close

Tumit Kaki Gatal dan Pecah-Pecah, Gunakan Bahan Alami Berikut Ini!

Tumit Kaki Gatal dan Pecah-Pecah, Gunakan Bahan Alami Berikut Ini!

Bernas.id - Tumit kaki yang pecah-pecah bisa terjadi pada siapa saja. Meski tidak memiliki efek serius, tapi menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan menurunkan rasa percaya diri. Dalam mengatasi permasalahan ini, yang sering dilakukan adalah dengan melakukan perawatan, mulai scrubing hingga mengaplikasikan krim pelembab.

Merawat sebelum terjadi kerusakan penting adanya. Kamu juga perlu tahu penyebab tumit kaki pecah-pecah agar dapat melakukan treatment yang tepat. Apa saja yang bisa menyebabkan tumit kaki pecah-pecah?

Sering menggunakan alas kaki yang sama

Alas kaki yang permukaannya datar cenderung membuat tumit melebar. Usahakan bergantian menggunakan alas kaki yang berbeda atau diselingi penggunaan sepatu. Hindari penggunaan hak tinggi.

Terlalu sering terkena air

Bersinggungan dengan air dalam waktu lama bisa menjadi penyebab tumit pecah-pecah. Terutama penggunaan deterjen jika kamu mencuci menggunakan cara konvensional. Penggunaan sandal saat beraktivitas di sumur bisa mencegah tumit pecah-pecah.

Obesitas

Hal ini terjadi karena tumit menumpu beban berat tubuhmu saat berdiri. Efeknya area tumit melebar, jika tidak lentur, maka bisa terjadi kulit pecah-pecah.

Kurang nutrisi, mineral dan vitamin

Sebagai contoh, kondisi kulit kering umumnya merupakan efek samping dari tubuh yang kurang asupan cairan, asam lemak, vitamin A, D, E, dan kandungan potassium. Maka, pastikan asupan gizi dan nutrisi tercukupi, ya!

Pertambahan usia

Pertambahan usia merupakan proses alami yang dihadapi semua orang. Usia bertambah, kulit yang sebelumnya elastis akan semakin berkurang. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur agar kulit semakin sehat.

Menurut survey laman kesehatan HealtLine, hampir 20% orang mengalami tumit kaki pecah, kering atau mengelupas. Ini cenderung dialami oleh wanita karena kurangnya kelembaban pada tumit kaki. Meskipun masalah ini tidak serius, ada beberapa cara merawat dan mengatasi tumit kaki pecah yang dapat dilakukan sendiri.

Minyak almond dan minyak zaitun

Investasi Kavling Menguntungkan - Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan - 3 Km ke Pusat Bogor Timur

JONGGOL, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Rp.67,650,000

Penggunaan minyak ini akan meresap jauh ke dalam kulit sekaligus membantu meningkatkan kelembaban serta merawat kulit yang pecah.

Lemon dan garam

Lemon adalah salah satu bahan yang populer sebagai home remedy. Ia mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit. Garam dapat menyeimbangkan pH pada kulit. Rawatlah kulit kaki dengan cara merendam kaki pada air hangat dengan perahan lemon dan garam.

Belimbing wuluh

Caranya mudah, ambil beberapa buah belimbing wuluh kemudian tumbuk kasar. Gosokkan pada tumit perlahan-lahan selama beberapa menit. Jika dilakukan secara rutin dapat menghaluskan tumit Anda.

Madu dan tepung beras

Madu telah dikenal luas dapat melembabkan dan menghaluskan kulit. Tekstur kasar tepung beras membantu menghapus rekahan dan kulit kering. Gunakanlah secara bersama-sama untuk perawatan tumit kaki. Campurkan kedua bahan ini sehingga menjadi sebuah adonan lalu scrub-kan pada tumit secara perlahan. Lakukan secara rutin dan boleh juga dijadikan air rendaman.

Asam jawa

Masukkan beberapa keping asam ke dalam air hangat lalu rendam tumit kaki pecah tersebut selama beberapa menit. Boleh juga melumuri kaki dengan asam jawa dan rendam kaki dalam air hangat untuk membilasnya.

Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih mengandung komponen antibakteri yang juga dapat membantu memperbaiki sel kulit. Caranya, potong bawang merah atau bawang putih menjadi dua bagian. Usapkan bawang pada tumit kaki Anda. Lakukan setiap hari sehingga kulit tumit yang pecah menjadi kering dan sembuh.

Batu apung (Pumice Stone)

Batu apung (Pumice stone) terbentuk dari lava gunung berapi yang mengeras. Khasiatnya telah diamalkan sebagai alat pembersih tubuh dan dapat digunakan untuk perawatan tumit kaki. Pertama-tama rendam kaki Anda pada air suam yang sudah dicampur dengan cuka selama beberapa menit. Kemudian, gosok lembut dengan batu apung agar kulit mati terlepas.

Anda perlu memberi perhatian lebih pada kebersihan dan kesehatan kaki sebagaimana Anda menjaga kulit tubuh dan wajah. Selain itu, minumlah air secukupnya setiap hari dan amalkan pola makan yang bersih dan sehat.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru