Berita Nasional Terpercaya

Simak Rahasia Seorang Cost Killer Agar Tidak “Mati” Di Zaman Serba Digital Ini!

0

Bernas.id – Sebelum tahun 2000 banyak yang meramalkan bahwa abad 21 yang dimulai tahun 2000 akan ada pergantian peradaban. Fungsi manusia dalam sebuah industri akan digantikan oleh robot. Tidak hanya itu saja, film-film fituristik pun bermunculan seperti Terminator di mana bumi dikuasai oleh robot dan manusia menjadi musuhnya. 

Sekarang kita telah berada di abad 21dan apa yang diramalkan itu tidak terjadi. Tapi tahukah Anda, bahwa sebetulnya ramalan itu sudah mulai terjadi secara perlahan?

Manusia sekarang tergantung dengan sebuah kepintaran buatan yang namanya internet. Dulu, untuk memakai internet harus memasang instalasinya yang mahal harganya. Sekarang, setiap telepon genggam yang berbasis android dapat menikmati fasilitas internet dengan harga yang terjangkau. Semua informasi dapat diakses seolah-olah dunia berada dalam genggaman kita. 

Fenomena alam pun terjadi, perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan zaman akan tumbang dan itu sudah terjadi pada perusahaan-perusahaan raksasa seperti Kodak, Nokia, Yahoo, Blackberry, dan lain sebagainya. 

Fungsi manusia di berbagai industri mulai tergantikan oleh mesin dengan tekhnologi tinggi. Belum lama, Jack Ma membuka restoran tanpa memakai pelayan. Para tamu yang datang cukup memesan menu di mesin aplikasi yang telah disediakan  lalu bisa diambil sendiri pesanannya dan setelah selesai tinggal bayar melalui aplikasi alipay dalam bentuk uang digital. 

Perusahaan taksi online terbesar yang sudah tersebar cabangnya di banyak negara telah memulai uji coba dengan meluncurkan mobil tanpa supir, semua dikendalikan jarak jauh dengan tekhnologi. Kalau uji cobanya berhasil dan.diterapkan ke semua negara termasuk Indonesia, maka siap-siaplah berapa banyak perusahaan taksi yang akan tutup dan berapa ribu supir taksi yang harus mencari profesi lain.

Kalau kita tidak ingin tergerus oleh perkembangan zaman maka kita harus naik kelas. Tidak ada cara lain selain meningkatkan daya ungkit dalam diri kita. Ari Wijaya seorang Cost Killer & Corporate Supply Chain Expert, membagikan rahasia untuk naik ke kelas dunia. Formula yang ia bagikan di acara Festifal Trainer Nasional tanggal 7 Januari lalu adalah hasil pengalamannya di dunia industri manufacturing dan jasa. Formulanya ia sebut dengan I CoRe, CoRing (Integrity Competence Resourceful Collaboration shaRing).

Integrity

Syarat mutlak pertama yang harus kita miliki adalah integritas, baik dalam pekerjaan, bisnis maupun profesi yang kita geluti sekarang ini. Integritas berarti menguasai apa yang kita kerjakan dan bertanggung jawab serta terus menerus. Tidak gampang gonta-ganti profesi atau pekerjaan dan tidak memiliki keahlian.

Competence

?If you think you can do something, that?s confidence. If you can do it, that?s competence. Both are needed for success.? (John C Maxwell)

Dalam hidup jangan hanya ucapan “Saya Pasti Bisa” tanpa direalisasikan dengan tindakan nyata. Ari Wijaya menyampaikan bahwa kita harus menguasai banyak hal walaupun itu bukan bagian pekerjaan kita. Karena yang akan terpakai dan bertahan adalah orang yang bisa mengerjakan banyak hal bukan orang yang serba tidak bisa atau tidak mau karena di luar keahliannya.

Resourceful

Segalanya serba internet, kita jangan menjauhinya tapi justru harus bersahabat dengan internet. Karena informasi apapun yang kita butuhkan dapat kita dapatkan dalam hitungan detik melalui internet. Menguasai sumber daya apapun yang ada itu sangat diperlukan. 

Collaboration

Sekarang eranya kolaborasi, tidak bisa lagi segala sesuatunya dikerjakan sendiri. Sebuah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh orang lain lebih baik didelegasikan jadi kita bisa mengarahkan waktu, tenaga dan pikiran kita ke hal lainnya yang lebih produktif. Ini yang namanya meningkatkan daya. 

Sharing

Ari Wijaya mencontohkan bisnis laundry yang sudah menjamur. Alih-alih berhemat akhirnya mencuci pakaian sendiri padahal, setelah dihitung-hitung ternyata lebih hemat biayanya mencuci di laundry daripada mencuci sendiri. Keuntungan lainnya adalah waktu yang terpakai untuk mencuci bisa dipergunakan untuk hal lainnya yang lebih berguna. Manfaat lainnya adalah perekonomian berputar dan kita dapat berbagi dengan orang lain.

Jangan hanya tahu saja, formula ini harus dipraktikan dalam hidup kita agar kita bisa bertahan dan naik kelas. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.