Berita Nasional Terpercaya

Hati-hati Ada Orang yang Tak Diundang Bisa Intip Grup Whatsapp Kamu

0

Bernas.id ? Kelompok peneliti dari Jerman berhasil mendapatkan celah dalam WhatsApp yang membuat peretasnya dapat masuk ke dalam obrolan grup serta mencari tahu aktivitas yang ada di dalamnya. Ngerinya lagi, bukan cuma aplikasi milik Facebook itu saja, beberapa aplikasi chatting yang dikenal paling aman pun dianggap memiliki masalah serupa.

Aplikasi Signal dan Threema yang dinilai aman juga mengalami permasalahan yang sama dengan WhatsApp. Peneliti dari Ruhr University mengatakan jika siapa saja dapat mengatur server di dalam platform chatting no. 1 tersebut untuk dapat mengakses obrolan grup yang bersifat rahasia.

Hebatnya lagi, peretas dapat menambahkan orang baru serta memblok anggota grup tanpa harus permisi terlebih dahulu.Jika dilihat, peretas mengambil 2 langkah agar bisa mengakses grup WhatsApp yakni menjebol server WhatsApp, setelah itu menggunakannya untuk melihat celah supaya dapat mengawasi isi grup.

Dengan celah tersebut, peretas dapat langsung mem-forward isi pesan grup kepada orang lain secara pribadi.

Sebenarnya tim peneliti sudah menemukan perkara ini sejak pertengahan tahun 2017 yang lalu. Tetapi pihak WhatsApp mengatakan bila pesan tak dapat dikirim kepada pemakai yang tersembunyi. Menurut pihak aplikasi ini, privasi serta keamanan selalu dijaga dengan baik, sehingga hasil penelitian tersebut dianggap mengada-ada.

Kalau memang penelitian ini benar adanya, cukup mengerikan juga yah?

Leave A Reply

Your email address will not be published.