengatakan, akan memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan membeli rumah di Jakarta, dengan Down ...

Nasional 19 Jam lalu

Kemenag Perkuat Pendidikan di Madrasah

LOMBOK, Bernas.id-Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan terobosan untuk memperkuat Kompetensi Kepala Madrasah di bidang manajerial. Langkah yang dimaksud adalah menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Direktorat Guru dan Tena ...

Properti 19 Jam lalu

Komisi Keamanan Bangunan Dibentuk, Antisipasi Kejadian Seperti Ambrolnya Selasar BEI

JAKARTA, Bernas.id - Insiden ambrolnya selasar lanta I Tower II gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi pembelajaran bagi pemerintah. Untuk mengantisipasi kejadian serupa di kemudian hari, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan ...

Selebritas 19 Jam lalu

Posting Foto saat Umroh, Netizen Doakan Meisya Siregar Selamanya Kenakan Hijab

JAKARTA, Bernas.id - Aktris cantik Meisya Siregar diketahui tengah berada di Mekkah menjalankan ibadah umroh bersama sang suami Bebi Romeo. Ia pun membagikan postingan tengah berada di Masjid Nabawi lewat media sosialnya. Wanita 38 tahun ...

Pet 19 Jam lalu

Kasihan, Lumba-Lumba Ini Mati Akibat Tersedak Saat Makan

Bernas.id – Pernahkah Anda memakan makanan yang berukuran besar tanpa mengunyahnya? Tentunya Anda bakal merasa kewalahan saat mencoba menelan makanan tersebut. Bahkan Anda mungkin bakal sempat mengalami kesulitan bernapas saat makanan ...

Selebritas 19 Jam lalu

Pose Mesra dengan Sophia Latjuba, Netizen Anggap Robby Purba Lebih Cocok Dibanding Ariel NOAH

JAKARTA, Bernas.id - Robby Purba baru-baru ini menjadi model pemotretan pameran salah satu fotografer. Ia dipasangkan oleh Sophia Latjuba untuk berpose bersama. Hasil pemotretan tersebut pun dibagikan oleh Robby di Instagram miliknya. Terl ...

Sudut Pandang 20 Jam lalu

Sebab Menumpuknya Hutang Indonesia Karena Para Ibu, Benarkah?

Bernas.id - Hutang! Apa yang terbayang dalam pikiran kita jika terlintas kata tersebut? Tentu saja, hutang adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak peminjam terhadap pihak yang meminjamkan. Tidak hanya masyarakat e ...

Properti 22 Jam lalu

Ini Tugas Komisi Keamanan Bangunan Yang Akan Dibentuk Kemen PUPR

JAKARTA, Bernas.id - Pasca ambrolnya selasar Lantai I Tower 2 gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin kemarin, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membentuk Komisi Keamanan Bangunan.  ...

Properti 22 Jam lalu

Rumah DP 0 Rupiah Mulai Dibangun, Ini Syarat yang Ingin Memilikinya

JAKARTA, Bernas.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah melakukan peletakkan batu pertama pembangunan rumah DP Rp 0 di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (18/1/18). Anies pun mengaku sudah mulai melunasi j ...

Nasional 22 Jam lalu

Punya Koleksi Kendaraan Mewah, KPK: Bamsoet Wajib Lapor Harta Kekayaan Terbaru

JAKARTA, Bernas.id – Bambang Soesatyo mulai melaksanakan tugas barunya sebagai Ketua DPR RI. Komisi Pemberantasan Korupsi pun mengimbau agar pria yang akrab disapa Bamsoet itu memperbaharui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Ne ...

Nasional 22 Jam lalu

Agung Laksono Tolak Jadi Saksi Meringankan Fredrich, Ini Kata KPK

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan tanggapan soal penolakan Ketua Dewan Partai Golkar Agung Laksono menjadi saksi meringakan untuk Fredrich Yunadi. Hal ini terkait dengan Fredrich yang telah ditetapkan sebaga ...

