Pilkada Serentak 2018, Ini yang Jadi Kekhawatiran

Penulis : Aloysia Nindya Paramita
Editor : Paulus Yesaya Jati
11 Januari 2018

Ilustrasi (Sumber Foto: okezone)


Bernas.id - Pilkada serentak 2018 baru saja dimulai, namun suasana panas sudah mulai terasa. Praktik kampanye hitam sudah menerpa kader PDIP yang membuat Sekjen PDID Hasto Kristiyanto, menangis. Partai Demokrat bahkan perlu menggelar rapat darurat karena merasa kadernya yang akan maju sebagai kandidat kepala daerah  dikriminalisasi.

Tidak hanya kampanye hitam dan ancaman kriminalisasi, Pilkada serentak 2018 juga dibayangi kekhawatiran munculnya kembali politik identitas yang mengusung isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), serta politik uang.

Salah satu fenomena yang juga menjadi sorotan pada Pilkada serentak kali ini adalah tampilnya pada jenderal polisi. Banyak pihak mengkhawatirkan mereka akan menggunakan pengaruhnya pada pelaksanaan pilkada nanti.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran tersebut, Kapolri Tito Karnavian telah memutasi jabatan tiga jenderal polisi yang akan mengikuti Pilkada 2018. Berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/16/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018, Kapolri Tito Karnavian memutasi 113 personel Polri.

Tiga nama jenderal yang dinonaktifkan itu karena akan ikut pada Pilkada Serentak 2018. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal M. Iqbal membenarkan ada surat telegram itu untuk menindaklanjuti beberapa personel Polri yang ikut dalam kontestasi Pilkada 2018 sehingga dimutasi dari jabatan sebelumnya menjelang proses pengunduran diri.

Ketiga jenderal itu adalah Kepala Polda Kalimantan Timur Inspektur Jenderal Safaruddin yang dimutasi sebagai perwira tinggi di Badan Intelijen dan Keamanan Polri.  Safaruddin sudah dideklarasikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai calon gubernur Kalimantan Timur. Kedua, Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Kepolisian Indonesia Inspektur Jenderal Anton Charliyan. Anton dicalonkan PDIP sebagai wakil gubernur bersama TB Hasanuddin di Pilkada Jabar.

Komandan Korps Brigade Mobil Polri Inspektur Jenderal Murad Ismail dimutasi sebagai analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korps Brigade Mobil Polri. Adapun Murad Ismail juga diusung PDIP sebagai cagub di Pilkada Maluku.

Kegagalan Parpol

Menurut pakar hukum dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) B. Hestu Cipto Handoyo, SH.,M.Hum, perwira aktif TNI-Polri yang dicalonkan menjadi cagub atau cawagub pada hakikatnya disebabkan oleh beberapa faktor.

“Pertama, kegagalan parpol dalam melakukan proses pengkaderan. Hal ini menunjukkan masih banyak parpol yang belum mampu menjadi parpol modern karena hanya disibukkan dengan isu-isu sektarian dan perebutan kekuasaan semata,” terang Hestu saat dihubungi Bernas.id, Selasa (9/1).

Ia menilai pendidikan politik bagi kader parpol sangat rendah. Oleh sebab itu, kalangan militer yang memiliki model pengaderan solid menjadi pilihan parpol untuk disasar dalam perhelatan pilkada. Kedua, dalam konteks militer yang harus netral maka pencalonan periwira aktif secara normatif tidak dibenarkan karena setelah reformasi ada Ketetapan MPR tentang Reposisi TNI/Polri.

“Jika perwira aktif itu mengundurkan diri, maka hal itu tentu saja secara normatif dapat dibenarkan. Mereka ini setelah mundur posisinya civilian alias warga negara biasa yang memiliki hak politik yang sama dengan warga negara yang lain,” kata Hestu.

Sesuai ketentuan, pengunduran diri bagi anggota Polri yang akan maju dalam Pilkada dilakukan ketika sudah ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, tahapan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada 2018 pada 8-10 Januari 2018 dan penetapan pasangan calon 12 Februari 2018. 

Daerah rawan konflik

Tiga provinsi dengan jumlah penduduk ”gemuk”, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, termasuk daerah yang mengikuti Pilkada serentak 2018. Wakapolri Jenderal Syafruddin menyampaikan daerah yang dianggap Polri rawan pada Pilkada 2018 adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, Papua, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

"Kenapa demikian? karena dari aspek pemilih yang begitu besar, terus tentu kontestasi juga (rawan) akan resisten karena perebutan suara. Kan 45 persen penduduk Indonesia ada di Jawa," ujarnya, Senin (8/1).

"Kemudian Papua. Karena aspek letak geografis dan aspek lain yang bisa terjadi di sana. Sulawesi Selatan karena melihat pasangan yang akan berkontestasi politik. Sumatera Utara juga demikian cukup rawan karena dari aspek kontestasi," terangnya.

Polri pun menaruh perhatian khusus terhadap ancaman kabar bohong yang beredar di Pilkada serentak 2018. Polri tak hanya menyiapkan pengamanan fisik saja tetapi membentuk tim khusus. Menurut Syafruddin, potensi hoaks di Pilkada bisa sangat mungkin dimunculkan demi menjatuhkan lawan atau kampanye hitam. Bahkan, saat ini isu hoaks mudah dimanfaatkan untuk menggerakkan massa dalam jumlah yang besar.

"Sekarang lagi zaman milenial, zaman now. Jadi itu perlu diperhatikan menjadi fokus kita. Isu-isu hoaks bisa saja menggerakkan massa," ungkapnya. 

Sementara, Ketua Komisi Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Zainudin Amali mensinyalir tiga provinsi di Pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur rentan akan konflik dalam Pilkada Serentak 2018. Adapun tiga konflik yang rentan terjadi, lanjut Amali, adalah maraknya politik uang, isu SARA, serta penyebaran fitnah atau hoaks di media sosial. Konflik tersebut rentan terjadi di daerah berpenduduk banyak seperti tiga provinsi tersebut.

Dosen di Fakultas Hukum UAJY B. Hestu Cipto Handoyo menyebutkan keberadaan patroli cyber cukup responsif bagi penanggulangan terhadap maraknya ujaran yang kebencian yang bernada SARA.

“Politik aliran dan sektarian memang paling mudah dilakukan oleh tokoh-tokoh politik yang kesulitan dalam merumuskan program dan akhirnya sentimen SARA yang dipergunakan sebagai basis untuk mencari simpatisan dan dukungan,” ungkapnya saat dihubungi Bernas, Selasa (9/1).

Namun, persoalan yang klasik adalah bagaimana penegakan hukum dan proses selanjutnya yg dilakukan oleh patroli cyber itu. “Masihkah berparadigma hukum tajam ke minoritas dan tumpul di mayoritas? Kalau prinsip equality before the law dan hukum gamang dengan kekuatan massa maka tak ada artinya patroli cyber tersebut,” lanjut Hestu.

Gerak Bawaslu dan KPU

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama KPU dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar pertemuan di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (9/1) malam. Pertemuan ini membahas persoalan potensi pelanggaran kampanye hitam melalui media sosial.  Dalam rilisnya, Rabu (10/1), Ketua Bawaslu Abhan menyampaikan intinya kerja sama ini untuk mengantisipasi adanya kampanye hitam di media sosial. Dalam pengawasan kampanye di media sosial akan dilakukan dengan dua metode yakni bisa dari laporan masyarakat maupun dari hasil pengawasan aktif Bawaslu.

"Jadi seandainya dari penilaian bahwa konten ini melanggar, kami akan minta pada Kominfo untuk platform yang bersangkutan untuk di takedown. Dan kalau unsur pidananya ada, kami akan tindaklanjuti lewat proses hukum," ungkap Abhan sebagaimana dikutip Bernas, Rabu (10/1).

Selain itu, Bawaslu sudah memetakan sejumlah daerah yang rawan konflik pada Pilkada serentak 2018. Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengungkapkan politik uang dan penggunaan isu SARA adalah hal yang dikhawatirkan terjadi pada pemilihan-pemilihan mendatang. Konsentrasi Bawaslu adalah bagaimana membendung politik uang dan isu SARA.  

"Orientasi kami (Pengawas Pemilu) tentu ingin melalukan pencegahan lebih maksimal sebelum melakukan penindakan," ujar Afifuddin sebagaimana dikutip dari laman resmi bawaslu.go.id, Rabu (10/1).

