100 Wonderful Events Indonesia 2018, Jangan Lewatkan Ini


03 Januari 2018

Jember Fashion Carnaval (Sumber Foto: istimewa)

Bernas.id - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata mulai memasang target besar di tahun 2018. Salah satu cara untuk menggenjot kujungan wisatawan ke Indonesia adalah menyeleksi 100 dari 3000 event wisata lokal ke dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018. Melalui program ini, pemerintah kemudian memasang target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 17 juta orang dan 270 juta orang wisatawan nusantara (wisnus) di tahun 2018 ini.

“Tahun 2018 kita ingin mempunyai lebih 100 premier event berskala international untuk mengenjot kunjungan wisman. Untuk ini perlu ada stimulus pada setiap daerah agar menciptakan event berskala international masuk dalam calendar of event  Kemenpar sebagai Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018,” papar Menpar Arief Yahya dalam keterangananya seperti dikutip Bernas, Selasa (2/1).

Pariwisata Indonesia memang kian diminati para pelancong dari luar negeri. Beberapa hal yang menandakan pariwisata Indonesia makin maju adalah capaian jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mulai menanjak. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyampaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dari Januari-Agustus 2017 mencapai 9,25 juta orang atau naik 25,68 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya, sebanyak 7,36 juta orang.

Event yang bakal diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia telah dikemas dalam buku panduan atau  Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018 yang sudah disiarkan pada 21 September 2017 lalu. “Untuk pertama kali di Indonesia, kali ini buku daftar kalender event tersebut, semua sudah tercantum jadwal rencana pelaksanaannya,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers di Kemenpar beberapa waktu lalu.

Seleksi untuk menentukan 100 destinasi wisata unggulan tersebut juga berasal dari DIY. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Drs. Imam Pratanadi., MT menyampaikan bahwa Dispar diminta untuk mengajukan event-event di daerah yang berskala internasional.

“Dinas Pariwisata DIY diminta oleh Kementerian Pariwisata untuk mengusulkan event-event yang telah memiliki platform internasional. Saat itu seluruh event berskala internasional kami sampaikan kepada Kementerian,” ungkapnya kepada Bernas saat dihubungi, Selasa (2/1).

Penetapan 100 event itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan pariwisata di Indonesia. Hal ini demi menunjang roda perekonomian negara. Sesuai dengan arahan Menpar Arief Yahya, event yang baik adalah kegiatan yang mewakili sebaran ruang geografis di seluruh Indonesia yang merata serta waktu yang terjadwal tetap. Bahkan, event itu berkelanjutan dan sudah berlangsung bertahun-tahun.

Menpar mengungkapkan Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018 merupakan program penting dalam memperkuat unsur 3A, yakni atraksi (attraction), kemudahan akses mencapai kawasan (accessibility), dan fasilitas (amenities). Khususnya unsur aktraksi wisata berupa festival budaya (culture), alam (nature), dan buatan manusia (manmade) yang akan menjadi unggulan dan daya tarik pariwisata Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan ’10 Bali Baru’ yang dipopulerkan oleh Kemenpar sejak awal tahun 2017. Tujuannya, agar 10 lokasi itu bisa berkembang dan populer seperti Bali yang selalu ramai wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Adapun 10 destinasi wisata “Bali Baru” yang dikembangkan pemerintah antara lain Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Morotai di Maluku Utara, dan Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Namun, pemerintah sepakat untuk berfokus kepada percepatan pengembangan empat destinasi 10 Bali Baru yang sebelumnya ditetapkan pada awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Keputusan tersebut diambil setelah Presiden Joko Widodo dan Kemenpar menggelar Rapat Terbatas Pengembangan “10 Bali Baru” di Istana Bogor pada Kamis (16/11) lalu. Keempat destinasi yang menjadi fokus pengembangan Kemenpar adalah Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Mandalika.

Menurut Menpar, fokus pada empat destinasi ini bukan berarti tidak mengerjakan enam destinasi “Bali Baru” lainnya. Arief menyebutkan 10 destinasi tetap dikerjakan, tetapi pembangunan homestay, restoran, toko cenderamata serta UKM center fokus pada empat lokasi tersebut.

