Berita Nasional Terpercaya

Daerah Terpencil Siap UNBK? Yuk, Pahami Kendalanya, Nomor 3 Fatal!

0

Bernas.id ? Di Kabupaten Bima sedang heboh menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Jika tahun kemarin hanya sebagian sekolah-sekolah di Kabupaten Bima yang melaksanakan UNBK dan kebanyakan masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), maka tahun ini akan berbeda karena beralih menuju UNBK.

Di kota besar, para pelajar sudah tidak asing dengan alat elektronik berupa komputer dan laptop, berbeda halnya dengan pelajar yang berada di pelosok atau daerah terpencil. Komputer dan laptop seakan barang langka yang hanya bisa mereka lihat dari guru mereka. Bagaimana jadinya jika UNBK tetap dilaksanakan di pelosok? Di bawah ini adalah kendala yang dihadapi sekolah-sekolah pelosok ketika menyambut UNBK:

1. Keterbatasan sarana

Dalam menyambut UNBK, ada banyak peralatan yang harus disiapkan dari komputer sampai server. Pengadaan alat-alat pendukung UNBK ini harus disiasati, mengingat semua alatnya mahal-mahal. Tidak sedikit sekolah yang di pelosok menumpang sarana yang ada di sekolah lain untuk melaksanakan UNBK. Mungkin ada baiknya pemerintah mendata dulu, sekolah mana yang pantas UNBK dan sekolah mana yang belum pantas mengadakan UNBK. Dengan begitu, pemerintah dapat berupaya untuk pengadaan alat-alat pendukung UNBK bagi sekolah yang membutuhkan, sehingga tidak ada lagi sekolah yang menumpang di sekolah lain.

2. Keterbatasan teknisi

Pelaksanaan UNBK membutuhkan banyak teknisi yang akan membantu kelancaran UNBK. Kendala yang dihadapi di daerah pelosok adalah minimnya tenaga teknisi serta kurangnya pemahaman akan prosedur operasional standar UNBK dengan baik, sehingga menyebabkan persiapan menyambut UNBK sedikit terhambat.

3. Keterbatasan kemampuan siswa

Kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer adalah salah satu kendala terbesar dalam menyambut UNBK. Jika siswa tidak bisa mengoperasikan komputer, bisa dipastikan mereka akan kesulitan dalam menjawab soal UNBK. Sekolah harus bekerja ekstra dalam membimbing siswa agar pelaksaan UNBK bisa berjalan dengan lancar.

Agar kendala di atas bisa diminimalisir, Dinas Pendidikan Kabupaten harus mengadakan kegiatan pendampingan di tiap sekolah yang akan mengadakan UNBK. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mengawal pelaksanaan simulasi sampai ujian utama, sehingga kendala-kendala menyambut UNBK bisa diminimalisir dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.