Bawaslu, sambungnya, terus menggencarkan upaya untuk mengingatkan semua orang terkait hal tersebut. Bawaslu menurutnya juga akan segera melaksanakan sebuah gerakan bersama dengan masyarakat sipil dengan fokus terhadap dua isu tersebut. Termasuk, membuat jambore lintas iman yang akan menghadirkan aktor-aktor yang peduli terkait pengawasan.

"Ke depan kita berharap di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, orang akan malu untuk memberikan atau menerima uang untuk memilih serta malu berkampanye menggunakan isu SARA," ungkap mantan Kordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) itu.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo meminta para kandidat yang bertarung dalam Pilkada serentak 2018 menghindari kampanye hitam. Ditegaskan Presiden, persaingan antarkandidat harus dilakukan secara sehat dan nantinya menciptakan prestasi.

"Antarkandidat jangan sampai saling mencela, jangan saling menjelekkan. Apalagi memakai black campaign, kampanye hitam harus betul-betul kita hilangkan dari proses-proses demokrasi kita," ungkap pria yang akrab disapa Jokowi dalam siaran persnya, Senin (8/1).

Presiden menegaskan bahwa demokrasi di Indonesia harus mencerminkan karakter-karakter keindonesiaan, yakni penuh kesantunan, tidak saling menjelekkan, dan tidak saling mencela. Jokowi mempersilakan kepada para kandidat untuk bersaing secara sehat agar pilkada berlangsung aman dan damai.

Antisipasi perlu dilakukan karena daya rusak politik uang dan politik identitas yang begitu tinggi. Isu SARA sangat berbahaya kalau dimanfaatkan untuk meluluhlantakkan hubungan baik antarmasyarakat yang selama ini harmonis tanpa masalah.

"Tetangga yang selama ini biasa saja, meskipun berbeda agama, suku, identitas sekarang menjadi masalah dan mengkhawatirkan semua pihak. Ujaran kebencian jika berkaloborasi dengan percepatan media sosial akan sangat membahayakan, belum sempat diklarifikasi sudah terprovokasi," tegas Afif.

Hal lain yang perlu diingat bersama adalah saat ini organisasi atau lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang fokus atau untuk melakukan kerja-kerja pengawasan pemilu sudah sangat jarang. Sesuai tagline Bawaslu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu”, penyelenggara pemilu tanpa sosial kebersamaan dengan rakyat tidak akan bisa bekerja. Afif menegaskan jika kedaulatan itu berada di tangan rakyat maka kedaulatan untuk memilih dan mengawasi sejatinya berada di tangan rakyat.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi meluncurkan gerakan Pencocokan dan Penelitian (Mencoklit) di Aula Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) pada Jumat (5/1). Peresmian gerakan coklit serentak ini dilaksanakan bersamaan dengan bimbingan teknis Sistem Informasi Data Pemilih (sidalih) Pilkada 2018 yang diikuti oleh pranata komputer dari masing-masing KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pilkada serentak Tahun 2018. 

Tujuannya, agar masyarakat pemilih tergerak, sejak hari pertama dilakukannya coklit dia sudah mulai mengecek, nama sudah masuk belum, sudah benar belum catatan namanya.

Ketua KPU RI Arief Budiman menyampaikan dalam satu bulan kedepan, ketiga lembaga ini bersama beberapa platform media sosial, akan menandatangani kerja sama untuk menciptakan pemilu yang menarik sekaligus melindungi pemilh dari berita palsu dan fitnah.

"Tujuan kami kerjasama untuk memastikan hak pemilih terlindungi untuk mendapatkan informasi yg benar tentang pasangan calon dan proses pemilu. Jadi semua aktivitas informasi akan didukung penyebarannya oleh berbagai macam sarana teknologi informasi sehingga lebih cepat sampai ke masyarakat dan terjaga keakuratannya," terangnya dalam siaran pers, Rabu (10/1).

Soal Hak Suara

Pesta demokrasi yang menggembirakan adalah keadilan bagi semua warga yang berhak memberikan hak suaranya. Salah satunya adalah masalah e-KTP. Kemendagri telah mengingatkan agar masyarakat yang belum memiliki e-KTP bisa segera mengurusnya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebenarnya, sudah ada surat undangan memilih ataupun formulir C6 maka tak akan kehilangan hak pilihnya. Apabila seseorang telah memiliki hak pilih, datanya termuat menurut lokasi domisili atau tempat tinggal. Data tersebut tertera di daftar pemilih dan dapat dicocokkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemendagri meminta warga yang belum memiliki E-KTP lekas melakukan perekaman data. E-KTP bisa segera dimiliki warga dan bisa mencoblos pada 27 Juni mendatang. 