“Pemerintah terus berusaha meningkatkan ketiga aspek ini untuk mencapai target pariwisata yang lebih dari sebelumnya. Dengan menambah akses transportasi ke kawasan wisata, fasilitas penginapan, hingga mengadakan acara-acara yang dapat menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (BP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuty, dikutip Bernas, Selasa (2/1).

Penghargaan Pariwisata 2017

Pariwisata Indonesia meraih kesuksesan pada tahun 2017. Kerja keras pemerintah mempromosikan wisata Indonesia membuahkan hasil. Pada September 2017, Kemenpar RI mengikuti lomba United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Video Competition 2017. Video promosi pariwisata Indonesia meraih dua penghargaan dalam ajang tersebut pada 15 September 2017. Indonesia memenangkan kategori video pariwisata terbaik kawasan Asia Timur dan Pasifik. Video pariwisata Indonesia berjudul “Wonderful Indonesia: The Journey to A Wonderful World” itu berhasil mengalahkan 63 video pariwisata lain di dunia. Masih dalam acara yang sama, video promosi itu juga memenangkan kategori lain, yakni People's Choice Award. Kategori ini berarti video promosi pariwisata Indonesia adalah video terbaik versi pilihan publik melalui sistem vote.

Selanjutnya, Indonesia dinobatkan sebagai ‘Destination of the Year' dalam ajang penghargaan The 28th Annual TTG Travel Awards 2017, di Bangkok, Thailand, Kamis (28/9). Di bulan November 2017, Indonesia dipilih pembaca Dive's Magazine memenangi destinasi selam terbaik dunia. Kali ini, Indonesia mengalahkan rival kelas berat seperti Maldives, Fiji, Meksiko, Papua Nugini. Tak hanya itu, Indonesia juga meraih juara dalam kategori Dive Center atau Resor Selam Terbaik. Juara dunia dari Indonesia itu diraih oleh Siladen Resort and Spa di Manado, Sulawesi Utara.

Keberhasilan pariwisata Indonesia di hati wisatawan dunia tak lepas dari upaya promosi pemerintah RI lewat Kemenpar. Salah satunya adalah bus yang mondar-mandir di beberapa negara. Bus yang bertuliskan “Wonderful Indonesia” menyedot perhatian warga di Berlin, Jerman. Selain tulisan “Wonderful Indonesia” ada pula gambar Danau Toba, Candi Borobudur, perempuan memanggul buah-buahan di atas kepala berlatar pesawahan di Ubud, Bali.

Kemenpar bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) wilayah Badung, Bali mempromosikan Wonderful Indonesia di Korea. Promosi wisata itu berupa kegiatan Sales Mission Korea yang akan diadakan di 3 kota yakni Seoul, Daejeon, dan Busan. Kemenpar gencar melancarkan promosi pariwisata ke Negeri Tirai Bambu. Kemenpar telah melakukan “Sales Mission Diving Tiongkok 2017” pada 31 Oktober hingga 3 November 2017 lalu. Tiga kota yang dituju adalah Jinhua, Xiamen, dan Shenzen.

Event Berskala Internasional

Beberapa event unggulan di Indonesia pada 2018 yang menarik adalah Jember Fashion Carnaval, Asian Games 2018 dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Event besar ini tak luput dari perhatian Kemenpar sebab Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan internasional.

Indonesia dipercaya menjadi menjadi salah satu kota karnaval di dunia. Kehadiran Jember Fashion Carnaval (JFC) ini mampu menggebrak pariwisata dan keragaman budaya di Tanah Air lewat peragaan busana di jalan raya. Presiden Joko Widodo yang hadir pada pagelaran Jember Fashion Carnaval tahun lalu menyatakan karnaval ini bukan hanya menjadi ikon Kota Jember tetapi ikon yang membanggakan Indonesia. Pagelaran JFC tak kalah menarik dengan karnaval tahunan yang diselenggarakan negara lain di dunia seperti karnaval Pasadena di Amerika Serikat, Rio de Janeiro di Brazil, Notting Hill di Berlin, dan Venesia di Eropa.

