Berita Nasional Terpercaya

Rezeki Selalu Terhambat? Ini Dia Kunci Rahasianya

0

Bernas.id ? Setiap orang pasti menginginkan banyaknya rezeki. Berbagai cara apapun agar rezeki lancar tanpa henti. Namun terkadang apapun caranya tak mendatangkan hasil apa-apa. Kecewa dan putus asa perlahan menghampiri, sehingga menjadikan kita berhenti untuk berusaha atau sampai pada melakukan cara-cara ekstrim dengan melakukan cara yang tidak baik. Seperti mencuri misalnya. 

Memang adanya rezeki yang berlebih memiliki kebaikan di dalamya yaitu dapat memudahkan kita dalam berbagi dan membantu orang-orang yang kekurangan. Kita tahu bahwa rezeki kita sudah dibagi-bagi olehNya secara adil dan tidak akan tertukar. Namun, kenapa setiap harinya rezeki itu begitu sulit untuk didapatkan, tidak seperti orang lainnya? Apa rezeki kita hanya sedikit? Kenapa selalu kekurangan? Dan begitu banyak pertanyaan perihal rezeki yang kita dapatkan. 

Ternyata ada kunci rahasianya lho untuk kita bisa dilancarkan rezekinya, sehingga rezekinya tidak tehambat untuk sampai pada kita. Terdapat beberapa kunci rahasia untuk melancarkan rezeki kita, yaitu :

? Banyak membaca istighfar

Allah Subhanahu wa Ta?ala mengatakan dalam firmannya yang artinya, ?Aku (Nabi Nuh) berkata pada mereka, ?Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sesungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu? (QS. Nuh:10-12). 

Rasulullah shalallahu ?alaihi wa sallam juga menjelaskan yaitu bahwa, ?Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka? (HR. Ahmad-shahih).

? Bertakwa kepada Allah

Allah subhanahu wa ta?ala berfirman yang artinya, ?…Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka…? (QS. Ath-Tholaq 2-3).

? Perbanyak silaturahim

Rasulullah shalallahu ?alaihi wa sallam mengatakan bahwa, ?Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya atau dipanjangkan umurnya, maka hendaknya ia menyambung tali silaturahmi? (HR. Bukhari dan Muslim).

? Memberikan Sedekah atau Berinfaq

Sedekah ini adalah sebuah pemberian dari seseorang muslim kepada orang lain secara ikhlas dan suka rela dengan tujuan mendapat pahala dari Allah. Allah mengatakan dalam firmannya yaitu, ?Katakan wahai rasul, sesungguhnya Tuhanku melapangkan dan membatasi rezeki hamba yang dikehendakiNya. Maka apa saja yang kalian dermakan, Allah pasti akan menggantinya. Dialah sebaik-baik pemberi rezeki? (QS. Saba?:39).

? Mencari rezeki dengan cara yang halal

Rasulullah shalallahu ?alahi wa sallam bersabda bahwa, ?Janganlah kamu merasa bahwa rezekimu datangnya terlambat. Karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan meninggal, hingga telah datang kepadanya rezeki terakhir (yang telah ditentukan) untuknya. Maka tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, yaitu dengan mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram? (HR. ?Abdur-Razzaq, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

? Berbuat baik kepada orang miskin dan lemah

Rasulullah shalallahu ?alahi wa sallam bersabda bahwa, ?Bukankah kalian ditolong dan diberi rezeki lantaran orang-orang lemah diantara kalian?? (HR. Bukhari).

Itulah beberapa kunci rahasia agar kita dilapangkan rezekinya setiap waktu dan terdapat kebaikan di dalamnya yaitu pahala untuk kita juga. Selamat mencoba.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.