Berita Nasional Terpercaya

Ingin Membuat Organisasi, Tapi Tidah Tahu Mulai Dari Mana? Simak Hal Berikut!

0

Bernas.id ? Kegelisahan yang timbul dalam masyarakat, pasti membutuhkan sebuah solusi, dan solusi tersebut sangat susah terealisasi, apabila dilakukan seorang diri. Maka, dibutuhkan kerjasama beberapa pihak untuk mewujudkan solusi tersebut.

Sebuah kerjasama beberapa orang, akan terlaksana dengan rapid an teratur, apabila direncanakan dengan matang, terjadwal dan setiap individu memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas yang sudah diberikan.

Ketika hal tersebut di atas sudah terealisasi, maka ia telah membuat sebuah organisasi. Namun, apabila pelaksanaannya hanya sementara saja, maka hal tersebut bisa dikatagorikan sebagai sebuah kepanitiaan saja yang berjalan untuk mencapai tujuan sementara, dengan kata lain, apabila kepanitiaan telah selesai, maka program yang sudah dijalankan pun akan selesai menguap seperti udara.

Apabila solusi yang sudah ditawarkan tersebut ingin berjalan secara berkelanjutan, maka alangkah baiknya apabila dibentuk sebuah organisasi. Untuk membuat sebuah organisasi, maka mulailah dengan hal-hal berikut:

Miliki keanggotaan yang jelas

Sebelum punya mimpi untuk membuat sebuah organisasi, sebaiknya tentukanlah terlebih dahulu orang-orang yang mempunyai kesamaan komitmen, atau yang disebut dengan anggota organisasi. Tidak harus berjumlah banyak, dua sampai tiga anggota saja, sudah bisa dibentuk sebuah organisasi, asalkan ketiga anggota tersebut mempunyai komitmen kuat untuk mencapai tujuan. Kalau langsung memulai dengan anggota yang lebih besar, ini akan lebih mempermudah pelaksanaan tujuan, namun sebagaimana yang sudah diketahui, tidak akan banyak yang berminat untuk bergabung dalam organisasi baru yang belum memiliki nama besar dan prestasi, maka memulai dengan anggota yang sedikitpun tidak menjadi masalah.

Miliki tujuan yang sama

Diskusikan dengan anggota yang sudah bergabung, untuk menentukan tujuan bersama dari organisasi yang sudah terbentuk. Tujuan mentah yang dimili oleh satu orang, akan menjadi sempurna apabila dibicarakan dalam forum terbuka dengan anggota yang sudah dimiliki. Dari tujuan yang sudah ditentukan itulah akan tercipta sebuah kesamaan visi dan misi yang jelas.

Bentuklah struktur organisasi yang jelas

Dalam sebuah oranisasi, pasti ada sebuah susunan keorganisasian yang jelas, seperti: ketua, sekretaris, bendahara, dan divisi-divisi lain yang dibutuhkan. Pembentukan struktur ini berguna untuk memperjelas tanggung jawab masing-masing anggota organisasi untuk meminimalisir kesalahpahaman di dalamnya. Apabila jumlah anggota di awal pendiriannya kurang, maka satu orang bisa dibebani dengan beberapa tanggung jawab.

Program kerja yang jelas dan berimplikasi nyata

Setelah pembagian tugas diberikan, berikan kepercayaan kepada masing-masing anggota untuk membuat program kerja nyata yang sudah diberikan waktu pelaksanaannya, misalnya apakah program kerja itu dilaksanakan dalam satu semester, triwulan, tiap bulam, mingguan atau bahkan harian? Pemberian waktu pelaksanaan ini bertujuan untuk mempermudah menentukan ketercapaiannya suatu program kerja atau belum dalam satu tahun berjalan.

Miliki peraturan yang telah disepakati

Organisasi yang telah berdiri, tidak akan bertahan lama tanpa ada peraturan yang jelas. Maka, tentukan peraturan apa saja yang harus dilakukan oleh anggota dan peraturan mana saja yang tidak boleh dilakukan, jangan lupa berikan sangsi apabila ada di antara anggota yang menyalahi aturan yang sudah diberikan.

Saling men-support program kerja

Walaupun sebuah program kerja dibuat oleh setiap divisi, namun tanpa ada support penuh dari semua anggota, maka keorganisasian akan Nampak berjalan sendiri-sendiri. Maka, semua pihak harus sepakat untuk saling mendukung dan membantu dengan segenap tenaga untuk terlakasanya program kerja di setiap divisi.

Demikianlah beberapa hal yang harus disiapkan dalam membentuk sebuah organisasi. Semoga dengan semakin terciptanya organisasi-oraganisasi produktif dalam masyarakat, akan tercipta kesejateraan bersama yang lebih baik. Aamiin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.