Berita Nasional Terpercaya

Pilkada Serentak, Mendagri Warga Proaktif Rekam E-KTP

0

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau agar masyarakat segera mengurus dan merekam kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP), khususnya yang tinggal di daerah perkotaan dan di luar negeri. Sebab, hak suara ditentukan dari e-KTP.

“Proaktif masyarakat di kota dan di luar negeri yang penting, kan nggak bisa kita masuk apartemen, door to door kan sulit,” ungkap Tjahjo di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/18).

Tjahjo menegaskan partisipasi masyarakat sangat penting untuk datang ke tempat perekaman, memastikan tempat tinggal, alamat terakhir yang sesuai dengan TPS. Menurutnya, imbauan ini agar masyarakat dapat mengikuti proses Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

“Jangan sampai kayak di DKI kemarin, dari luar negeri pulang mendadak, tapi dia lupa merekam datanya, dia pindah alamat, dan di daftar TPS nggak ada, terus marah-marah,” imbuhnya.

Kementerian Dalam Negeri mencatat masih ada 3 persen atau 6 juta penduduk yang belum merekam e-KTP. Namun, jika ditambah dengan pemilih pemula yang muncul setiap tahun, maka jumlah penduduk yang belum merekam e-KTP diprediksi mencapai 12 juta orang. Perekaman e-KTP terus dipercepat agar masyarakat bisa terdaftar secara sah. Bahkan perekamandata e-KTP tetap dilakukan pada hari libur dan di berbagai tempat, tidak terkecuali di dalam mal-mal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.