Saat memasuki penyelenggaraan JFC ke-16 tahun lalu, JFC sudah diakui sebagai kota karnaval ketiga terbesar di dunia. Karnaval di Provinsi Jawa Timur tahun 2018 merupakan edisi ke 17. Jika di karnaval-karnaval sebelumnya selalu mengambil tema yang terinspirasi dari Indonesia, JFC tahun ini akan mengangkat kebudayaan dari berbagai negara Asia. Tema Asia Light untuk Jember Fashion Carnaval 2018 memang berkaitan dengan perhelatan Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus mendatang. Sedangkan, JFC sendiri akan digelar di bulan yang sama, yakni 7- 12 Agustus 2018.

Disampaikan Menpar Arief dua event internasional yang akan mendatangkan puluhan ribu wisman segera berlangsung di Indonesia adalah  Asian Games di Jakarta-Palembang dan Pertemuan Bank Dunia-IMF di Bali pada Oktober 2018. Event internasional tersebut dinilainya akan membawa dampak langsung terhadap pencapaian target 17 juta wisman tahun 2018.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo dalam siaran resminya mengingatkan kembali masalah serius pariwisata di Indonesia. Bukan hanya lokasi yang indah tetapi masalah fasilitas dan transportasi pendukung menuju destinasi. Pada rapat terbatas di Pulau Dewata, Jokowi membahas soal perkembangan destinasi wisata. Pihaknya menekankan soal tata ruang dari tiap destinasi wisata baru harus sudah mulai disiapkan secara cermat.

"Saya hanya ingin memberikan beberapa hal yang ada di lapangan, terutama yang menyangkut dari Bappenas, PU, Bekraf, yang berkaitan dengan tata ruang yang ada di 10 destinasi baru yang sudah kita tetapkan," paparnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Bernas.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan pengalaman yang dilihatnya saat berkunjung ke Raja Ampat, Papua Barat. Ia menekankan sebagai sebuah destinasi wisata baru dan ramai dikunjungi pencinta alam bawah laut, Raja Ampat semestinya digarap serius.

"Misalnya, runway dan terminal di sana belum siap. Yang kedua masalah tata kota yang ada di kota Raja Ampat. Saya kira ini tugasnya Bappenas untuk mendesain baik yang berkaitan dengan tata kota dan pemukiman. Kalau tidak segera kita tetapkan di mana kota dan tempat wisatanya, semua akan berjalan sendiri-sendiri," imbunya.

Tata kota dinilainya sebagai kunci pengembangan pariwisata Indonesia agar semakin meningkat. Hutan konservasi dan sumber daya alam yang ada di sejumlah destinasi wisata baru juga akan terlindungi. Ia menginginkan pengembangan pariwisata semakin terarah dan jelas. 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Residivis Kambuhan Tipu Teman Sendiri Untuk Modal Judi

Bernas.id--Seorang residivis kambuhan melakukan aksi pengelapan dan penipuan terhadap temannya sendiri. Sepeda motor milik temannya dipinjam lalu digadaikan untuk modal main judi online. Kapolsek Depok Barat Kompol Sukirin Hariyanto meng ...

DIY

BPPTKG: Belum Ada Erupsi Magmatik Merapi

Bernas.id - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan hingga saat ini belum menemukan indikasi erupsi magmatik dari rangkaian erupsi Gunung Merapi beberapa hati ini. "Letusan ma ...

DIY

BPBD DIY Kirim Bantuan Tambahan ke Posko Pakem

Bernas.id - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menambah bantuan berupa sembako dan family kit untuk posko pengungsian utama di Pakem, Sleman. Bantuan tambahan ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila war ...

DIY

Balai Taman Nasional Tutup Lima Objek Wisata Sekitar Gunung Merapi

Bernas.id – Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) kembali mengeluarkan surat edaran resminya yang dikeluarkan pada hari Rabu tanggal 23 Mei 2018 terkait penutupan penutupan sejumlah obyek wisata di Kawasan Taman Nasional Gunung M ...

