Berita Nasional Terpercaya

Ingin Rumah Selalu Bersih dan Rapi Tanpa Asisten Rumah Tangga? Inilah yang? Harus Dilakukan

0

Bernas.id – Salah satu faktor yang menyebabkan anggota keluarga  merasa betah dan nyaman berada di dalam rumah adalah kondisi rumah yang bersih dan rapi.  Selain itu, salah satu faktor  penunjang terbesar dari terjaganya kesehatan seluruh anggota keluarga adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Bagi Anda, seorang ibu yang  tidak memiliki asisten rumah tangga, tentunya pekerjaan rumah tangga membereskan dan merapikan rumah tidak akan ada habisnya. Ditambah lagi, jika Anda memang seorang ibu yang juga bekerja di luar. Padahal, menjaga kebersihan dan kerapian rumah bukanlah tanggung jawab seorang ibu saja.

Seluruh anggota keluarga memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga kebersihan dan kerapian rumah.  Libatkan dan bekerja samalah dengan seluruh anggota keluarga untuk turut menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Buatlah komitmen bersama untuk menjaganya. Berikut ini beberapa hal yang harus sama-sama dibiasakan untuk dilakukan seluruh anggota keluarga.

1. Gunakan peralatan di rumah sesuai dengan fungsinya

Biasakanlah diri Anda, pasangan dan buah hati Anda untuk menggunakan alat-alat di rumah sesuai dengan fungsinya. Hal ini dengan sendirinya akan membiasakan diri untuk berpikir terstruktur dan melakukan segala sesuatu sesuai dengan porsinya.

2. Letakkan kembali peralatan yang digunakan pada tempat semula

Terbiasa meletakkan kembali barang-barang yang telah digunakan ke tempatnya semula akan melatih diri untuk bertanggung jawab, terutama bagi anak-anak.Kebiasaan ini juga membuat peralatan Anda terorganisir tata letaknya sehingga anggota keluargatidak kebingungan mencari barang-barang yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian, rumah akan terus terjaga kerapiannya.

3. Langsung cuci peralatan makan atau yang lainnya setelah selesai digunakan

Kebiasaan ini akan sangat meringankan pekerjaan rumah tangga jika seluruh anggota keluarga terbiasa melakukan ini setelah usai makan ataupun menggunakan peralatan tertentu. Mencuci piring, alat makan ataupun peralatan yang lainnya setelah selesai digunakan dan tidak menumpuknya di tempat cucian piring, merupakan kebiasaan yang efektif untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Hal ini juga sangat efektif untuk melatih tanggung jawab dan kemandirian anak.

4. Tentukan pembagian tugas penanggung jawab kebersihan dari setiap area di rumah

Bagilah tugas penanggung jawab kebersihan pada setiap area rumah. Penanggung jawab kebersihan area tertentu di rumah bukanlah yang bertanggung jawab membersihkan area yang menjadi tanggung jawabnya, namun tugasnya adalah mengecek, menjaga dan mengevaluasi kebersihan rumah pada area tersebut. Jika perlu penanggung jawab dapat mengaturteknis dan pembagian kerja untuk membersihkan dan merapikan ruangan atau area yang menjadi tanggung jawabnya.

5. Jadwalkan waktu kerja bakti bersama secara rutin

Waktu kerja bakti yang telah dijadwalkan bersama harus dilakukan secara rutin. Pada kesempatan ini, selain membereskan dan merapikan rumah, seluruh anggota keluarga dapat menyeleksi kembali barang-barang yang masih terpakai dengan barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi. Selain itu, pada momen ini, Anda sekeluarga dapat memperbaharui susunan tata letak barang-barang di rumah. Hal ini sangat membuat otak dan pikiran menjadi segar kembali. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengasah kecerdasan spasial pada anak.

 

Rumah yang bersih dan rapi merupakan cerminan dari jiwa yang sehat. Selain menjaga kesehatan fisik dan psikis, kebiasaan dan aktivitas ini dapat memudahkan orangtua untuk mengasah dan membangun karakter tanggung jawab, bekerja sama dan kemandirian pada anak.  Selain itu, aktivitas ini juga dapat mengasah kecerdasan spasial, estetika, motorik dan logika berpikir  pada anak. Selamat menjaga kebersihan dan kerapian rumah bersama keluarga tercinta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.