SPP Mulai 200rb! Jadilah Bagian dari Kisah Suksesnya! Sejuta Sarjana Pengusaha Untuk Merah Putih
https://bernas.info/SejutaPengusahaSarjana

WA Group 34 Propinsi #ViralDesa https://bernas.info/WAgroup34propinsi


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Pendidikan

1300 Anak di Sleman Putus Sekolah dan Tidak Bersekolah

SLEMAN, BERNAS.ID - Sekitar 1300-an anak dari berbagai jenjang sekolah (SD-SMA/SMK) di Sleman ditemukan tidak sekolah dan putus sekolah. Data tersebut dikeluarkan oleh satuan tugas (satgas) pendataan dan penanganan anak usia sekolah yang pu ...

Kesehatan

Tangkal Covid-19, Dilakukan Penempelan Stiker ke Pengunjung Pasar

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Disperindag Kota Yogyakarta telah melaksanakan upaya penempelan stiker kepada pengunjung pasar, dimulai di Pasar Beringharjo. Ini untuk menandai bahwa pengunjung sudah melalui pengecekan suhu tubuh. Kepala Bi ...

DIY

Terdampak Tol, Warga Sanggrahan Ingin Bangun Rumah di Sawahnya

SLEMAN, BERNAS.ID - Suryana (63) berencana membangun rumah barunya di lahan sawah miliknya, dikarena rumahnya di RT 04 Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Sleman akan terdampak jalan tol. Ia beralasan karena tidak ingin berpisah jauh dengan tetang ...

DIY

Revitalisasi Drainase Jalan Kemasan Kotagede Dilengkapi 100 Sumur Resapan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta kini tengah menyelesaikan proyek revitalisasi saluran drainase di Jalan Kemasan Kotagede. Drainase akan dilengkapi dengan 100 unit sumur peresapan air hujan sebagai upaya konservasi air sehingg ...

Editorial

Hari Kereta Api dan Lokomotif Pemulihan

Oleh : Cahyadi Joko Sukmono, Pemimpin Redaksi Harian Bernas Hari ini, 28 Oktober, adalah Hari Kereta Api.  Tanggal ditetapkan berdasarkan peristiwa bersejarah tahun 1945 setelah proklamasi kemerdekaan saat direbutnya Kantor Pusat ...

UMKM

Anggota DPR RI Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf meminta pemerintah untuk membebaskan UMKM dari pengenaan tarif sertifikasi halal terhadap produk yang mereka ajukan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Menurutn ...

Nasional

Viral Konten AR pada Uang Rp 75.000, Begini Tanggapan BI

JAKARTA, BERNAS.ID - Beredar melalui media sosial dan kini menjadi viral tentang uang pecahan Rp 75.000 yang memiliki konten augmented reality atau AR. Dengan menggunakan aplikasi tertentu melalui handphone, pada mode pengambilan video atau ...

Pilkada

Pilkada di Masa Pandemi, Sri Muslimatun Komitmen Lindungi Masyarakat

SLEMAN, BERNAS.ID - Pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan kampanye yang melibatkan massa. Agenda-agenda kampanye yang melibatkan kerumunan massa secara tegas dilarang oleh PKPU Nomor 13 Tahun 2020 dan Maklumat Ka ...

Kesehatan

Operasi Gabungan untuk Disiplinkan Masyarakat Jogja Terhadap Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, maupun Satpol-PP dan Dishub Kota Yogyakarta melaksanakan patroli di sejumlah titik yakni Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton). Operasi yustisi dilakukan terkait d ...

Ekonomi

Upaya Terkini Tingkatkan Literasi Digital Pedagang Pasar Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi digital pedagang pasar rakyat di Kota Yogyakarta, sejumlah relawan dari Beringharjo.co.id menginisiasi Semar School. Ini untuk meningkatkan literasi pedagang terhadap dunia ...

