Berita Nasional Terpercaya

Tujuh Tempat Wisata yang Menarik di Sumatra Utara. Nomor 7 Tidak boleh Dilewatkan!

0

Bernas.id – Sumatra Utara adalah salah satu nama provinsi di Indonesia yang sangat identik dengan suku Batak karena dominasi dari Medan, si Ibukota dari Sumatra Utara. Selain menyimpan wisata budaya dan wisata kuliner, Sumatra Utara juga memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat menarik dan luar biasa. Tempat-tempat wisata tersebut menawarkan beragam keindahan yang memanjakan mata di antaranya : 

1. Istana Maimun

Sejak tahun 1946, istana ini dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli. Istana seluas lebih dari 2700 meter ini memiliki lebih dari 30 ruangan dengan desain interior yang merupakan perpaduan budaya Melayu, Islam, Itali, dan Spanyol. Untuk dapat menikmati keindahan Istana ini sangat terjangkau yaitu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5000.

2. Masjid Raya Medan

Mesjid yang berlokasi di Medan ini mulai dibangun pada tahun 1906 dengan gaya campuran antara Timur Tengah, Spanyol dan India. Beralamat di Jalan Sisingamangaraja, masjid raya ini sangat mudah untuk ditemui oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik dengan keagungannya.

3. Danau Lau Kawar

Terletak di kaki gunung Sinabung, Sumatra Utara, Danau ini memiliki luas sekitar 200 hektar, lebih kecil dari Danau Toba. Danau ini memiliki air yang jernih berwarna kebiru-biruan. Sungguh pemandangan yang luar biasa.

4. Danau Toba

Siapa yang tidak tahu Danau ini? Danau yang sangat populer karena cerita rakyatnya, dan juga danau yang memiliki ukuran sangat besar dengan panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Ditengahnya terdapat pulau, yang bernama pulau Samosir. Danau Toba ini adalah Danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara.

5. Danau Linting

Danau ini memang tidak seterkenal danau Toba, tapi ia memiliki keistimewaan yang sangat menarik. Danau Linting sangat indah dengan airnya berwarna kehijau-hijauan karena airnya mengandung belerang. Namun, harus hati-hati juga jika bermain di danau ini karena Danau ini memiliki kedalaman 100 meter.

6. Taman Nasional Gunung Leuseur

Taman Nasional Gunung Leuseur adalah area pelestarian alam yang berlokasi di dua Provinsi, yaitu Sumatra Utara dan Aceh. Selain berfungsi sebagai tempat pelestarian alam, taman ini juga menjadi tempat wisata alam di Sumatra Utara yang cukup menarik untuk dikunjungi karena keanekaragaman flora dan faunanya.

7. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatra Utara, Salju panas Dolok TInggi Raja ini merupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini memiliki tanah yang berwarna putih sehingga menyerupai salju. Di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijau-hijauan.

Bagaimana? Penasaran kan? Jadi, kalau berkunjung ke Sumatra Utara jangan lupa untuk singgah di tempat wisatanya yang banyak menawarkan keindahan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.