DIY

Erupsi Rabu Pagi, BPPTKG Sebut Ada Aktvitas Gempa Vulkanik dan Tremor di dalam Merapi

Bernas.id – Dari akun media sosialnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali mengeluarkan rilis siaran pers resminya pada pukul 10.22 WIB pada hari Rabu, 23 Mei 2018. Dalam rilis tersebu ...

DIY

Puluhan Warga Masih Mengungsi Pasca Erupsi Freatik Dini Hari

Bernas.id--Merapi kembali mengalami erupsi freatik,  yang terjadi Rabu pukul 03.31 WIB (23/5/2018). Ini mengakibatkan sebagian warga lereng Merapi berinisiatif mengungsi. Sekitar 55 warga terdiri dari usia rentan kini masih menempati t ...

Pendidikan

Prof Noorhaidi Beberkan Doktrin Sentral Kaum Jihadis di UNU Yogyakarta

Bernas.id - Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan seminar ilmiah “Menyorot Teror Lanjutan Pasca Bom Surabaya”. Prof Noorhaidi Hasan dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga turut diund ...

Budaya

Kepompong Besi, Hasil Pencarian Jati Diri Pelukis Afganishtan Amin Taasha

Bernas.id - Iron Cocoon, atau Kepompong Besi, itulah judul pameran seni lukis yang digelar oleh Amin Taasha, seorang mahasiswa ISI Jogja yang berasal dari Afganishtan. Pameran yang diadakan di Gallery Fadjar Sidik ISI Jogja ini tergolong un ...

DIY

Status Merapi Naik, Begini Kata Sultan

Bernas.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta masyarakat di daerah setempat tetap tenang meski status Gunung Merapi telah dinaikkan dari normal menjadi waspada. "Tapi kan (aktivitas) lavanya te ...

DIY

Status Waspada Merapi Bisa Meningkat Karena Parameter Ini

Bernas.id- Balai Penelitian Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Merapi menjadi Waspada sejak semalam karena meningkatnya aktivitas kegempaan dalam Gunung Merapi. Kepala Seksi Gunung Merapi B ...

DIY

Erupsi Merapi Dini Hari Tadi Masih Dikategorikan Freatik

Bernas.id - Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyatakan keputusan menaikkan status Gunung Merapi dari Normal menjadi Waspada muncul usai ada erupsi freatik pada Senin sore yang diikuti oleh gempa vulkano-tektonik dan gempa tremor. Ia memastikan, ...

DIY

Naik ke Status Waspada, Merapi Erupsi Selasa Dini Hari

Bernas.id - Gunung Merapi mengeluarkan erupsi pertama usai statusnya naik dari Normal menjadi Waspada. Erupsi tersebut terjadi pada pukul 01.47 WIB, Selasa dini hari, 22 Mei 2018.  Erupsi itu berlangsung 3 menit dengan amplitudo mak ...

Pariwisata

Bangun Pariwisata DIY Perlu Kerjasama Stakeholder

Bernas.id--Pembangunan bidang pariwisata di DIY tidak cukup hanya dilakukan oleh Dinas Pariwisata, namun perlu ada kerjasama yang sinergis semua stakeholder. Hal ini penting dilakukan agar bidang pariwisata benar-benar mampu menjadi penopan ...

Ekonomi

Buka Puasa Bersama, Forum Perbankan BMPD Jalin Keakraban dengan Para Wartawan

Bernas.id - Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkatkan jalinan silahturahmi dengan para wartawan dari berbagai media massa dalam acara buka bersama. Selain itu, juga dilakukan pengenalan kiprah BM ...

Pendidikan

Joki Ujian Masuk PTN Jogja Tertangkap Basah

Bernas.id--Polsek Bulaksumur, Depok, Sleman berhasil menangkap joki ujian Tes Potensi Akademik (TPA) Pascasarjana di sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) di DIY. Pelaku tertangkap basah karena identitasnya tidak sesuai dengan aslinya. Ka ...

Ekonomi

Bulan Ramadan dan Jelang Lebaran, Instansi Pemerintah DIY Jaga Stabilitas Stok Pangan

Bernas.id - Perum BULOG menyelenggarakan pasar murah dalam rangka HUT BULOG ke-51. Pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian dari BUMN yang peduli dengan masyarakat dan lingkungan khususnya Kecamatan Gondokusuman, Kotabaru, Perum Bulog Dr ...

