Berita Nasional Terpercaya

Indonesia, Anugerah Alam Destinasi Terindah yang Patut Kita Jaga

0

Bernas.id – Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Kekayaan alamnya, sampai corak kehidupan masyarakatnya yang unik. Jika mencoba menghitungnya, cukup mustahil dikata, bahkan jika dibuat penelitian dari Sabang hingga Merauke bisa memakan waktu yang berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Kita sebagai rakyat Indonesia seharusnya bangga dengan keadaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Indonesia terletak di jalur pegunungan dunia yakni antara Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Akibat diapitnya dua sirkum ini, Indonesia memiliki banyak gunung yang aktif maupun tidak aktif. Indonesia juga memiliki pegunungan yang paling tinggi di Indonesia yakni pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian puncaknya 5.030 meter dan gunung ini termasuk gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Selain pegunungan, Indonesia juga memiliki beberapa danau. Paling besar adalah danau Toba yang memiliki pulau di tengahnya, bernama pulau Samosir. Perlu kita ketahui pula Indonesia juga memiliki sungai terpanjang di Indonesia yakni sungai Kapuas di Kalimantan yang memiliki panjang 1.010 kilometer yang bermuara di Selat Karimata.

Inilah beberapa keadaan alam yang ada di Indonesia yang patut kita banggakan. Selain itu, masih banyak lagi kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia, baik dari segi seni, budaya, pariwisata, pertanian, peternakan, pertambangan, dan lainnya. Jadi tak heran jikalau banyak orang luar negeri yang menggandrungi negara kita ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.