Hukum dan Kriminal

Merasa Dicemarkan, Alumni Gugat UII Yogyakarta

BANTUL, BERNAS.ID - IM, alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang diduga sejumlah pihak melakukan pelecehan seksual menggugat UII Yogyakarta terkait pencabutan Surat Keputusan (SK) mahasiswa berprestasi guna membersihkan nama ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Menduga Ada Pelanggaran saat Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengeluarkan sikap terkait adanya kegiatan massa pendukung di luar Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Sleman saat berlangsungnya Pleno Pengundian Nomor Urut Pasangan C ...

DIY

Edukasi Protokol Kesehatan Digencarkan Hingga Tingkat Kampung 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu aspek paling penting selama pandemi Covid-19. Karena itu, Pemkot Yogyakarta, melalui Satpol PP Kota Yogyakarta dan tim gabungan pun gencar melakukan operasi protok ...

Kesehatan

Pemkot Yogyakarta Rencanakan Shelter Khusus Tenaga Kesehatan

YOGYAKART, BERNAS.ID - Sempat ditutupnya empat Puskesmas di Kota Yogyakarta dan terpaparnya beberapa tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit membuat keberadaan shelter bagi nakes dipertimbangkan kembali. Jajak pendapat pun dilakukan untuk m ...

Olahraga

Laga Perdana Liga 1, Tim PSS Jalani Tes Usap

SLEMAN, BERNAS.ID - Laga perdana Liga 1 2020 akan segera digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis 1 Oktober 2020. Laga pertama mempertemukan PSS Sleman melawan Persik Kediri yang akan dimulai pukul 18.30 WIB. Untuk itu, seluruh pemai ...

Inovasi

Tak Sampai 2 Menit, GeNose Bisa Endus Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - Menristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro mengapresiasi alat deteksi Covid-19 lewat hembusan napas yang dikembangkan oleh tim peneliti UGM. Dia mengatakan pihaknya siap untuk mendukung uji klinis lanjutan GeNose. “R ...

Analisa Pilkada

KPU Diminta Jamin Pelaksanaan Disiplin Protokol Kesehatan dalam Pilkada 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto meminta agar upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 benar-benar dijalankan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kesempatan, termasuk berkaitan dengan ...

Daerah

Masyarakat Antusias Menjajal Tol Pekanbaru-Dumai, Sebabkan Antrian Panjang di Pintu Tol

PEKANBARU, BERNAS.ID - Pasca diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat kemarin (25/9/2020),Tol Pekanbaru-Dumai (Tol Permai), secara resmi sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat hari ini mulai pukul  06.0 ...

Olahraga

Gol Bunuh Diri Membuat Timnas U-19 Indonesia Kalah dari Bosnia-Herzegovina

KROASIA, BERNAS.ID - Sebuah gol bunuh diri, membuat Tim Nasional U-19 Indonesia kalah dari Bosnia Herzegovina dalam pertandingan ujicoba di Kroasia Jumat malam (25/9/2020) waktu Indonesia. Gol bunuh diri tersebut dilakukan oleh bek tenga ...

Pendidikan

Siswa Diminta Lapor Kalau Belum Terima Kuota Internet untuk Belajar

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Saat ini sejumlah siswa dan guru di Kota Yogyakarta sudah mulai menerima bantuan subsidi kuota data internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada penerimaan tahap pertama untuk September. Dinas Pendid ...

Budaya

Foto Liputan Covid-19 Karya PFI Jogja Hadir di FKY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Puluhan foto karya fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) menjadi bagian dari pameran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020. Karya foto bertema ‘Covid-19 Dalam Lensa Jurnalis’ terpaja ...

DIY

Puluhan Pekerja Hotel Adukan Nasibnya di Disnaker Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 55 pekerja PT Griya Asri Hidup Abadi (Hotel Grand Quality Yogyakarta) mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sleman untuk mendapatkan kembali hak-haknya sebagai pekerja sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan. ...

Inspirasi

Falsafah Hidup Prof. Soedjarwadi (Mantan Rektor UGM)

Setiap manusia mempunyai prinsip atau falsafah hidup sendiri-sendiri, termasuk mereka yang sudah terbilang sukses dalam menjalani kehidupan ini.  Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. adalah mantan Rektor Universitas Gadjah Mada perio ...

Nasional

Wiku Sebut Peningkatan Kasus Positif Baru Akibat Kegiatan Calon Kepala Daerah

JAKARTA, BERNAS.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan penambahan kasus positif baru Covid-19 terus mengalami peningkatan. Pada Kamis (24/9/2020) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.634 da ...