Pendidikan

Perguruan Tinggi Dituntut Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Bernas.id - Ali Ghufron Mukti, Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti dalam Dies Natalis UNY menyebut bahwa perubahan di era revolusi industri 4.0 ditandai dengan berbagai hal yang s ...

DIY

Kemenkominfo Sudah Blokir 3.000 Akun Provokatif

Bernas.id--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kini sedang menggodok regulasi untuk menindak perusahaan media sosial yang melakukan pembiaran terhadap penyebaran hoaks. Langkah ini sejalan dengan upaya menangkal radikalism ...

Ekonomi

BULOG DIY Pastikan Stok Beras Sangat Cukup dan Aman untuk Bulan Puasa dan Lebaran

Bernas.id- Dalam rangkaian HUT Perum BULOG ke-51, bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diselenggarakan pasar murah di 5 kabupaten/kota sebanyak 1000 paket sembako murah, Kotabaru, Perum Bu ...

Ekonomi

Ramadan, Tempat Ibadah Gratis Sambung Listrik

Bernas.id--Menyambut bulan Ramadan, PLN memberikan Promo Gemerlap Lebaran 2018, berupa diskon Biaya Penyambungan (BP) tambah daya listrik sebesar 50% dengan maksimum potongan Rp10 juta. Bahkan khusus tempat ibadah, potongan yang diberikan s ...

DIY

Gunung Merapi Alami Erupsi Lagi

Bernas.id -Gunung Merapi mengalami erupsi freatik lagi pada Senin (21/5/2018) dini hari. Erupsi freatik tersebut lebih kecil dibanding erupsi freatik yang terjadi pada Jumat (11/5/2018). Kepala Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliuran ...

DIY

Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Sukamta Ajak Berantas Terorisme

Bernas.id - Anggota Komisi I DPR RI Dr Sukamta menggelar bincang santai dan buka puasa bersama awak media se-DIY dan relawan komunitas digital, beserta para humas PKS se-DIY, Minggu (20/05) bertempat di Bale Timoho Resto Yogyakarta. Sekr ...

Budaya

3 Band Blues Beraksi di Wisdom Park UGM

Bernas.id-- Tiga grup band blues Jogja, yakni 3/4 Keriting, Bolokosonom, dan Semendelic tampil memikat di kawasan Wisdom Park UGM, Minggu (20/5) malam. Ketiganya tampil dalam acara "Bluesukan Ning Kampus" yang digelar oleh Teater ...

DIY

Dua Persimpangan Jogja Bakal Dipasangi "Area Traffic Control System"

Bernas.id - Kota Yogyakarta akan menambah dua fasilitas "area traffic control system" yang akan dipasang di lampu lalu lintas. Ini guna membantu mengatur kelancaran arus lalu lintas. "Kami akan pasang di simpang Jalan Ibu ...

Budaya

Semaraknya Dhammasanti Waisak Kamadhis UGM 2018

Bernas.id - Keluarga Mahasiswa Buddhis (Kamadhis) UGM menggelar Dhammasanti Trisuci Waisak 2562 BE /2018, Sabtu (19/5) di kompleks Fakultas Kedokteran. Peringatan tahun ini mengambil tema "Symphony of Dhamma in Diversity". Dire ...

DIY

Jumlah Andong dan Becak di Malioboro Bakal Dibatasi

Bernas.id - Dinas Perhubungan Kota Jogja akan membatasi jumlah andong dan becak yang masuk ke area Malioboro untuk mengurangi kemacetan pasca revitalisasi kawasan itu. Pengurangan jumlah juga disertai dengan perencanaan pembangunan "ce ...

DIY

Semua RW dan SD Negeri Jogja Sudah Miliki Pemadam Api

Bernas.id - Setiap RW di Kota Yogyakarta yang berjumlah 616 RW sudah dibagikan satu alat pemadam api ringan (APAR) yang ditempatkan di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh warga. Pembagian juga telah dilakukandil seluruh sekolah negeri ...

