Berita Nasional Terpercaya

Unik, Satelit Ini Bentuknya Menyerupai Bola Lampu Disko

0

Bernas.id ? Di era canggih seperti sekarang, kian banyak negara yang mengirimkan satelitnya ke luar angkasa untuk beragam tujuan. Selandia Baru tidak mau ketinggalan ikut mengirimkan satelitnya ke luar angkasa. Namun tidak seperti negara lain, satelit terbaru yang diluncurkan dari Selandia Baru ini memiliki tujuan yang khusus.

AP mengabarkan kalau belum lama ini sebuah satelit diluncurkan dari Selandia Baru. Namun tidak seperti satelit pada umumnya, satelit ini berbentuk menyerupai bola dengan permukaan yang dipenuhi oleh lempeng berbentuk segitiga. Oleh pembuatnya, satelit ini diberi nama Humanity Star (Bintang Kemanusiaan).

Peter Beck adalah sosok di balik terciptanya satelit unik ini. Menurut pengakuan Beck yang memiliki perusahaan peluncuran roketnya sendiri, tujuan diluncurkannya satelit ini adalah sebagai pengingat kepada sesama umat manusia kalau mereka hanyalah bagian kecil dari alam semesta yang megah.

Beck juga berharap agar satelit ini bisa mendorong umat manusia supaya lebih memperhatikan topik-topik yang menentukan masa depan mereka. Misalnya soal perubahan iklim global dan menipisnya persediaan sumber daya.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Beck mendesain satelit ini agar bisa terlihat secerah mungkin dari arah Bumi. Permukaannya dipenuhi oleh panel berjumlah 65 buah yang bisa memantulkan cahaya Matahari. Menurut Beck, satelit ini seharusnya bisa terlihat dari Bumi sebagai salah satu objek paling terang selain Bulan.

Humanity Star bakal tetap berada di orbitnya selama sembilan bulan. Sesudah itu, satelit yang digambarkan menyerupai bola lampu disko tersebut akan ditarik kembali ke Bumi. Perusahaan milik Beck juga sudah mendirikan situs www.thehumanity.star.com supaya mereka yang tertarik akan satelit ini bisa senantiasa mengikuti lokasi terkininya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.