Berita Nasional Terpercaya

Maju Mundur Mobil Esemka, Akankah Tahun Ini Maju?

0

Bernas.id – Media dihebohkan dengan kedatangan mobil esemka. Pasalnya, mobil yang dibuat oleh murid SMK Boyolali itu mirip dengan SUV Foday Landfort dari China. Di tahun 2010, Esemka sudah bermitra dengan pabrikan asal Cina yaitu Foday dan Jinbei untuk mengembangkan mobil SUV dan minitruck. Jadi, wajar saja kalau sedikit mirip.

SUV Foday ini aslinya bermesin bensin 2.400 cc buatan Mitsubishi berkode 4G69S4N dan juga memiliki mesin 1.900 cc 4 silinder turbo diesel. Jika dilihat dari dimensinya yang bongsor bisa jadi ia memakai mesin 2.4 sekelas dengan Fortuner dan Pajero Sport.

Lalu siapa yang membuat Esemka Garuda 1 ini? Apakah PT Solo Manufaktur Kreasi selaku pemegang merek Esemka, atau PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, yang mengaku sebagai pabrik perakitan mobil Esemka.

Sebelumnya, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), produsen mobil Indonesia, Esemka akan memperkenalkan mobil esemka pada bulan agustus 2016 lalu. Namun karena ada kendala dan juga pihak perusahaan ingin membenahi kondisi internal membuat peluncuran mobil tersebut ditunda. Hose Sanjaya selaku Managing Director PT ACEH mengatakan jika produk pertama dari mobil Esemka dipastikan akan diluncurkan pada Agustus tahun 2017 jenis komersial seperti pickup. Lalu, mengapa sekarang modelnya mirip dengan SUV Foday?

Tentunya bukanlah hal perkara yang mudah dan perlu persiapan yang sangat matang sebelum resmi ikut meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Terlebih harga yang diwacanakan akan terjangkau untuk masyarakat.

Kehadirannya yang serta merta membuat warganet dan masyarakat bertanya tanya, mengapa mobil Esemka ini maju menjelang pilkada? Semoga saja peluncuran mobil esemka tahun ini tidak mundur lagi dan segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.