Nasional 22 Jam lalu

Jokowi: Bukan Andalkan APBN, Pemda Cari Alternatif Bangun Infrastruktur

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo menyebutkan pembangunan infrastruktur tidak hanya mengandalkan dana dari kas negara atau Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN). Ia menekankan bahwa APBN lebih untuk kepentingan rakyat. ...

Nasional 23 Jam lalu

Setahun Lagi Kuala Tanjung Jadi Pusat Kargo Internasional

MEDAN, Bernas.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memikirkan pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara sebagai pusat kargo internasional dalam waktu setahun setelah beroperasi. Pelabuhan Kuala Tanjung masih dalam pembangunan ...

Internasional 23 Jam lalu

Demi Sindir Media, Donald Trump Gelar Ajang Penghargaan Berita Palsu

Bernas.id – Donald Trump dikenal memiliki hubungan yang kurang baik dengan media-media setempat. Baru-baru ini, Trump kembali melancarkan serangan terbarunya kepada media. Ia membuat sebuah acara penghargaan bertajuk Fake News Award ( ...

Nasional 23 Jam lalu

Mendag: Impor Beras Hadapi Stok Kosong

JAKARTA, Bernas.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin bahwa keputusan impor beras oleh Perum Bulog sebanyak 500.000 ton tidak akan mengganggu para petani. Impor ini dilakukan pemerintah untuk menghindari kekosongan stok sebe ...

Internasional 23 Jam lalu

Wah, Sultan Malaysia Dapat Hadiah Mobil Ala Flinstones

Bernas.id – Jika pembaca pernah menonton film kartun Flinstones, maka pembaca pasti tahu kalau di dalam film itu tokoh utamanya memiliki mobil yang rodanya menyerupai gilingan. Mobil macam itu ternyata bukan hanya di dalam kartun. AFP ...

Selebritas 23 Jam lalu

Faisal Harris Rutin Tengok Jennifer Dunn, Sarita: Mereka Sedang Sayang-Sayangan!

JAKARTA, Bernas.id - Berkas kasus kepemilikan dan penggunaan barang haram berupa sabu oleh artis Jennifer Dunn sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi dan segera disidangkan. Meski sudah 1 bulan lebih Jedun mendekam di dalam penjara, namun ...

Film 1 Hari lalu

Ini 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Dilan 1990

Bernas.id - Film Dilan 1990 akan segera tayang pada tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 25 Januari 2018 mendatang. Film yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan diproduksi oleh Falcon Picture ini berkisah tentang kisah ro ...

Nasional 1 Hari lalu

Kubu OSO: Kalau Ganti Ketum Sesuai Mekanisme Dong!

JAKARTA, Bernas.id – Kubu Oesman Sapta Odang (OSO) menanggapi Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Hanura yang digelar kubu Sudding dengan santai. Kubu OSO tak mau ambil pusing meski berseberangan dan memecat OSO dari jabatan Ket ...

Nasional 1 Hari lalu

KPK: Silakan Fredrich Ajukan Praperadilan

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilakan Fredrich Yunadi untuk mengajukan gugatan praperadilan. Tersangka dugaan merintangi penyidikan perkara e-KTP terhadap Setya Novanto itu sudah mendaftarkannya ke Peng ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Ternyata Penting Sekali Melakukan Wind-Down Dan Wind-Up Agar Tubuh Anda Lebih Bugar

Bernas.id – Tidur di malam hari bukan hanya tentang mengistirahatkan tubuh. Namun juga memberi kesempatan pada pikiran Anda untuk beristirahat. Lalu bagaimana jika Anda merasa sulit tidur di malam hari? Sebelum akhirnya pola tidur And ...

Finansial 1 Hari lalu

Ingin Tahu Anda Termasuk Si Kaya atau Bukan? Ini Cara Mudah Mengetahuinya

Bernas.id - Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, ketika melihat orang mempunyai rumah megah, mobil mewah dan kehidupan yang glamor akan dibilang kaya. Apakah keadaannya betul-betul bisa dikatakan seperti itu? Padahal menurut literatur&nb ...