Lifestyle

Jalur Gowes Susur Kampung Kota Jogja Diluncurkan, Ada 5 Rute yang Bisa Ditempuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melakukan soft launching Jalur Sepeda Gowes Susur Kampung Kota Yogyakarta, Jumat (25/9/2020) di kawasan Bendung Lepen Kotagede. Ini disertai dengan launching aplikasinya di Jogja Smart Service (JSS) ...

DIY

60 Pabrik di DIY Berisiko Tinggi Sebarkan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 60 pabrik di DIY dinilai berisiko tinggi untuk penyebaran Covid-19. Untuk mengantisipasi terjadinya penularan, Pemda DIY terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan dan penggunaan Jogja Pass sebagai a ...

Kesehatan

35 Persen Wilayah Sleman Masuk Zona Merah Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menerbitkan peta epidemiologi COVID-19 per wilayah Kapanewonan (Kecamatan-red) se-Kabupaten Sleman per tanggal 20 September 2020. Peta epidemiologi COVID-19 ini memberikan gambaran si ...

DIY

Pol PP Kembali Perketat Pengawasan Tempat Kumpul Anak Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja DIY kembali memperketat pengawasan tempat kumpul anak muda seperti kedai kopi dan tempat hiburan. Ini dalam upaya mencegah penularan COVID-19. "Karena terus terang dari laporan Dina ...

Pilkada

Hari Ini, KPU Sleman Mengundi Nomor Urut Bapaslon Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan pengundian nomor urut pasangan bakal calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati di Gedung Serbaguna Sleman pada hari Kamis (24/9/2020). Nomor urut pasangan diambil ole ...

Analisa Pilkada

25 Calon Kepala Daerah ini Dipastikan Akan Melawan Kotak Kosong dalam Pilkada 2020

BERNAS.ID - Pilkada tahun 2020 ini memang mengundang banyak polemik. Setelah pro kontra mengenai penundaan penyelenggaraan pilkada karena situasi dan ancaman pandemi, sekarang muncul lagi fenomena politik yang cukup unik.  Taha ...

Politik

PB MDHW: Lanjutkan Pilkada 2020 dengan Protokol Kesehatan Ketat

JAKARTA BERNAS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan tidak akan menunda Pilkada 2020 meski muncul banyak masukan penundaan. Jokowi mengambil keputusan ini setelah mendengarkan dan mempertimbangkan masukan dari berbagai u ...

Analisa Pilkada

Pilkada 2020 Meyakinkan Pemilih Lewat E-Demokrasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah 2020, menjadikan pesta demokrasi kali ini menjadi lebih spesial. Selain dilaksanakan dalam situasi pandemi yang menuntut pemerintah bekerja keras menyesuaikan berbagai r ...

Sintesa

Cerita Menuju Pengembangan Budaya Bahari bagi Anak-anak Pesisir

Oleh:  Profesor Sudjarwadi Suatu pagi Yatica masuk rumahnya dari halaman depan sambil menenteng sesuatu. Situtena, suaminya, mengira Yatica membawa makanan tetapi ternyata bukan makanan. “Yang, ini ada kiriman buku dar ...

DIY

ASN DIY Positif Covid-19 Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Seorang ASN (Aparat Sipil Negara) Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meninggal dunia setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Almarhum (50) yang berjenis kelamin laki-laki meninggal pada hari Rabu (23/09), pukul 9.57 ...

Pilkada

Petahana Bantul Bakal Bertarung di Pilkada

BANTUL, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul hari ini, Rabu (23/9/2020) telah menetapkan 2 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak lanjutan pada 9 Desember 20 ...

Olahraga

Meski Covid-19 Terus Menyebar, Lanjutan Liga 1 di DIY Jalan Terus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walau penambahan kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi khususnya dalam beberapa minggu terakhir, DIY akan tetap menjadi homebase sejumlah klub dalam lanjutan Liga 1 yang akan dimulai pada 1 Oktober mendatang ...

Analisa Pilkada

KPU Sleman: Tiga Paslon Lolos Seleksi Administrasi

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman secara resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Sleman untuk maju di Pilkada 2020. Penetapan diputuskan setelah melakukan rapat pleno tertutup. ...

