Berita Nasional Terpercaya

Pesona Taman Nasional Gunung Ciremai dan Dua Kawah Bernuansa Eksotis

0

Bernas.id – Taman Nasional Gunung Ciremai merupakan destinasi wisata gunung berapi tertinggi di Jawa Barat. Gunung api soliter dengan kawah barat dan timur beradius 600 meter dan dengan kedalaman 250 meter ) yang secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka dengan tinggi 3078 mdpl dengan luas ± 15.500 hektare. Berbatasan langsung dengan 25 desa di Kabupaten Kuningan dan 20 desa di Kabupaten Majalengka.

Hutan di kawasan TNGC sebagian besar merupakan hutan alam primer (virgin forest) yang dikelompokkan ke dalam hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan dan hutan pegunungan sub alpin. Pesona Gunung Ciremai memiliki puncak dan pemandangan yg indah. Keunikan dua kawah, yaitu kawah bagian barat beradius 400 meter terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang unik dinamakan Goa Walet, sehingga mampu menjadi tempat terfavorit bagi para pengunjung dan pendakian.

Gunung Ciremai terdapat tiga jalur pendakian yang bisa digunakan pendaki yaitu jalur Linggarjati, jalur Palutungan, dan jalur Apuy. Rute pendakian melalui jalur Linggarjati yang terletak di kabupaten kuningan dapat dimulai dengan perjalanan menuju kuningan yang bisa di tempuh menggunakan bus jurusan Cirebon-Kuningan dari terminal Cirebon. Berhenti di Cilimus, dilanjutkan dengan ojek menuju Linggarjati yang berjarak sekitar 24 kilometer dari Cirebon. Dari pertigaan Linggarjati, perjalanan dilanjutkan menuju museum sejarah Linggarjati yang pernah menjadi saksi sejarah penandatanganan perjanjian Linggarjati itu. Sekitar 500 meter dari museum, terdapat pos penjagaan untuk mengurus administrasi pendakian.

Pendakian bisa dimulai melewati jalan beraspal di antara sawah penduduk dan hutan pinus menuju Cibeunar yang berada di ketinggian 750 mdpl. Manajemen air sangat diperlukan dalam pendakian ini, karena di lokasi inilah terdapat sumber mata air melimpah yang tidak dapat ditemukan lagi di perjalanan menuju puncak. Tujuan selanjutnya adalah Leuweng Datar (1285 mdpl) yang berada di kawasan hutan tropis.

Pendakian gunung Ciremai dari Leuweng Datar, perjalanan dilanjutkan menuju kuburan Kuda (1580mdpl). Melalui beberapa pos yakni Sigedang dan Kondang Amis (1380 mdpl) selama kurang lebih dua jam perjalanan. Kuburan Kuda merupakan dataran luas dan teduh, cocok untuk mendirikan tenda. Tempat ini juga dianggap keramat oleh penduduk sekitar.

Jalur pendakian akan semakin curam dengan melewati beberapa titik seperti pengalap (1790 mdpl) dan tanjakan sereuni (1825 mdpl ). Tanjakan Sereuni merupakan bagian terberat, dimana pendaki harus setengah memanjat dengan mengandalkan akar pepohonan untuk mencapai tanjakan Bapatere (2200 mdpl ). Jika musim hujan, tanjakan Sereuni bisa lebih sulit lagi karena merupakan jalur lintasan air, sehingga hampir serupa dengan air terjun. 

Dari tanjakan Bapatere, jalur pendakian masih menanjak untuk tiba di Batu Lingga (2400 mdpl ) dengan lama perjalanan sekitar 2,5 jam. Batu Lingga yang merupakan dataran luas yang terdapat batu berukuran besar. Sebelum melewati batas vegetasi ke wilayah yang terbuka, pendaki akan melewati dua pos yakni Sangga Buana Bawah (2454 mdpl) dan Sangga Buana Atas (2665 mdpl). Pos terakhir sebelum Puncak adalah Pengasinan dengan ketinggian 2860 mdpl. Di Pos ini, bisa mendirikan belasan tenda dengan kondisi yang berbukit-bukit. Selanjutnya tiba di puncak, dibutuhkan waktu sekitar satu jam dengan melewati puncak tertinggi kedua terlebih dahulu yakni puncak Sunan Mataram (3058 mdpl). Ditandai dengan batu triangulasi, melewati bebatuan cadas yang menanjak dan sesekali harus setengah merayap. Untuk mencapai puncak tertinggi ( 3078 mdpl), pendaki harus mengelilingi kawah tersebut. 

Jadi Begitu banyak suguhan pesona gunung Ciremai Kuningan Jawa Barat yang bisa dinikmati saat mendaki. Selain Suasana yang sejuk dan indah dengan jalur menantang juga menjanjikan akan membangkitkan adrenalin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.