Selebritas 1 Hari lalu

Bikin Iri Netizen, Inul Daratista Unggah Harta Kekayaannya yang Paling Berharga

JAKARTA, Bernas.id - Pedangdut Inul Daratista dikenal sebagai salah satu selebriti Indonesia yang cukup kaya. Kekayaan Inul ini tak hanya bersumber dari penghasilannya sebagai penyanyi dangdut saja, namun ia memiliki bisnis karoke dimana-ma ...

Lifestyle 1 Hari lalu

Wah, Dampak Positif Ini Dapat Dirasakan Oleh Korban Bullying!

Bernas.id - Dalam hubungan sosial sesama manusia, tidak semua orang bisa menyesuaikan diri dengan baik dan beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Ada beberapa orang yang gagal dalam bersosialisasi sehingga mereka tidak memiliki t ...

Selebritas 1 Hari lalu

Wow, Foto Anak Ketiga Kanye West dan Kim Kardashian Ditawar Rp66 Miliar

LOS ANGELES, Bernas.id - Kabar bahagia datang dari keluarga Kanye West dan Kim Kardashian. Pasalnya Senin kemarin, telah lahir anak ketiga yang hingga saat ini belum diumumkan nama bayi tersebut. Pasangan Kim dan Kanye masih belum membag ...

Selebritas 2 Hari lalu

Ini Penyebab Film Star Wars: The Last Jedi Ditarik dari Bioskop China

LOS ANGELES, Bernas.id - Pendapatan yang semakin merosot membuat Disney memutuskan untuk menarik Star Wars dari peredaran di China. Padahal Star Wars: The Last Jedi terbilang sangat laku di pasar luar lainnya. Sejak dirilis pada tanggal ...

Nasional 2 Hari lalu

Pemerintah Upayakan Tarif Kereta Bandara Medan-Kualanamu di Bawah Rp 100 Ribu

MEDAN, Bernas.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengupayakan tarif kereta Bandara Medan-Kualanamu agar lebih murah. Saat ini tarif sekali perjalanan dipatok Rp 100.000. Pemerintah pusat meminta bantuan pemerintah dae ...

Nasional 2 Hari lalu

Kata Mendagri Soal Polisi yang Maju Pilkada Boleh Kembali Kalau Gagal

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bisa saja anggota TNI dan Polri yang gagal ditetapkan sebagai calon kepala daerah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa kembali aktif di institusinya. ...

Nasional 2 Hari lalu

Ini Cita-cita Novanto yang Terkabul Meski Sudah Mantan Ketum Golkar

JAKARTA, Bernas.id – Dilantiknya Idrus Marham menjadi Menteri Sosial di Kabinet Kerja maka menambah jumlah kader Golkar di Kabiner Kerja Jokowi-JK. Alhasil cita-cita mantan Ketum Golkar Setya Novanto pun terkabul. "Tentunya ki ...

Nasional 2 Hari lalu

Masih Perbolehkan Pakai Cantrang, Ini Catatan Menteri Susi

JAKARTA, Bernas.id – Pemerintah akhirnya memberikan kesempatan lebih lama lagi kepada nelayan cantrang yang sebelumnya diberi batas waktu per 1 Januari 2018 lalu. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi para nelayan dalam masa tran ...

Nasional 2 Hari lalu

Fredrich Yunadi Ajukan Gugatan Praperadilan

JAKARTA, Bernas.id – Fredrich Yunadi mendaftarkan gugatan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka dugaan merintangi penyelidikan kasus yang menjerat Setya Novanto. Pihaknya mendaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. S ...

Selebritas 2 Hari lalu

Berkas Jennifer Dunn Sudah P21, Sarita Abdul Mukti: Selamat Tinggal Kemewahan!

JAKARTA, Bernas.id - Kasus pemilikan dan penggunaan narkoba oleh aktris Jennifer Dunn tetap berlanjut. Saat ini, berkas kasus wanita 28 tahun sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi. "Sudah P19, dan kemarin kita limpahkan ke Kejati. A ...