Pariwisata

25 Usaha Jasa Pariwisata Jogja Terverifikasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 25 dari total 57 usaha jasa pariwisata di Kota Yogyakarta telah memperoleh surat keterangan terverifikasi protokol kesehatan dari pemerintah daerah setempat hingga pekan ketiga September, yang terdiri dari 2 ...

Olahraga

Tiga Pemain PSS Dipanggil ke Timnas U-16

SLEMAN, BERNAS.ID - Tiga orang pemain muda PSS Sleman dipanggil untuk mengikuti pemusatan pelatihan Timnas Indonesia U-16. Ketiganya adalah Raka Octa yang berposisi penjaga gawang, Iput Nurhasan yang berposisi sebagai stopper, dan Fahmi Alv ...

DIY

Sultan: Pilkada Jangan Sampai Jadi Klaster Baru

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski menuai kontroversi, Pemerintah Pusat tetap memutuskan untuk melanjutkan Pilkada pada pada 9 Desember mendatang. Merespons hal ini, Pemda DIY menyerahkan pelaksanaan pilkada pada KPU dan berpesan agar janga ...

DIY

Sultan Tinjau Kesiapan Shelter Covid-19 di Tegalrejo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau shelter penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta yang terletak di Rusunawa Bener, Tegalrejo, Senin (22/9/2020). Sultan menilai fasilitas tersebut cukup baik, dan mulai ha ...

Editorial

TouriSME Connect, Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Kurang lebih 5 tahun lalu, selepas pensiun dari PT FIV, saya berkeliling ke beberapa wilayah Indonesia untuk lakukan riset mandiri tentang Social Business. Ada banyak tempat yang saya datangi dari pegunungan, pedesaan, hutan, kampung, hingg ...

Nasional

Menag Positif Covid-19, Akses Masuk Kantor Kemenag Dibatasi

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19. Jubir Kemenag Oman Fathurrahman mengatakan, bahwa saat ini telah dilakukan pembatasan akses masuk kantor bagi pegawai Kementerian Agama. "Kementerian Ag ...

Nasional

Muhammadiyah Minta Pilkada 2020 Ditunda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerukan agar pemerintah menunda lagi Pilkada Serentak 2020, sebab kasus Covid-19 yang makin mengkhawatirkan. Muhammadiyah menilai keselamatan masyarakat harus diprioritas ...

Kesehatan

Berikut Tanda-Tanda Gejala Malaise

SLEMAN, BERNAS.ID - Demam, batuk, tenggorokan gatal, dan pilek merupakan sejumlah gejala ringan yang kerap muncul pada infeksi Covid-19. Namun, selain gejala-gejala tersebut, ada salah satu gejala ringan yang disebut malaise.   ...

DIY

Begini Kesiapan Shelter Pasien OTG di Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Persiapan Shelter Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta di Rusunawa Bener Tegalrejo bisa dibilang telah selesai dan siap digunakan. Strategi logistik selama pasien OTG menjalani isolasi mandiri pun telah disusun. ...

Wacana

Polemik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh Wiastiningsih, WNI yang sedang kuliah di Tokyo. Sejak wabah Covid-19 terjadi akhir tahun 2019 di Wuhan dan meluas hampir ke seluruh penjuru dunia, semua lini kehidupan terdampak dan perlu beradaptasi agar kehidupan tetap berlangsung ...

UMKM

Cara Mendapatkan Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro dan Kecil

Para pengusaha mikro dan kecil akhirnya bernapas lega karena sejak 24 Agustus 2020, pemerintah sudah menyalurkan bantuan presiden (banpres) produktif bagi usaha mikro atau disebut Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM). Nilainya sebesa ...

DIY

Kini di Sleman ada Anjungan Mandiri Donor Darah

SLEMAN, BERNAS.ID - Seluruh anggota keluarga Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman melakukan aksi donor darah di GOR Pangukan, Tridadi, Sleman dalam memperingati HUT ke-75, Sabtu pagi (19/10/2020). Selain aksi kemanusiaan, PMI Kabupaten S ...

Kesehatan

Dilarang Dipakai, Ini Kelemahan Masker Scuba

SLEMAN, BERNAS.ID - Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher, dr Mahatma Sotya Bawono, M.Sc., Sp. THT-KL., menegaskan bahwa masker scuba tidak efektif dalam memberikan perlindungan terhadap penularan virus corona penyebab Co ...