DIY

Peringati Waisak, Mahasiswa UGM Lepas Ratusan Burung

Bernas.id - Memperingati Trisuci Waisak 2562 Buddhis Era atau 2018 Masehi, Keluarga Mahasiswa Buddhis (Kamadhis) Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan ritual pelepasan burung di Hutan Biologi UGM, Sabtu (19/5/2018). Ritual pelepasan satwa ...

Budaya

Uniknya Kisah Cinta Pungdong dalam Teater Tradisional Korea

Bernas.id -- Goryeong Culture Center dan Kedutaan Besar Korea Selatan Indonesia menggelar pertunjukan teater yang unik dan menarik, di Kampus UKDW, Jumat (18/5/2018). Pertunjukan tersebut ditampilkan oleh  Goryeongto, sebuah tim teater ...

DIY

Lebaran, Sisi Barat Malioboro Sudah Bisa untuk Jalan-Jalan

Bernas.id--Cor beton induk di sepanjang sisi barat Malioboro, yang saat ini tengah dipugar, sudah selesai dikerjakan. Bahkan, di beberapa lokasi, lantai beton sudah dilapisi teraso. Dengan demikian, pada libur Lebaran nanti, wisatawan yang ...

Pendidikan

Advisor Kantor Staf Presiden RI Sebut Data Digital Menjadi Komoditi Baru

Bernas.id - Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi (HMPSSos), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar seminar nasional dengan tema “Generation of Digital Media: The Creators ...

DIY

2500 Pemilih Pemula Jogja Belum Punya E KTP

Bernas.id- Saat ini ada 1,7% warga Kota Jogja yang belum melakukan perekaman E KTP. Separuh dari persentase itu merupakan pemula yang harus "dijemput bola" proses perekamannya demi mempersiapkan Pemilu. Kepala Dinas Kependuduka ...

Pendidikan

Penulis Diaz Radityo, Kita Tidak Mungkin Menulis Tanpa Membaca

Bernas.id - Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi (HMPSSos), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar seminar nasional dengan tema “Generation of Digital Media: The Creators ...

DIY

Kemenag DIY Dorong Disahkannya Perda ini Untuk Tangkal Terorisme

Bernas.id - Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY mendorong Rancangan Peraturan Daerah tentang Ketahanan Keluarga segera disahkan. Ini penting guna mencegah penanaman paham radikalisme di lingkungan keluarga. "Kami bersyukur dalam wa ...

DIY

Quick Truck Hadir untuk Tingkatkan Produktivitas dan Lebih Efisien

Bernas.id - Sering terkendala dengan alat angkut sawit atau hasil panen pertanian? Solusi terkini disediakan oleh CV Karya Hidup Sentosa. Perusahaan nasional yang berkantor pusat di Yogyakarta ini memroduksi alat transportasi panen sawit be ...

Budaya

Rengkuh Kembali Masa Era Kolonial Belanda dari Papan Iklan Enamel,s di Bentara Budaya Yogyakarta

Bernas.id - Bentara Budaya mengadakan Enamel’s Exhibition Indie, sebuah pameran yang mengangkat ragam iklan era zaman Kolonial Belanda. Papan-papan iklan era Kolonial Belanda memiliki ciri-ciri dan corak yang khas, khususnya penggunaa ...

DIY

Bagaimana Kondisi Stok Darah PMI DIY Selama Ramadan?

Bernas.id -- Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin stok darah di lima kabupaten/kotandi DIY selama Bulan Ramadan tahun ini aman. "Penurunan stok darah biasanya terjadi saat bulan puasa, minggu k ...

Budaya

Hidangan Kuliner Berbuka Khas Ramadhan dari 8 Negara

Bernas.id - Setiap negara pasti punya hidangan kuliner khas Ramadhan yang biasa dinikmati untuk berbuka puasa. Makanan tersebut sudah ada sejak lama sehingga menjadi menu wajib untuk berbuka.  Simak makanan khas buka puasa dari berb ...

DIY

KPU Kota Jogja Pastikan Seluruh Data Pemilih Terverifikasi

Bernas.id - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta memastikan seluruh data pemilih yang masuk dalam daftar pencocokan dan penelitian sudah menjalani proses verifikasi di lapangan oleh panitia pemutakhiran daftar pemilih "Seluruh data ...

