Berita Nasional Terpercaya

Mampirlah ke Jogja, Ada 4 Event Masuk Daftar Wonderful Event Kemenpar

0

Bernas.id ? Dari 100 event yang masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018, empat event diantaranya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keempat event tersebut adalah Art Jog, Jogja-NETPAC Asian Film Festival, Jogja Internasional Heritage Walk (JIHW), dan Kustomfest.

Dihubungi Bernas, Selasa (2/1), Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY, Drs. Imam Pratanadi., MT mengungkapkan sebenarnya ada 15 event di Jogja yang sudah diajukan ke Kementerian Pariwisata. Menurutnya, keempat event yang masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018 oleh Kemenpar sudah memiliki sumber daya yang cukup baik.

?Pada dasarnya 4 event yang masuk dalam top 100 event sudah memiliki sumber daya yang cukup baik dalam penyelenggaraannya, untuk itu Pemda DIY Dinas Pariwisata, dan Dinas Kebudayaan memberikan suport lebih bersifat administratif (rekomendasi), dan promosi. Walaupun beberapa event juga masih didukung dengan bantuan dana,? ungkapnya kepada Bernas.

Event di Jogja yang terpilih tersebut memang sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan masih bertahan sampai saat ini. Penyelenggaraan Art Jog bakal memasuki edisi ke 11 pada tahun 2018. Art Jog selalu mengusung tema yang unik dan pengunjung bisa belajar tentang seni. Karya para seniman lokal hingga internasional unjuk gigi memamerkan hasil karyanya. Anda bisa bertemu langsung dengan para seniman sekaligus berburu foto dalam acara Art Jog. Gelaran akbar tahunan ini berupa pameran, festival, maupun pasar seni rupa kontemporer.

Kegiatan berikutnya adalah Jogja International Heritage Walk (JIHW). JIHW merupakan kegiatan jalan kaki berskala internasional yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association sebagai organizing committee. Kegiatan jalan kaki yang diikuti ribuan peserta ini terbagi menjadi 3 kategori, yakni jarak 5 km, 10 km, dan 20 km. Ada delegasi dari berbagai negara yang datang ke Jogja untuk mengikuti JIHW. JIHW sudah berlangsung sebanyak 9 kali.

Sementara, gelaran Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) sudah berlangsung ke-12 kalinya. Festival film se-Asia ini biasanya berlangsung di Kota Gudeg selama sepekan. Ada film maker yang datang dari luar negeri untuk memeriahkan Jogja-NETPAC Asian Film Festival. Terakhir adalah ajang tahunan Kustomfest. Acara ini merupakan gelaran kontes modifikasi motor dari negara-negara se-Asia Pasifik. Antusiasme penggiat modifikasi kustomfest ini datang dari berbagai negara seperti Jepang, Malaysia, Australia, Thailand, dan negara lainnya.

Sebenarnya ada berbagai event di Jogja yang selalu dinanti-nantikan seperti Ngayogjazz, Festival Kesenian Yogyakarta, Grebeg Maulud, dan sebagainya. Jogja punya agenda-agenda acara festival hingga pameran yang sayang kalau dilewatkan.

?Jogja Air Show, Jogja International Street Performance (JISP), Asia Tri, Ngayogjazz, Yogyakarta Gamelan Festival, Yogyakarta Contemporary Music Festival, Pesta Boneka, Jogja Blues Explosion, Cells Button, Festifal Music Tembi, Festival Layang-Layang Jogja, Festival Film Dokumenter, Biennale Jogja, Bedhog Art Fest,? imbuh Imam Pratanadi.

Dispar DIY juga memanfaatkan beragam media promosi untuk menginformasikan event-event berskala lokal hingga internasional yang berlangsung di wilayah DIY. ?Promosi dengan memasukan dalam materi promosi baik brosur, booklet, pemuatan dalam website www.visitingjogja.com, dan lain-lain,? jelasnya.

Tak hanya event-event yang menarik, pariwisata di Jogja juga beragam mulai dari perbukitan, gunung, taman bermain, museum, puncak-puncak ?top selfie?, hingga puluhan pantai dari wilayah Kulon Progo hingga Gunung Kidul. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.