Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Upayakan Tarif Kereta Bandara Medan-Kualanamu di Bawah Rp 100 Ribu

0

MEDAN, Bernas.id ? Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengupayakan tarif kereta Bandara Medan-Kualanamu agar lebih murah. Saat ini tarif sekali perjalanan dipatok Rp 100.000. Pemerintah pusat meminta bantuan pemerintah daerah agar mengalokasikan subsidi kereta bandara, Ada pula pertimbangan pemberian subsidi tarif dengan mencari sponsor dari pihak swasta.

“Nanti coba kami bicarakan dengan pemda untuk pemberian subsidi atau sponsor dari pihak lain,” ungkapnya ditemui di sela peninjauan proyek Elevated Double Track di Stasiun Medan, Rabu (17/1/18).

Ia menjelaskan pemerintah tidak bisa begitu saja meminta PT Railink sebagai operator kereta bandara menurunkan tarif karena perusahaan swasta. Penurunan tarif tersebut, tanpa ada skema subtitusi, dikhawatirkan malah akan berdampak buruk.

“Kalau kami berikan lebih rendah, saya khawatir kepastian hukum dari mereka yang telah ditetapkan melalui feasibility study (FS) tidak terjadi,” terangnya.

Saat ini Kereta Bandara Medan-Kualanamu menggunakan rel di atas permukaan tanah (at grade). Sementara, pemerintah sendiri tengah mengerjakan proyek pembangunan jalur layang ganda sepanjang 10 kilometer yang nantinya akan digunakan kereta bandara tersebut.

Menhub berharap setelah jalur layang ganda selesai dibangun dan berfungsi, maka kemacetan di kota bisa berkurang sebab ada 7 perlintasan sebidang yang ditutup.

Leave A Reply

Your email address will not be published.