DIY

Pasokan Listrik DIY Surplus Selama Ramadan

Bernas.id - PLN Area Yogyakarta memastikan saat ini pasokan listrik DIY masih terhitung suplus. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya gangguan listrik selama bulan Ramadan. Terlebih PLN juga menyiagakan penjaga keanda ...

Pendidikan

Calon Siswa SD Jogja Peroleh Keuntungan Usia

Bernas.id - Dinas Pendidikan Kota Jogja akan memberikan keuntungan dari aspek usia kepada calon siswa SD yang penduduk setempat ketika pendaftaran peserta didik baru dibandingkan dengan calon siswa dari luar kota itu. "Prioritas pen ...

Pendidikan

Aktif Kegiatan Ekstrakurikuler Membawa Tita Dapat Beasiswa ke Taiwan

Bernas.id-Mendapatkan nilai tinggi di sekolah tidak menjamin seorang siswa mendapat beasiswa di perguruan tinggi terkemuka, apalagi di luar negeri. Namun, dengan aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah (intrakurikuler) maupun di luar sekol ...

DIY

Akses Jalan Bus Trans Jogja Dikeluhkan, Apa Solusinya?

Bernas.id - Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto mengakui, ada usulan dari masyarakat supaya akses jalan untuk bus Trans Jogja diperlebar. Sebab saat ini jalur bus yang sempit dan kemacetan yang ada ...

Pariwisata

Ketua PHRI Sleman Terpilih Ingin Kembangkan Wisata Alam Sleman yang Ramah Lingkungan

Bernas.id - Pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sleman periode 2018-2023 resmi dilantik dan dikukuhkan. Dalam pelantikan  PHRI Sleman ini juga dihadiri Bupati Sleman, Sri Purnomo, Pendopo ...

DIY

Sultan: 20 Tahun Reformasi, Masih Banyak Yang Perlu Diperbaiki

Bernas.id--Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyebut reformasi telah memberikan beberapa perubahan bagi Indonesia. Namun walau demikian, setelah 20 tahun berlalu, masih banyak hal yang perlu diperbaiki, salah satunya adalah kesadaran pejabat da ...

Pariwisata

BPC Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sleman Periode 2018-2023 Resmi Dilantik

Bernas.id - Badan Pengurus Cabang (BPC) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sleman periode 2018-2023 resmi dilantik dan dikukuhkan. Dalam pelantikan  PHRI Sleman ini juga dihadiri Bupati Sleman, Sri Purnomo, Pendopo Parasamya ...

Kesehatan

RS Bhayangkara Polda DIY Kini Miliki 'Eye Center'

Bernas.id - Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY kini memiliki eye center atau pusat pengobatan mata. Peresmian eye center dilakukan oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Rabu (16/5/2018). "Ini perlu kita banggakan karena eye cent ...

DIY

PLN Yogyakarta Siagakan Petugas 24 jam Selama Ramadan

Bernas.id - PT PLN Area Yogyakarta menyiagakan petugas selama 24 jam untuk memastikan keandalan jaringan listrik serta mengantisipasi gangguan distribusi listrik selama Bulan Ramadan. "Mengingat kebutuhan listrik dalam Bulan Puasa h ...

DIY

Kisah Tombak Kanjeng Kyai Turun Sih, Pusaka untuk Kabupaten Sleman dari Keraton Jogja

Bernas.id - KRT Jatiningrat atau akrab disapa Romo Tirun bercerita tentang kisah tombak Kanjeng Kyai Turun Sih milik Keraton Ngayogyakarta yang kini menjadi pusaka Kabupaten Sleman di acara bedah buku Kabupaten Sleman dalam Sejarah. “ ...

DIY

Parade Bregada Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-102

Bernas.id - Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Sleman ke-102 disemarakkan dengan parade 67 bregada. Masyarakat Sleman pun antusias untuk menyaksikan puluhan parade bregada yang memiliki ciri khasnya masing-masing, Lapangan Denggung, Daerah Isti ...